silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Ermiwati
NIM : 858189873
Menanamkan nilai kejujuran pada anak dalam kehidupan memang penting. Seperti dalam video pembelajaran tersebut. Dimana dalam kelas yang jumlah muridnya banyak guru kadang-kadang menemukan kesulitan untuk mengetahui anak yang belum selesai mengerjakan tugasnya. Sehingga guru memerlukan strategi untuk mengetahui kejujuran anak dengan memberikan jepitan jemuran yang di jepit di baju anak sebagai tanda bahwa sudah selesai dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas. Strategi yang baik, kalau bisa cobalah memberikan tanda berbentuk yang lain lagi. Seperti berupa tempelan bintang, pita atau yang lainnya supaya tandanya lebih menarik lagi.
Terima kasih untuk videonya.🙏
Nama : Ellen Fatonah
NIM : 857494854
UPBJJ : Bandung
Judul video : Melalui Penjepit Jemuran ( Menanamkan Nilai Kejujuran kepada anak )
Setelah saya melihat video ini , saya mendapat pembelajaran untuk dikembangkan di tempat sekolah saya mengajar . Anak anak yang diberi penjepit jemuran di bajunya adalah anak anak yang tidak dapat menyelesaikan tugasnya hingga selesai , selain pelajaran yang saya dapat dari penjepit jemuran ini saya juga mendapatkan ide ide kegiatan belajar untuk anak dari video tersebut untuk dikembangkan di sekolah tempat saya mengajar .
Terima kasih
Maro’ah 857779937
Menanamkan kejujuran sejak dini sangatlah penting selain melalui permainan anak-anak juga harus diberikan pengertian tentang arti kejujuran dalam kehidupan.
Banyak vidio-vidio microteching yang ada di guru pintar online ini yang menurut saya sangat bagus untuk menambah pengetahuan bagi guru Paud.
Nama: fitria Nur LAILI
Nim:859661426
Judul: menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran
Pada video tersebut mengajarkan cara guru menstimulasi tentang kejujuran pada anak usia dini dengan menggunakan media penjepit rambut. Dengan cara tersebut anak dapat termotivasi untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik
Saran dan masukan
Anak belum faham bentuk apa yang dimaksud dengan berkata jujur. Pada masa perkembangan anak 5-6 tahun anak akan tidak berkata jujur karena tidak. Ingin kalah dengan temannya.
Salam video tersebut mungkin ditanbahi pengertian akan pentingnya bersikap jujur.
Nama : Serni Yanti Aluhu
NIM : 859957447
Menurut saya vidio di atas sangat baik,,guru memberikan 3 kegiatan kepada anak” dan bagi anak anak yang bisa menyelesaikan tugas tersebut akan di berikan penjepit di pakaian mereka,hal ini dapat menanamkan kejujuran pada anak.bagia anak yang belum menyelesaikan tugasnya tidak dapat berbohong karena jika mereka tidak menyelesaikannya maka mereka tidak akan di berikan penjepit pakaian,
Nama : Rika Indriani Nim : 859039948 Setelah melihat video pembelajaran tersebut saya sebagai guru PAUD menjadi mengerti bagaimana mengontrol anak yang memiliki jumlah banyak dalam kelas. Dengan menggunakan penjepit pakaian kita sebagai guru dapat mengontrol anak, apakah tugas sudah terselesaikan atau anak berbohong sudah menyelesaikan tugasnya, dengan metode belajar menggunakan penjepit kertas dengan cara berkelompok. Dengan melihat video ini saya mendapat wawasan baru bagaimana cara mengajarkan kejujuran pada anak melalui pembelajaran dalam kelas.
Nama : Feti Irma Wachidah
NIM : 857991071
UPBJJ : Yogyakarta
Video tersebut sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya bagaimana menanamkan kejujuran di dalam kelas dalam jumlah anak yang banyak. Anak dapat mengambil penjepit jemuran ketika menyelesaikan tugas untuk ditempel pada bajunya menarik anak untuk semangat dalam belajar dan semangat untuk menyelesaikan semua tugasnya.
Nama : Septa Ajrina Irsalina
NIM : 858527163
UPBJJ PEKALONGAN
UT SEMARANG
Menanamkan sikap jujur kepada anak dengan menggunakan penjepit jemuran adalah cara mengajarkan kepada anak untuk tidak berbohong dan berkata jujur, juga mempermudah ibu guru dalam meneliti anak mana saja yg sudah selesai dengan pekerjaan nya
Nama : Nurul khayatul Qilmi
Nim : 857631775
Setelah melihat video tersebut saya sebagai guru PAUD menjadi mengerti bagaimana menanamkan kejujuran pada anak yang memiliki jumlah banyak dalam kelas, karena jumlah tersebut kita tidak bisa mengawasi nya satu persatu secara maksimal. Dengan menggunakan metode penjepit jemuran ini dapat saya terapkan di kelas saya,
Untuk menanamkan nilai kejujuran pada diri anak.
Assalamualaikum Wr. Wb
Saya Dinda Pebriana putri, dari UPBJJ Malang
Menurut saya vidio di atas memberikan beberapa contoh yang mudah dipahami dan diterapkan di kelas. Yang mana dengan contoh itu guru jadi bisa menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini.