silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Bismillah
    Nama : Ani Rosmiati
    UPBJJ : Bandung
    video ini bermanfaat sekali, untuk menanamkan kejujuran pada anak salah satunya dengan menggunakan penjepit pakaian sederhana ini dan ketertiban serta keteraturan dapat diciptakan tanpa harus banyak bicara.

  2. Nama : Wiwin Windaningsih
    Nim : 859526917

    menurut saya video ini sangat bermanfaat . Didalam video ini kita bisa mengetahui bagaimana cara menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak di kelas pada saat pembelajaran. kita dapat mengetahui bagaimana solusi yang bisa kita lakukan ketika menghadapi anak dengan jumlah yang banyak untuk menerapkan nilai-nilai kejujuran dengan menggunakan penjepit jemuran pada mereka yang telah menyelesaikan tugas hasil karyanya, dengan mendapatkan penjepit jemuran anak akan merasa senang, disamping itu dapat memotivasi anak untuk menyelesaikan tugasnya.

  3. NAMA : CHOIRUF SUCI NAILUFAR
    NIM : 858960664
    Video di atas sangat membantu dan bermanfaat bagi para guru PAUD, Karna video di atas menjelaskan cara menanamkan kejujuran kepada anak-anak dengan cara penjepit jemuran.

  4. Menurut saya Video tersebut sangat bagus juga banyak memberikan pembelajaran untuk saya sebagai pendidik untuk dapat saya terapkan di sekolah saya. Video ini juga banyak menambah ilmu saya dan saya praktekkan dalam proses belajar saat menghadapi masalah seperti ini, dan sangat membantu saya menghadapi situasi seperti pada video tersebut.

  5. Judul Video : Menanamkan kejuuran pada anak melalui penjepit
    Nama : Taswalma
    Nim : 856276766
    Setelah menonton video seri pembelajaran menanamkan kejujuran pada anak melalui penjepit memberikan ide kreatif terutama untuk saya, sangat bermamfaat jadi dengan adanya tanda atau alat untuk pengenal siapa yang ter….. bearti menjadi pemacu atau penyemangat bagi anak-anak untuk mencapai atau untuk menyelesaikan tugasnya jadi kayak semacam perlombaan namun begitu ada juga sedikit celah kelemahannya yaitu jika ada diantara anak yang belum mampu mengerjakan tugas seperti temannya yang lain maka sianak akan merasa pesimis dan kemungkinan hal-hal lain juga bisa terjadi misal anak menangis atau anak malas sekolah karena pernah kejadian ditempat kami seorang anak menangis saat teman-temannya yang lain hampir selesai mengerjakan tugas sementara dia masih jauh ketinggalan, karena setiap kemampuan anak berbeda-beda.

  6. Nama :Ririn Mohtar
    Nim :858576094

    Setelah melihat dan mengamati video tersebut saya sebagai guru PAUD menjadi mengerti bagaimana menanamkan kejujuran pada anak yang memiliki jumlah banyak dalam kelas, karena jumlah tersebut kita tidak bisa mengawasi nya satu persatu secara maksimal.
    Dengan menggunakan metode penjepit jemuran ini dapat saya terapkan di kelas saya,
    Untuk menanamkan nilai kejujuran disiplin , kemandirian pada diri anak.

  7. Nama :Ririn Mohtar
    Nim :858576094

    Setelah melihat dan mengamati video tersebut saya sebagai guru PAUD menjadi mengerti bagaimana menanamkan kejujuran pada anak
    Dengan menggunakan metode penjepit jemuran ini dapat saya terapkan di kelas saya,
    Untuk menanamkan nilai kejujuran disiplin , kemandirian pada diri anak.

  8. Nama : Kidung Ardha Marsela
    NIM : 85800383

    menanamkan kejujuran dengan menjepit baju anak
    Cara tersebut mungkin efektif tapi cukup membuat saya bertanya-tanya. jika relasi pertemanan anak-anak kemudian tahu temanny berbohong apa tidak dicontoh, temannya akan menjepit baju anak lainnya? karena anak akan meniru respon orang dewasa ketika ada orang lain berbohong.
    sepertinya membuat kesepakatan di kelas bisa dicoba
    jika anak belum selesai coba refleksi, kemungkinan anak bosan dengan kegiatannya karena terlihat kegiatannya seragam semua? mungkin anak ingin terburu-buru nyusul temannya? mungkin anak mudah terdistraksi ? mungkin anak kurang waktu pengerjaannya?
    apakah hal tersebut bisa melabel bahwa anak berbohong?
    selain membuat kesepkatan sebelum belajar, mengingatkan kesepakatan dengan bertanya “saatnya apa nih? yuk bisa kembali ke pekerjaanmu”, “butuh waktu berapa lama lagi untuk menyelesaikan?”
    dan lakukan refleksi di akhir kegiatan untuk mengetahui kesulitan anak.
    sebagai edukator perlu observasi lebih dalam sebelum membuat label terhadap anak.

  9. Nama : Nidia Ayu Lanaya
    NIM : 858948255

    Dari video tersebut anak yang telah selesai mengerjakan tugas boleh mengambil dan memasang penjepit jemuran dibajunya, hal itu merupakan salah satu cara penanaman kejujuran untuk anak usia dini

  10. Nama : Putri Ayu
    NIM : 877527577
    UPBJJ Medan

    Video ini sangat menarik dan efektif dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak. Penjepit jemuran yang ditempelkan pada anak yang telah menyelesaikan tugasnya dapat menjadi motivasi yang kuat bagi anak untuk terus berjujuran dan menyelesaikan tugasnya dengan baik.Video ini juga dapat membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugasnya dengan baik.Video ini dapat juga digunakan sebagai bahan ajar yang efektif dalam meningkatkan kemampuan anak dalam menyelesaikan tugasnya dengan baik dan meningkatkan nilai kejujuran pada anak

Leave a Reply