silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Firda Nuzula Ramadhani
    Nim : 858756316
    Menurut saya video diatas sangat bermanfaat untuk menambah wawasan saya dalam mengatasi permasalahan tentang kejujuran anak. Dan juga kejujuran harus ditanamkan sejak dini karena kejujuran sangat penting sebagai dasar komunikasi anak dengan lingkungannya.

  2. Nama : Hesty Fithriani
    NIM : 855714801

    Dalam kegiatan pembelajaran perlu menanamkan sikap terpuji kepada setiap peserta didik. Penanaman sikap terpuji tersebut dapat berupa penanaman sifat jujur. pada video tersebut penenaman sifat jujur dengan menggunakan media penjepit jemuran memiliki tujuan bahwa pentingnya bersikap jujur dalam kehidupan.
    Saran saya mungkin bisa juga diberikan reward tidak hanya tanda, dapat menggunakan reward sederhana seperti permen, coklat dan sebagainya. Kerna selain menjadi tanda, tanda tersebut juga dapat menjadi hal yang menggembirakan bagi anak

  3. Nama :SINDI DAFITA SARI
    NIM ; 856253973

    Setelah saya mengamati vidio di atas sangat memberikan saya inspirasi bahwa dengan penjepit pakaian kita bisa menanamkan kejujuran kepada anak dengan memberikan warna penjepit yang berbeda-beda kepada anak yang jujur dan tidak dan vidio di atas juga menambah wawasan saya sebagai pendidik dalam menerapkan dan mengatasi permasalahan tentang kejujuran anak Dengan cara memberikan penjepit jemuran pada anak yang sudah selesai melakukan kegiatan

  4. Nama : Siti Rofiah
    NIM : 856259634
    UPBJJ : PADANG

    Assalamualaikum, Selamat Siang, Video Pembelajaran Menanamkan Sifat Kejujuran pada anak usia dini yang berjudul ” Melalui Penjepit Jemuran ” ini sangat menginspirasi saya sebagai seorang guru, terkadang saya mengalami kondisi seperti dalam video yaitu saat teman sejawat tidak hadir / berhalangan hadir ,maka saya harus menghadapi murid yang banyak. Terkadang dengan murid sebanyak itu sangat susah untuk mengontrol mereka agar dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan benar. Dengan metode yang diberikan dalam video ini yaitu membuat perlombaan dengan sikap kejujuran membuat anak bersemangat dan terpacu untuk dapat menyelesaikan tugasnya .

  5. Pada video menanamkan kejujuran pada anak usia dini dengan menggunakan penjepit baju sangatlah bagus dan kreatif. Dengan menonton video tersebut saya selaku pendidik mendapatkan ilmu dan wawasan untuk menanamkan kejujuran pada anak. Saya dapat mempraktekkab kegiatan tersebut dalam proses mengajar dikelas. Dan video ini sangat bermanfaat sekali

  6. Dalam video memberikan tips sederhana dalam menanamkan nilai kejujuran bagi anak Melalui penjepit Jemuran. Pendidik sangat terbantu dengan tips ini, karena dapat membantu dalam membedakan mana anak yang sudah dan belum menyelesaikan tugasnya. Selain itu, penggunaan penjepit Jemuran dapat dimodifikasi dengan alat lain yang menarik bagi anak, seperti stiker.

  7. Nama : Saĺwa Qabilah
    Nim : 859520955

    Assalamualaikum bu Arisna Wahyuni
    Dalam kegiatan pembelajaran harus diajarkan kejujuran dari masa dini. Kita bisa mengajarkan anak kejujuran dalam hal belajar seperti anak jujur bilang bahwa tugasnya sudah selesai. Jika anak itu jujur kita boleh memberikan mereka apresiasi supaya memberi bikntang, ataupun stiker. Anak akan senang bila diberi apresiasi. Jika anak senang maka ia akan selalu jujur kedepannya. Sekian yang saya sampaikan
    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  8. Nama : Vania Samuella Alethea
    NIM : 859522705
    UT JAKARTA

    Setelah mengamati video ini, saya jadi teringat sekitar 2 anak murid saya belakangan ini memang sedang kurang jujur, dari hal yang kecil juga. Saya dan partner saya setiap hari mengingatkan anak-anak agar untuk selalu jujur dalam mengerjakan tugas mereka juga. Video diatas menginspirasi saya untuk mencoba tips ini agar anak-anak bisa termotivasi untuk jujur.

  9. Nama : Sugiharti
    NIM : 859666339
    UPBJJ: Surabaya
    Assalamu’alaikum wr. Wb
    Mohon izin menanggapi video di atas yang berisi tentang menanamkan nilai kejujuran. Menurut saya video di atas sangat membantu kami khususnya saya sebagai pendidik untuk menerapkan dalam lembaga saya, banyak hal yang dapat saya pelajari dari video di atas seperti permainan dengan penjepit jemuran tersebut sangat membantu untuk menerapkan kejujuran oada anak.
    Kriti dan masukan : Menurut saya selain dengan permainan di atas untuk mengajarkan kejujuran pada anak dapat menggunakan dengan cara mendongeng. Dongeng dapat di kemas dengan gambar yang menarik dan juga menggunakan kata-kata yang sederhana dan mudah di pahami dan di mengerti oleh anak.
    Demikian tanggapan, kritik dan masukan yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, terimakasih. Wassalamualaikum wr. Wb

  10. Nama : Siti Farida
    No. NIM : 859812764
    Pada video yang berjudul menanamkan kejujuran anak melalui jepitan baju sangat baik dan menginspirasi saya untuk bisa di praktekkan dalam proses belajar mengajar di TK dengan jumlah murid yang banyak. Tekhnik yang dilakukan guru divideo tersebut sangat bagus dalam menanamkan kejujuran pada anak. Selain menggunakan jepitan jemuran kita juga bisa menggunakan stiker yang menarik bagi anak. Terima kasih.

Leave a Reply