silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Putri Mangzilatus Salamah
    NIM : 877314451
    Prodi : PGPAUD S1

    Dalam video tersebut memberikan solusi jika anak tidak menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran. Dengan menggunakan penjepit jemuran guru dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini selain itu ketertiban dan keteraturan pun dapat diterapkan. Saran video tersebut mungkin dalam video tersebut bu guru dapat menjelaskan terlebih dahulu apa sih arti kejujuran mungkin dari memahami arti kejujuran anak-anak lebih disiplin lagi dalam melakukan sesuatu hal.

  2. bagus sekali video pembelajarannya,saya merasa terbantu untuk bisa menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini dengan melihat video tersebut yaitu dengan media penjepit baju bisa menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini,terima kasih semoga semakin menginspirasi saya dalam mengajar di RA saya.

  3. Melalui vidio tersebut penjepit jemuran bisa melatih/menanamkan kejujuran pada anak. Dari tayangan vidio diatas saya bisa melakukan/mempraktekkannya didalam kelas saya. Selain memberikan penjepit jemuran kita juga bisa memberikan penjepit rambut, cap bintang, stiker-stiker, dll

  4. Nama : Feti Indri Lestari
    Nim : 858161505

    Berdasarkan video tersebut anak dilatih dalam menerapkan kejujuran,anak akan termotivasi ketika melihat temanya sudah selesai dan mendapatkan penjepit baju, sehingga anak yang belum selesai dengan tugas yang diberikan akan mengerjakan, kegiatan yang dilakukan oleh ibu guru dengan memberikan penjepit baju untuk menanamkan kejujuran pada anak sangat efektif karena disamping memberikan pembiasaan pada anak untuk terbiasa jujur kegiatan tersebut melatih anak untuk bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan

  5. NAMA:FRISKA
    NIM:858103391
    Pada video seri pembelajaran yang sudah saya tonton.saya bisa ambil kesimpulan bahwa nilai kejujuran itu sangat penting ditanamkan dan diterapkan kepada anak semenjak usia dini.

  6. Nama : Siti Hawa
    Nim : 856812105
    UPBJJ : Palembang

    Setelah menonton video ini saya mengetahui cara yang cukup efektif untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Seperti yang kita ketahui bahwa nilai kejujuran sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dan hal itu perlu ditanamkan sejak dini. Langkah awal saat menamakan kejujuran ini memerlukan bantuan orang tua ataupun orang terdekatnya selain guru yang melatihnya di sekolah.

  7. Nama : Diyan Wahyuni
    NIM : 877317346
    Terimakasih atas video yang sangat menginspirasi ini , dengan trik yang dicontohkan dalam video tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa penanaman kejujuran tidak hanya berupa nasehat-nasehat saja yang diberikan , namun kita juga bisa memberikan bentuk kegiatan nyata kepada anak tentang bagaimana harusnya bersikap jujur itu. Selain itu trik tersebut juga dapat memicu teman-temannya untuk dapat menyelesaikan tugasnya dan mendapatkan jepitan/ reward juga.

  8. Nama : Nurul Arifin
    NIM : 857996056
    Malalui video ini saya mendapatkan pengatahuan dan trik bagaimana agar anak memiliki sikap disiplin ,bertanggung jawab dan tentunya kejujuran.
    selain itu dari video ini dapat juga meningkatkan semangat anak untuk menyelesaikan tugasnya. dengan perlombaan.
    terimakasih senantiasa memberikan video yang bermanfaat bagi kami, semoga ilmu yang kami dapatkan menjadi ilmu yang barokah dan bermanfaat…

  9. Dari video tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa menanamkan kejujuran anak usia dini dapat dengan cara pemberian reward melalui penghargaan. Penghargaan yang dicontohkan pada video tersebut yaitu melalui penjepit jemuran. anak yang telah selesai mengerjakan sesuatu mendapat penjepit jemuran sebagai hadiah terhadap anak. karena telah menyelesaikan tugas dengan baik. Sebagai guru di tuntut untuk kreatif. bentuk penghargaan dapat di variasikan misalnya pemberian bentuk bintang , pemberian stiker -stiker, atau bentuk yang lainnya yang dapat menumbuhkan motivasi anak. Dan itu menurut saya sudah bagus dan bisa diterapkan di sekolah.

  10. Nama: Tiara Siti Aminah
    NIM: 857527787
    UPBJJ: Bandung

    Video ini sangat membantu dalam mengajarkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui berbagai kegiatan menarik. Di dalam kelas TK dengan 20-25 anak, guru menyusun tiga kegiatan utama: mewarnai gambar, menggunting dan menempel, serta menghubungkan gambar dengan lambang bilangan. Semua kegiatan ini bertujuan menanamkan kejujuran.

    Guru meminta anak-anak untuk jujur dalam menyelesaikan tugas mereka. Mereka diajarkan untuk mengakui jika sudah selesai atau jika mengalami kesulitan. Penggunaan stiker sebagai penghargaan bagi anak yang jujur adalah ide yang bagus. Dalam tugas seperti menggunting gambar kupu-kupu, menempelkan di kertas HVS, menghias dengan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap, anak-anak belajar pentingnya kejujuran.

    Selain itu, tugas-tugas seperti mencoret gambar kupu-kupu bunga merah dan kuning, mewarnai bunga matahari, dan membentuk bunga serta kupu-kupu dengan tepung terigu menambah variasi yang menyenangkan. Anak-anak yang berhasil menyelesaikan tugas dengan jujur diberi penjepit sebagai penghargaan, yang bisa ditempelkan di baju mereka.

    Terima kasih atas video yang memberikan tips praktis ini. Semoga bisa membantu guru PAUD lainnya mengajarkan nilai kejujuran dengan cara yang kreatif. Terima kasih banyak!

Leave a Reply