silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Afifah Zahra Awwalianisa
    NIM : 857528678
    Video yang telah saya tonton yaitu “Melalui Penjepit Jemuran” bermanfaat dan dapat diterapkan pada kegiatan belajar mengajar pada anak. Karena kejujuran itu satu hal penting yang harus diterapkan pada anak dari sejak dini.
    Dengan menggunakan metode Penjepit Jemuran, anak diajak untuk berkata jujur baik dalam tindakan atau perkataan. agar anak berkata jujur guru dalam menggunakan metode diatas agar bisa memberikan tanda bagi anak yang berbuat jujur.
    sekian pendapat saya setelah menonton video diatas, terimakasih..

  2. Dalam tayangan video tersebut sangat menginspirasi, adapun upaya yang di lakukan oleh guru dalam menanamkan nilai kejujuran kepada anak dengan memberikan tanda penjepit jemuran yang dijepitkan dibaju anak untuk anak yang sudah menyelesaikan tugasnya.

  3. Nama : HALIMAH
    NIM : 858306699
    Menanamkan nilai kkejujuran pada anak usia paud melalui penjepit jemuran, melalui video yang dilihat tadi sangat bermanfaat dan dapat diterapkan pada kegiatan belajar mengajar.Karena nilai kejujuran itu satu hal yang penting yang harus diterapkan pada anak dari sejak dini.

  4. Nama : FIFI FEBRINIWITA
    Nim. : 856282824
    UPBJJ PADANG
    Pada video ini saya bisa belajar cara menanam kan nilai kejujuran pada anak dalam mengerjakan tugas tugasnya,dalam video tersebut bagi anak yang sudah selesai mengerjakan tugas disuruh untuk memberikan penjepit jemuran pada baju anak. Dengan demikian anak akan termotivasi untuk segera menyelesaikan tugas tugasnya. Seperti saya juga bisa menerapkan cara ini pada satuan tempat saya mengajar.
    Terima kasih

  5. Video ini sangat bermanfaat dan menginspirasi khususnya bagi saya pribadi untuk diterapkan dikelas. Video tersebut merupakan trik atau strategi untuk mengajarkan kejujuran dan kedisiplinan pada anak. Dimana kejujuran dan kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting dan harus diajarkan dan ditanamkan sedini mungkin

  6. asalamualaikum wr.wb.
    nama: semi rohati
    nim: 858191214
    mohon ijin mengomentari video diatas.
    guru yang kaya itu guru yang memiliki kereatifitas dan imajinasi yang luas . nah dari vidio diatas guru sudah termasuk guru yang kaya karena guru memberikan cepitan baju bagi anak yg sudah selesai menggerjakan tugas jadi kita mudah mengingat siap2 saja yg belum selesai mengerjakan tugas.
    dari video di atas sangat membatu sekali untuk saya terapkan di sekolah saya. supaya anak anak berantusias menyelesaikan tugas sampai selesai.
    terimaksih.

  7. Dalam video tersebut diberikan saran berupa memberikan jepit jemuran di baju anak setelah anak menyelesaikan tugasnya lalu menyerahkan tugasnya kepada guru. Kemudian guru memberikan jepit jemuran di baju anak sebagai tanda bahwa anak telah menyelesaikan tugasnya dengan jujur. Menanamkan kejujuran pada anak usia dini merupakan proses penting dalam pembentukan karakter anak. Video tersebut sangat menarik sekali dan bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD
    Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk mengasah kemampuan pada anak usia dini.

  8. Nama : Viona Monika
    NIM : 859668941

    Pada video tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara mengatasi anak yang tidak jujur tentang tugasnya. Pemberian penjepit jemuran pada anak yang sudah mengerjakan tugasnya bisa menanamkan kejujuran sekaligus memotivasi anak untuk meningkatkan semangat dalam mengerjakan setiap tugasnya.

  9. Nama : Nadia Oktaviani
    NIM: 858755948
    POKJAR MOJOKERTO
    Setelah menonton video ini, pembelajaran yang saya dapatkan ialah menanamkan nilai nilai kejujuran pada anak usia dini penting dilakukan. Salah satu caranya yakni dengan menggunakan penjepit jemuran. Dengan penjepit jemuran tersebut anak diberi penjelasan bahwa anak yang sudah selesai melakukan tugasnya, bisa memberikan penjepit jemuran tersebut, bagi anak yang belum selesai dengan tugasnya maka tidak bisa memberikan penjepit jemuran tersebut.
    Video ini memberikan manfaat dan inspirasi kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Semoga ilmu yang saya dapatkan dari menonton video ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi anak anak yang ada disekolah dan bagi guru guru yang lain.

Leave a Reply