silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
terimakasih,lewat video ini saya mendapatkan mendapatkan inspirasi bagaimana teknik untuk menerapkan kejujuran pada anak dalam kegiatan yang menarik dan menyenangkan.
Nama : Susilawati
NIM : 859526275
Melalui Penjepit Jemuran
Video ini sangat bermanfaat bagi saya guru pemula yang masih haus ilmu, jadi bisa tau trik dalam menghadapi anak yang belum jujur, dan dapat melatih kejujuran anak dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. Karena sejatinya kejujuran dalam diri anak harus diterapkan atau dilatih sedini mungkin untuk pembiasaan ketika mereka dewasa.
Assalamu’alaikum wr wb
Nama : Siti Rohmah
NIM : 857856018
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Guru tapat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan penggunaan stiker.
Video ini bermanfaat dan memberi inspirasi terlebih untuk guru pemula, terlebih tujuan utama dalam video ini yang mengajarkan tekhnik atau cara untuk menanamkan kejujuran pada anak dengan cara yang menarik.
Dalam video tersebut sebagai guru harus dapat melakukan pendekatan kepada anak, agar dapat menyampaikan apa yang sebenarnya,. Video ini sangat bermanfaat unutk kita sebagai pendidik bagimana cara menangani suatu masalah pada anak.
Nama : Lidya Ndeki
NIM : 856325536
Video diatas sangat bermanfaat bagi kita sebagi guru anak usia dini, karena dapat memberikan solusi bagaimana cara menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak melalui penjepit jemuran. Ini terlihat sederhana, akan tetapi fungsinya baik untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak tanpa harus banyak berbicara.
Nama : Meri Andriyani
NIM : 837287427
Video “PAUD15 Melalui Penjepit Jemuran” di YouTube oleh Guru Pintar Online membahas tentang metode pengajaran untuk anak usia dini, khususnya terkait dengan kejujuran dan ketertiban di kelas.
Guru tersebut membagikan solusinya untuk mengatasi masalah yang sering dihadapi guru, yaitu bagaimana menanamkan kejujuran pada siswa dan menjaga ketertiban di kelas yang biasanya ramai.
Video ini menyarankan penggunaan penjepit jemuran sebagai solusinya. Guru tersebut menginstruksikan siswa untuk menjepitkan tugas yang sudah mereka selesaikan pada tempat yang disediakan. Dengan cara ini, guru dapat dengan mudah melihat siswa mana yang sudah selesai mengerjakan tugas dan mana yang belum.
Metode ini dinilai efektif karena mengurangi kebiasaan siswa yang mengatakan sudah selesai padahal belum, yang mungkin terjadi di kelas dengan jumlah murid yang banyak.
Secara keseluruhan, metode ini merupakan cara untuk menanamkan kejujuran, ketertiban, dan disiplin di dalam kelas.
Nama : Rusdianti
Nim : 857506389
Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini merupakan hal penting di dalam pendidikan, seperti yang di lakukan dalam video tersebut sangat bermanfaat bagi kita sebagai guru di mana dalam video yang berjudul ” Menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran” merupakan metode yang efektif dalam mengenalkan kejujuran kepada anak usia dini, selain itu dengan metode penjepit jemuran dapat menananmkan di siplin serta taat aturan sejak usia dini.
Guru bisa mengajarkan kejujuran kepada anak tanpa menakut-nakuti sehingga anak akan jujur dengan sendirinya tanpa terpaksa
Assalamualaikum
Ijin menjawab
Nama:Tri Wahyuli
NIM. :857619699
Video yang di sampaikan jelas dan mudah di pahami.saya merasa sangat terbantu dalam pengembangan untuk pembelajaran di kelas.yang di sampaikan sudah bagus.sedikit saran yang saya coba untarakan aadalah dalam penggunaan media tidak harus menggunakan kertas dan gambar serta crayon saja.kita bisa gunakan bahan alam sekitar lingkungan sekolah.contohnya dedaunan dan bunga yang berwarna warni untuk membuat sebuah hasil karya anak dalam menanamkan kejujuran.ank juga bisa gunakan media alam untuk belajar menghitung dan mengenal bentuk dan warna.dalam penyampikan nilai kejujuran terhadap anak juga bisa di lakukan dengan bahasa yang lebih halus lagi karena terkadang anak juga ada yang kita tegaskan nilai kejujuran namun hasilnya anak tersebut takut terhadap apa yang kita sampaikan.sehingga ank tersebut justru hanya akan diam saja.mungkin itu yang dapat saya sampaikan karena dalam prakteknya kadang mendapatkan kendala dalam penyampaiannya itu sendiri.terima kasih.