silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Selamat siang…..Bapak Tutor dan Teman Teman sekalian
Nama Saya : Yunita
Prodi : PGPAUD
UPBJJ: UT Samrinda (Balikpapan)
Ijin menjawab:
Judul Video:Melalui Penjepit Jemuran
Dari video di atas sangat membantu kami para guru PAUD untuk bagaimana cara menanamkan kejujuran pada anak melalui kegiatan pembelajaran di sekolah seperti yang di lakukan oleh ibu guru di atas terdiri dari 3 kegiatan. ●Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
●Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
●Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
●Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
●Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
●Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
●Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
■Dengan pembelajaran ini kami para guru PAUD dapat memahami bagaimana cara menanamkan nilai kejujuran pada anak anak PAUD melalui alat peraga yang sipel yaitu penjepit jemuran
Demikian diskusi ini saya sampaikan dan buat,atas perhatian Bapak Tutor dan Teman-Teman sekalian saya ucapkan terima kasih dan jika ada salah kata mohon di maafkan🙏🙏🙏🙏😇😇😇Selamat Siang…….
Diskusi di isi oleh:Yunita
NIM:858463282
Nama : Arisma Ayu Usnaini
Nim : 858529744
Melalui Penjepit Jemuran
Dalam video diatas guru memberikan kesempatan pada anak untuk menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran yaitu jika anak sudah menyelesaikan pekerjaannya anak mengumpulkan kepada guru lalu guru memberikan tanda dengan penjepit jemuran untuk membedakan bagi yang sudah dan yang belum sehingga anak akan terbiasa untuk selalu berkata jujur.
terimakasih.
NAMA : MIFTAHUL JANNAH
NIM : 858307669
Dalam vidio tersebut sudah sangat bagus, dapat membantu kami para guru untuk menambah pengetahuan dan cara bagaimana mengatasi anak agar bersikap jujur, dan vidio tersebut dapat menjadikan inspirasi serta solusi atau contoh untuk di terapkan di sekolah masing-masing, . Terimakasih
Nama : Arba’atun Nurhidayati
NIM : 859940396
Menurut saya supaya semakin memotivasi anak untuk jujur alangkah baiknya jika reward yang diberikan tidak sekedar penjepit jemuran, tetapi semacam stiker bintang atau yang lebih menarik atau kesempatan untuk memaikan pemainan terlebih dahulu.
Nama : Krisna Alfiana
NIM : 858532355
Menambah wawasan bisa melalui berbagai media seperti contoh menonton video pembelajaran, banyak yang bisa dipelajari dari penyajian video tersebut yang kemudian juga bisa diterapkan oleh seorang guru untuk mengembangkan beberapa aspek yang dimiliki anak. Dari video tersebut telah menambah daya kreativitas saya, untuk bisa saya terapkan di sekoalh bersama anak didik saya.
Nama : Jian Dwi Syafaah
NIM : 857993953
Menurut saya video diatas sangat bermanfaat . Guru menjelaskan nilai kejujuran dengan cara yang sederhana dan menyenangkan anak. Sehingga bisa memupuk rasa kejujuran anak sejak dini. Semoga saya bisa menerapkannya di lembaga saya.
Nama : Reni Safitri
NIM : 859664937
Menurut saya, dengan menonton video ini dapat memberikan pembelajaran kepada saya bahwa dengan penjepit yang sederhana saja kita dapat memberi reward kepada anak didik kita.
menurut saya video diatas sangat bermanfaat bagi saya, dan menjadi infirasi untuk ditiru dilembaga paud tempat saya mengajar .tentang bagaiamana menanamkan kejujuran pada Anak melalui penjepit jemuran menurut saya sangat menarik dan bagus
melalui penjepit jemuran sebagai penanda bahwa anak telah menyelesaikan tugas nya adalah cara yang menurut saya unik, namum demikian cara ini efektif untuk guru membedakan anak yang sudah menyelesaikan dan belum menyelesaikan tugasnya dan menjadikan anak tidak dapat berbohong kepaa guru. anak juga terpancing untuk dapat menyelesaikan tugas nya untuk mendapatkan tanda jepitan tesebut sebagai reward untuknya.
Nama : DEWI SINTA
NIM : 858305221
Melalui penjepit jemuran sebagai penanda atau sebagai reward anak yang telah menyelesaikan tugasnya, maka anak terpancing untuk segera menyelesaikan tugas nya dan ingin mendapatkan penanda sama seperti teman yang sudah mendapatkan nya tanpa berbohong.