silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Video diatas sudah bagus. Sebagai seorang guru paud yang belum banyak pengalaman, dari video diatas saya mendapatkan pengalaman dan juga belajar cara untuk menanamkan kejujuran kepada anak didik saya di sekolah
Nama : MAINANI
NIM: 858314933
Video diatas sudah bagus. Sebagai seorang guru paud yang belum banyak pengalaman, dari video diatas saya mendapatkan pengalaman dan juga belajar cara untuk menanamkan kejujuran kepada anak didik saya di sekolah
Nama : Miftakhul Ulumi
NIM : 857748165
Judul : Melalui penjepit jemuran
Dalam video tersebut sangat membantu guru dalam menanamkan nilai kejujuran anak dengan memberi reward penjepit jemuran bagi anak yang sudah selesai mengerjakan kegiatan pembelajaran, hal tersebut dilakukan agar menambah semangat bagi anak yang belum selesai agar cepat selesai supaya mendapat penjepit jemuran.
Nama : Fitri Rahayuningsih
NIM : 859686047
Video : Melalui penjepit jemuran.
Dari video tersebut dapat kita tarik kesimpulan, bahwa menanamkan kejujuran bisa dengan cara yang sederhana (memakaikan/ memberikan reward berupa penjepit jemuran kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugas nya). Dengan begitu, anak akan semakin bersemangat untuk mengerjakan apa yang menjadi tugasnya.
Sekian dan terimakasih.
Setelah melihat video ini, saya mendapatkan ilmu baru tentang strategi menanamkan kejujuran dengan cara yang sederhana dan sering kita hadapi saat dikelas. Cara yang digunakan yaitu dengan penjepit jemuran, dimana anak yang mampu menyelesaikan tugas akan diberikan reward berupa penjepit jemuran. Dengan begitu, anak akan terlatih disiplin dan tertanam nilai kejujuran
Nama siti samiatun
NIM 857839004
Dalam video tersebut seorang guru memberikan reward kepada anak yang sudah menyelesaikan tugasnya (menggambar menggunting,menempel dan lain sebagainya) dengan memberikan jepitan jemuran dengan menanamkan sikap jujur bila anak tersebut sudah selesai melakukan kegiatan yang di berikan oleh guru
Video yang berjudul “Melalui Penjepit Jemuran” Yang mengajarkan nilai kejujuran anak sangat baik ditampilkan. Video mudah dipahami dan dapat dijadikan referensi untuk mengajarkan kejujuran anak didik kami. Dengan adanya penjepit jemuran anak-anak tahu bahwa penjepit itu sebagai tanda atas kejujurannya yaitu berani mengakui kekurangannya dan akan diingat oleh anak bahwa kejujuran tapi malu lebih baik daripada bohong tapi percaya diri.
Dengan video ini, kami sebagai guru merasa terbantu dalam mengembangkan strategi pembelajaran di kelas untuk menanam nilai kejujuran kepada anak anak kami. Bahwa memberikan reward dalam bentuk apappun seperti dalam video diatas,memberikan penjepit jemuran. Hal ini pasti akan berdampak kepada anak untuk lebih bersemangat dalam belajar serta dapat bersikap jujur setalah melakukan tugas pembelajaran. Terimakasih.
Judul Video : Melalui penjepit jemuran
Banyaknya jumlah anak di dalam satu kelas akan dapat membuat guru tidak mengetahui apakah siswanya sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik ataupun tidak, Pada video ini guru menggunakan penjepit jemuran untuk anak-anak yang sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik dan mau bersikap jujur kalau anak tersebut sudah menyelesaikan tugasnya. Selain hal tersebut, mungkin guru juga dapat memberikan reward kepada anak-anak yang bisa menyelesaikan tugas dengan baik akan mendapatkan hadiah, sehingga anak-anak akan berlomba untuk mengerjakan tugasnya dengan baik dan benar.
Dengan melihat video tersebut maka saya dapat mengambil contoh salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak yaitu dengan melalui penjepit jemuran.