silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Tika Marcelina
    NIM : 856259713
    Judul : Melalui jepit jemuran

    dalam video ini sangat bermanfaat bagi saya dalam menanam kan kejujuran kepada anak usia dini. Dengan melakukan 3 kegiatan yang yaitu mewarnai, menggunting, dan menempel gambar, serta menghubungkan dengan lambang bilangan. dengan kegiatan ini anak jadi bersemangat dan berlomba-lomba untuk segera menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

  2. Nama : Irmawati

    Nim : 858613501

    Dari video diatas, dapat memberikan ilmu baru bagi seorang guru untuk menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini dengan memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami oleh anak.
    Seperti contoh diatas pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan oleh anak.
    Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya. Dengan begitu anak-anak akan terlatih untuk selalu jujur.
    ini adalah salah satu metode yang bagus untuk diterapkan kepada anak-anak dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak.

  3. Nama: Difa Rihlati Fadhilah
    NIM: 859655271
    Mata Kuliah: Profesionalitas Guru PAUD

    Dari video kegiatan pembelajaran tersebut, yaitu menggunting, mewarnai, dan menghubungkan gambar, Guru tidak hanya menilai kemampuan motorik dan juga kognitifnya, Guru juga dapat menanamkan kejujuran dan membiasakan bersikap jujur. Dalam video ini ditunjukkan Guru yang memberikan tanda kepada anak yang sudah dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Hal tersebut baik dilakukan agar anak berani jujur dan bertanggung jawab akan tugasnya. Menurut saya hal tersebut juga baik digunakan agar motivasi intrinsik anak berkembang. Dengan memberikan penghargaan atau tanda, anak akan merasa dihargai dan diperhatikan, maka pemberian penghargaan atau tanda seperti pemberian sticker bintang juga baik untuk diterapkan sebagai pendorong nilai kejujuran anak.

  4. Nama : Wahyu Binta Sulistyorini
    NIM : 858305199

    Guru telah mengigat anak untuk mengatakan hal yang sebenarnya jika sudah selesai dan jika belum. Guru juga memotivasi anak agar anak semangat dalam kegiatan.
    Dalam video tersebut agar guru dapat mengontrol kejujuran anak, dan menjaga ketertiban anak di dalam kelas yang berisi anak dengan jumlah anak., serta memastikan anak melakukan semua aktivitasnya, kemudian menghindari celah untuk berbohong, ibu guru mengajak anak melakuka perlombaan dengan siapa saja yang sudah selesai melakukan kegiatan agar memakai jepit jemuran. Solusi tersebut digunakan agar menjaga ketertiban kelas, tanpa harus banyak bicara.

  5. Nama : Desi Natalia Laa Ull
    Nim : 858463648
    Dari video ini dapat membantu anak-anak memahami dan menerapkan nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari serta libatkan juga anak-anak dalam proses video dan gunakan interaksi untuk membuat pengalaman belajar mereka lebih bermakna dan menyenangkan

  6. ADE MARDIANA
    859516869

    Dari video diatas, dapat memberikan ilmu baru bagi guru dalam menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini dengan memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami oleh anak. Seperti contoh diatas pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan oleh anak.
    Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya. Dengan begitu anak-anak akan terlatih untuk selalu jujur. Namun dalam penerapannya , media yang digunakan bisa bermacam macam selain dengan penjepit jemuran, guru juga bisa menggunakan stempel bintang.senyum, ataupun pita warna warni.

  7. NAMA : UMI ULFAIZAH
    NIM : 859685163
    Berdasarkan tayangan Vidio diatas guru akan mendapatkan referensi metode pembelajaran yang mudah untuk difahami dan dimengerti oleh siswa

  8. Nama : yaumul Rahmi
    Nim :856258585
    Berdasarkan vidio yang diputar dapat memberi ilmu baru bagi guru untuk menanamkan kejujuran kepada anak dengan cara menjepitkan jepitan jemuran di baju anak bagi anak yang telah selesai melakukan tugas. Sehingga anak merasa bangga karna ia sudah menyelesaikan tuagasnya .sehingga teman – temannya melihat kalau ia sudah menyelesaikan tugas dengan cepat. Apa lagi tugas yang di kerjakan ada tiga .dengan cara seperti itu guru dapat melihat kejujuran anak.sehingga dapat menanamkan nilai kejujuran.

  9. Dengan metode melalui jepit jemuran untuk mengetahui siswa yang sudah menyelesaikan tugas atau belum, ini sangat membantu, menambah ilmu baru terutama bagi guru pemula seperti saya. Terimakasih untuk video yang sangat mengedukasi

  10. Nama Mutmainnah Nim 859041478
    Videonya sangat bermanfaat bagi saya sehingga menambah wawasan bagaimana menyikapi anak didik di kelas.
    Terimakasih gpo

Leave a Reply