silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Dalam video diatas dijelaskan bahwa dengan media penjepit jemuran dapat menanamkan kejujuran disiplin dan taat aturan.terkadang anak-anak sulit dikontrol mencoba untuk berbohong karena belum membuat PR sedangkan teman-teman di kelasnya sudah menyelesaikan PR.
Video di atas sanggat bermanfaat bagi guru agar dapat membantu melatih kejujuran anak.
Video diatas sangat bermanfaat sekali karena sudah memberikan penjelasan bagaimana menetapkan anak berprilaku jujur dan mempraktekkannya langsung . Namun pada video tersebut hanya dijelaskan mengenai satu cara jadi masih kurang lengkap
Pada video tersebut sangat bagus sekali dalam melatih menanamkan sikap jujr pada anak. Guru sudah tepat sekali untuk memberikan penjelasan diawal bagaimana bersikap jujur dengan mengatakan sudah disaat benar-benar sudah mengerjakan tigas mewarnai. dan menyuruh untuk mengumpulkan dan meletakkan diatas meja gruru, Hal tersebut melatih pembiasaan sikap jujur dan disiplin. Dan guru memberikan reward kepada siwa bagi yang sudah jujur berupa jepitan. Video tersebut sanagt sederhana tetapi mudah dipahami oleh guru. Untuk perkembangan saat ini reward dapat berupa stiker yang ditempel. Anak akan meras senang dan termotivasi untuk bersikap jujur.
Dari video diatas, saya dapat mengambil manfaat bahwa menanamkan nilai moral kejujuran pada anak tidak harus dengan sesuatu yang sulit bahkan dengan hal sederhana juga bisa membantu anak belajar pentingnya berprilaku jujur.
Menurut saya , video tersebut sudah cukup baik dan bermanfaat bagi para guru-guru sebgaai referensi serta menambah ilmu pengetahuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran . Dengan cara menggunakan penjepit baju , anak-anak tentu akan bersemangat dan termotivasi dalam meyelesaikan tugas-tugas mereka agar mereka dapat mengumpulkan penjepit baju tersebut . tentu hal ini juga akan membangun rasa kejujuran anak , karena anak akan berusaha menyelesaikan tugas mereka agar mendapatkan penjepit tersebut , jika mereka belum bisa menyelesaikan tentu anak akan berterus terang kepada gurunya bahwa ia membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
sekian dan terimakasih
Nama : Dinda Bestari
NIM : 859684305
Video ini memberikan pembelajaran tentang bagaimana guru dapat memberikan pendidikan kejujuran pada muridnya dengan metode penjepit jemuran. Ketika anak masih belum dapat menyelesaikan tugas namun temannya sudah selesai maka mereka sering kali mengatakan juga sudah selesai dengan demikian guru dapat memberikan penjepit jemuran yang berbeda warna ketia mereka mengatakan kebohongan. Dengan demikian anak akan tergerak untuk mendapatkan penjepit yang sama dengan temannya.
dengan adanya video pendek melalui penjepit jemuran tersebut saya mulai memahami tentang menanamkan niilai-nilai kejujuran pada anak usia dini
Vidio yang bagus,karna bisa menambah edukasi dan wawasan kita tentang bagaimana menanamkan tanggung jawab dan kejujuran serta kemandirian kepada anak.
Nama : Windah Dewi Muashomah
Video ini melibatkan anak-anak dalam diskusi dan permainan yang mempromosikan kejujuran dapat membantu mereka memahami pentingnya nilai kejujuran ini. Penting untuk mengajarkan anak-anak bagaimana menghadapi konsekuensi dari tindakan mereka, baik positif maupun negatif. Sebagai bagian dari pembelajaran tentang kejujuran.
video tersebut cukup memberikan informasi untuk guru tentang bagaimana cara menanamkan sikap jujur dalam diri anak paud melalui kegiatan yang ada disekolah.