silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
dalam video diatas sysa bnayak belajar bahwa menanmkan sikap jujur dapat dilakukan dengan hal-hal kecil dan sederhana.
Video ini menunjukkan cara guru dapat mengajarkan kejujuran kepada muridnya dengan menggunakan metode penjepit jemuran. Ketika anak masih belum dapat menyelesaikan tugas, tetapi temannya sudah menyelesaikannya, mereka sering mengatakan bahwa mereka juga sudah menyelesaikannya. Dengan demikian, guru dapat memberikan penjepit jemuran yang berbeda warna kepada anak-anak yang berbohong. Anak akan termotivasi untuk mendapatkan penjepit yang sama dengan temannya karena hal ini.
Dari video tersebut sangat bermanfaat dan bisa dijadikan contoh sederhana dalam menanamkan nilai kejujuran kepada anak. Guru memberikan hadiah jepitan jemuran kepada anak yang sudah menyelesaikan tugasnya.
NAMA : SISKA DESMAYANTI
NIM : 856260187
Dalam tayangan video pembelajaran di atas, guru memberikan kegiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar.Dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta anak mengumpulkan tugas ke ibu guru.Bagi yang sudah selesai tugasnya guru akan memberi tanda pada baju anak berupa penjepit.Dan anak akan berlomba-lomba untuk menyelesaikan tugasnya saat itu.Dengan adanya penjepit tadi,mempermudah guru dalam mengetahui berapa tugas yang dapat di selesaikan anak pada saat itu dan apakah anak sudah menerapkan nilai kejujuran dalam melaksanakan tugas.metode ini dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
NAMA : NIKHLATUL INZAH
NIM : 857769975
Dari vidio ini, saya menjadi termotivasi untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan bahan dan alat yang sederhana,.
penanaman nilai-nilai kejujuran memang harus mulai ditanamkan sejak usia dini.
Nama:Hadra
Nim:859424047
Dalam tayangan video pembelajaran di atas,
– Konsep kegiatan yang melibatkan anak-anak dalam berbagai aktivitas kreatif seperti mewarnai, menggunting, menempel, dan menghubungkan gambar dengan lambang bilangan sangat sesuai untuk anak usia dini.
– Penekanan pada nilai kejujuran melalui penggunaan stiker sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan atas kejujuran anak dalam menyelesaikan tugasnya adalah pendekatan yang positif.
– Kegiatan yang melibatkan pembuatan gambar kupu-kupu, menghitung angka, dan membuat bunga dengan tepung terigu memberikan variasi dan kesempatan bagi anak-anak untuk berkreasi.
Dengan pendekatan yang kreatif dan interaktif, video tersebut dapat menjadi sumber inspirasi yang baik bagi guru PAUD dalam merancang kegiatan yang menarik dan edukatif untuk menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran pada anak usia dini.
Video-video tersebut sangat informatif dan memberikan panduan praktis tentang cara menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak usia dini.
Visualisasi dan contoh-contoh konkret dalam video membantu memahami konsep dengan lebih baik.
Nama: Nurlaila Khusna (856103207)
Judul video: Menanamkan kejujuran pada anak melalui pengguanaan penjepit jemuran
Video tersebut sangat bermanfaat bagi guru, memberikan wawasan baru tentang pendidikan kejujuran pada muridnya.
Pada video tersebut menjelaskan situasi masalah anak tidak menyelesaikan tugas yang diberikan dan guru sulit mengontrol anak. Guru dapat memberikan pendidikan kejujuran dengan cara metode penjepit pakaian sederhana, anak-anak tentu akan bersemangat dan termotivasi dalam meyelesaikan tugas-tugas mereka agar mereka dapat mengumpulkan penjepit baju tersebut dan dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran, selain itu ketertiban dan keteraturan dapat di terapkan tanpa harus banyak bicara.
NAMA : SANTI HASANAH
NIM : 857507531
Dari tayangan video diatas dapat terlihat seorang guru sedang menanamkan sikap kejujuran pada siswanya melalui penjepit jemuran..guru memberikan beberapa tugas pada siswanya,jika sudah selesai mengerjakan tugasnya maka anak -anak dapat mengambil jepit jemurannya dan ditempelkan dibaju..dengan begitu anak-anak yang lain akan termotivasi dengan segera menyelesaikan tugasnya agar mendapatkan jepit jeuran yang sama.
.
Nama : Rani
NIM : 858463322
Dari video di atas izinkan saya memberikan saran dan masukan. pada kegiatan pembelajaran jika terlalu banyak aktivitas yang diberikan sesuai aturan ibu guru mungkin akan membuat anak bosan, saat ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka dimana anak diberi kebebasan untuk memilih kegiatan apa yang ingin mereka lakukan, bahan dan alat apa yang mau mereka pakai namun tetap sesuai dengan rencana pembelajaran yang berarti guru harus lebih kreatif menyiapkan bahan/media/alat serta satu atau lebih kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu. sehingga hal ini dapat mengurangi rasa bosan pada anak, dan juga ada kemungkinan kegiatan yang dirancang ibu guru juga dapat berjalan dengan baik dan suasana kelas juga menjadi tertib.
terima kasih Video di atas sangat bermanfaat untuk saya, salah satu tips yang ada di video untuk melihat anak bersikap jujur adalah dengan memberikan jepitan jemuran yang juga bertujuan untuk mendeteksi anak yang sudah menyelesaikan tugas dan yang belum. saya belum pernah mencoba hal tersebut. biasanya yang saya lakukan adalah dengan memberi bintang kepada anak yang sudah berhasil menyelesaikan tugas, atau memberikan hadiah berupa kesempatan yang dapat dilakukan anak lebih dulu daripada temannya contohnya boleh pulang duluan, boleh cuci tangan duluan dll.