silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
NAMA : MARIA BERNADETA H.R
NIM : 858455429
Menurut saya viideo tersebut sangatlah bagus .
pada video tersebut kita menanaamkan rasa jujur dan belajar berterus terang kepada anak.sikap jujur sangat lah penting kita ajarkan pada anak karena sikap jujur sangat di butuhkan difalam kehidupan kita. dengan menanamkan rasa jujur pada anak saat usia dini menjadi anak tumbuh menjadi peribadi yang baik.
terima kasih
Assalamu alaikum Wr.Wb……
Nama; Annisa Aulia nur Syahidah
NIM ; 855890402
Prodi; PGPAUD
Menurut saya, Pelaksanaan pembelajaran di atas melalui pemberian reward dengan bahan seadanya/tidak mewah sangat menarik,Walaupu menggunakan bahan yang tidak perlu mengeluarkan pengeluaran yang banyak,dapat menunjang aspek perkembangan anak melalui media tersebut, melaui media tersebut mampu menerapkan konsep kejujuran yang mudah dipahami oleh anak dengan cara pemberian reward tersebut. Dengan adanya penerapan tersebut dapat menjadi pembelajaran berharga untuk menerapkan konsep kejujuran kepada anak.
Dari video tersebut kita mendapatkan ilmu baru, bagaimana menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada anak. Dari kegiatan tersebut guru dapat mengetahui anak yang jujur dan anak yang berbohong.
Guru menjelaskan sebelum kegiatan untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas. Kegiatan yang diberikan guru mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Nama : Migda Sari Yuniar
NIM : 859799547
Prodi : PG PAUD
UPBJJ : Palembang
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Setelah menyaksikan video diatas, menurut saya pembelajaran tersebut sudah bagus dan terarah. Ruang kelas yang nyaman dan bersih dan dibuat sekreatif mungkin menambah ketertarikan minat anak untuk belajar, pembelajaran nya juga sudah cukup lengkap dimana sudah ada kegiatan belajar sambil menggali minat dan bermain anak. Anak dibimbing dengan rasa aman, anak-anak diberi kesempatan untuk menciptakan bentuk gambar yang kreatif melalui imajinasinya,kemudian ada kemampuan berinteraksi nya antara guru dan siswa saling tanya-jawab. Anak-anak diajarkan untuk bersikap jujur saat belum atau sudah selesai mengerjakan tugas nya. Saran saya cobalah sesekali anak dikasih hadiah yang lainnya untuk menambah motivasi teman-teman yang lain tetapi tidak memaksa anak untuk cepat menyelesaikan tugas nya. Terimakasih. Semoga bermanfaat
Nama : Nurhidayah
Nim : 854918907
Menurut saya dari vidio “menanamkan kejujuran pada anak” tersebut saya mengambil pelajaran atau contoh dimana kami belum pernah melakukan hal ini disekolah, dari cara ini guru dapat mengetahui anak yang jujur dan anak yang bohong. Namun, dividio tersebut juga tidak memperlihatkan konsekuensi apabila anak berbohong sehingga anak merasa takut melakukan hal yang tidak benar yaitu berbohong, tetapi sangat menginspirasi karena dari awal guru menjelaskan aturan-aturan sebelum memulai kegiatan.
terimakasih.
Video diatas sangat menginspirasi untuk saya yg masih kesulitan mengajarkan anak untuk bersifat jujur dan menanamkan sikap disiplin. Di kelas, saya menggunakan bintang untuk anak yg bisa mengikuti aturan kelas tetapi beberapa anak masih kurang peduli dengan hal tersebut. Mungkin dengan cara video diatas dapat saya terapkan agar anak dapat lebih peduli dengan kedisiplinan.
Ran
Bismillah
Nama Kartina
Nim 859408486
Setelah saya menonton video diatas saya mendapatkan pengalaman yang baru, dan bisa saya coba lakukan di sekolah tempat saya.Dimana dengan mengembangkan kejujuran anak dengan penjepit baju, kita bisa menanamkan pentingnya kejujuran, dimana anak anak belajar bahwa kejujuran adalah nilai penting yang harus dipegang teguh.Dan dengan kejujuran akan membuat anak bahagia dan tenang.
🙏🙏
Nama : Ika Khoyrunnisaag
Nim : 856085234
saya sangat setuju dengan video pembelajaran tersebut sudah bagus dan terarah,dimana video tersebut berisikan tentang memberikan tanda penjepit baju pada anak yang telah menyelesaikan tugasnya. Jujur khusus ditempat Saya mengajar belum melakukan kegiatan seperti ini, namun dengan adanya video edukasi ini, kami akan mencoba melakukan kegiatan ini agar bisa menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak sejak usia dini. Terima kasih.
NAMA: RISMA APRIANI
NIM : 859146458
saya juga setuju dengan video pembelajaran di atas karna sudah baik dan mampu membuat anak menjadi lebih terarah dengan memberikan anak penjepit baju kepada anak yang sudah menyelesaikan tugasnya, di sekolah saya belum pernah melakukan seperti yang ada di video dengan adanya video ini kami akan belajar dan belajar lagi menanamkan kejujuran untuk anak usia dini.
Nama : Widya Mutoharoh
Nim : 859412232
Prodi : PG PAUD
Pada Video Pengembangan nilai kejujuran pada anak berjudul ” Melalui Penjepit Jemuran”.
Melalui penjepit jemuran dapat menanamkan nilai kejujuran bagi anak, penjepit jemuran menjadi tanda bagi anak, bahwa anak telah menyelesaikan tugasnya, dengan kegiatan sederhana ini dapat menumbuhkan semangat dan minat anak untuk belajar, sehingga anak berjuang untuk menyelesaikannya. Terkadang anak malas menyelesaikannya dan meninggalkan tugasnya.