silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,494 Comments

  1. Nama : Ashfiyaul Bakhriyah
    NIM : 857761275
    Menurut saya video ini sangat inspiratif karena mengajarkan sifat jujur kepada anak melalui Penjepit jemuran. Anak-anak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tidak ada yang berbohong kalau sudah mengerjakan tugas. Di tempat saya mengajar juga menerapkan hal seperti ini, tetapi dengan cap stempel, anak yang sudah selesai dengan tugasnya akan mendapatkan cap stempel berwarna-warni dan bergambar.
    Video ini juga menjadi inspirasi atau ide buat saya untuk menanamkan nilai kejujuran selain menggunakan cap stempel.
    Terimakasih.

  2. Nama : Nurhidayah
    Nim : 856272973
    Pokjar : pasaman barat

    Video di atas yaitu Pengembangan nilai kejujuran pada anak Melalui Penjepit Jemuran

    ada anak yang belum seesai mengerjakan tugas namun, si anak berkata sudah selesai, melalui penjepit jemuran si anak yang sudah selesai dan berkata jujur mendapatkan jepitan yang dijepitkan ke baju si anak. disini kelihatan anak yang jujur daan sebalik nya anak yang sudah selesai mengerjakan tugas dan yang belum
    di tk tempat saya mengajar belum ada seperti ini insyaallah saya akan menerapkan kejujuran melalui jepian jemuran seperti vidio di atas

  3. Nama: Safitri Rahayu
    NIM: 856267008
    UPBJJ: UT Padang

    Video menanamkan nilai kejujuran diatas begitu inspiratif. Kejadian yang dipaparkan didalam video memang nyata terjadi dalam kegiatan belajar anak. Disaat diberikan kegiatan, tidak semua anak mampu menyelesaikan kegiatan tersebut sampai akhir. Adapun dari mereka yang berbohong mengaku sudah menyelesaikan kegiatan. Hal inspiratif yang dapat diperoleh dari video tersebut adalah bagaimana pendidik mensiasati cara penanaman nilai kejujuran pada anak melalui pemberian jepitan baju pada anak yang telah menyelesaikan tugasnya. Hal ini terasa unik bagi anak-anak juga menjadi pemicu anak lainnya untuk semangat menyelesaikan tugas yang diberikan.

  4. Nama : Desriati Pauziah
    NIM : 857521969
    Judul Video : menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran

    menurut saya tentang video ini dengan memberikan solusi yang baik supaya anak tidak berbohong lagi, supaya jujur pada setiap kegiatan. di lembaga saya pun jika anak yang sudah selesai dengan tugasnya dia diberikan stiker yang harus terkumpul dibuku stikernya, dengan diberikan stiker agar anak selalu membereskan kegiatannya.

  5. Nama: Uswati Hasanah
    NIM: 857379358
    UPBJJ: Kota Bogor

    Ketika anak berkata tidak jujur semisal tugasnya belum selesai tetapi berkata sudah, yang perlu dilakukan guru adalah mendekatinya, mengajaknya berbicara berdua. bertanya padanya, “Mengapa berkata tidak jujur, apakah ada kesulitan sehingga belum menyelesaikan tugasnya?, dll.”
    Memberikan tanda dengan penjepit jemuran pada anak yang sudah menyelesaikan tugas ini sangat inspiratif, agar guru mengetahui siapa saja anak yang sudah selesai dengan tugasnya. Akan tetapi jika dilihat dari sisi estetika, akan menjadi tidak indah ketika dalam 1 hari ada 4-5 kegiatan dan semua penjepit jemuran itu menempel di baju anak, kita bisa menggantinya dengan alternatif lain seperti stiker bintang, cap bintang ukuran kecil. Selain menanamkan kejujuran, kita juga bisa menambah rasa percaya diri pada anak karena mereka bangga dengan bintang yang diperolehnya.

  6. Nama : Meilani Djunaengsih
    NIM : 85734899
    Mata Kuliah : Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini.
    UPBJJ : Kota Bogor / Bogor Utara.

    Melakukan Kejujuran Dengan Metode Melalui Penjepit Jemuran
    Menurut Saya didalam Vidio tersebut anak di latih untuk melakukan kejujuran dengan hal yang sederhana dan memberikan permainan dan edukasi untuk anak dengan cara menyenangkan hingga anak – anak antusian dalam melakukan sikap dengan kejujuran
    adapun hal yang dalam menanamkan kejujuran pada anak melalui kegiatan adalah cara yang efektif dan menyenangkan dan adapun dengan bercerita sebelum melakukan kegiatan adapun langkah – langkah dalam mengajak anak untuk melakukan kejujuran seperti :
    1. Pilih Cerita yang Relevan: Pilih cerita yang memiliki tema kejujuran dan nilai-nilai positif. Cerita bisa berupa dongeng, fabel, atau kisah nyata.
    2. Diskusikan Nilai Cerita: Setelah membaca, ajak anak berdiskusi tentang moral yang terkandung dalam cerita. Tanyakan pendapat mereka tentang tindakan tokoh-tokoh dalam cerita.
    3. Berikan Contoh Nyata: Ceritakan pengalaman nyata di kehidupan sehari-hari yang menunjukkan pentingnya kejujuran.
    4. Ajak Anak Berperan Serta: Ajak anak untuk membuat cerita mereka sendiri yang menekankan nilai kejujuran.

    Terima Kasih

  7. Nama : Siti Salpa Nurasilah
    NIM : 857317936
    Menurut pendapat saya video ini sangat inspiratif karena mengajarkan sifat jujur kepada anak melalui media enjepit jemuran. Anak-anak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tidak ada yang berbohong jika sudah mengerjakan tugas. Di Lembaga tempat saya mengajar juga menerapkan hal seperti ini, tetapi dengan media lain, anak yang sudah selesai dengan tugasnya akan mendapatkan cap stempel berwarna-warni dan bergambar untuk meningkatkan semangat anak dengan memberikan reward pada anak.
    Video ini juga menjadi inspirasi dan masukan bagi saya untuk menanamkan nilai kejujuran dengan berbagai cara dan media.

  8. Nama : fahrani Juna
    Nim :857317929
    Mengenal kan kejujuran pada anak melalui permainan penjepit jemuran

    Video tersebut sangat inspiratif dalam menanamkan nilai kejujuran. Dalam kegiatan belajar, ada anak-anak yang tidak selalu menyelesaikan tugas sampai akhir. Beberapa dari mereka bahkan berbohong dan mengaku sudah menyelesaikannya. Inspirasi dari video ini adalah cara pendidik menanamkan kejujuran dengan memberi jepitan baju kepada anak yang benar-benar menyelesaikan tugasnya. Di lembaga saya pun seperti ini, saya memberikan rewards kepada anak berupa stiker bintang dan dikumpulkan hingga banyak.Hal ini tidak hanya terasa unik bagi anak-anak tetapi membangun jiwa semangat anak untuk menyelesaikan tugasnya.

  9. Nama : fahrani Juna
    Nim:857317929
    Menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran

    Video tersebut sangat inspiratif dalam menanamkan nilai kejujuran. Dalam kegiatan belajar, ada anak-anak yang tidak selalu menyelesaikan tugas sampai akhir. Beberapa dari mereka bahkan berbohong dan mengaku sudah menyelesaikannya. Inspirasi dari video ini adalah cara pendidik menanamkan kejujuran dengan memberi jepitan baju kepada anak yang benar-benar menyelesaikan tugasnya. Di lembaga saya pun seperti ini, saya memberikan rewards kepada anak berupa stiker bintang dan dikumpulkan hingga banyak.Hal ini tidak hanya terasa unik bagi anak-anak tetapi membangun jiwa semangat anak untuk menyelesaikan tugasnya.

  10. Nama : Maimunah
    UPBBJ : Malang
    judul video : menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit baju
    Menurut pendapat video yang telah saya amati, menurut saya menanamkan nilai kejujuran seperti di dalam video tersebut begitu menginspiratif. Kejadian yang dipaparkan didalam video memang nyata terjadi dalam kegiatan belajar anak. Disaat diberikan kegiatan, tidak semua anak mampu menyelesaikan kegiatan tersebut sampai akhir. Adapun dari mereka yang berbohong mengaku sudah menyelesaikan kegiatan. Hal ini yang dapat diperoleh dari video tersebut adalah bagaimana pendidik memberikan motivasi serta reward cara penanaman nilai kejujuran pada anak melalui pemberian jepitan baju pada anak yang telah menyelesaikan tugasnya. Hal ini terasa unik bagi anak-anak juga menjadi pemicu anak lainnya untuk bersemangat menyelesaikan tugas yang diberikan.

Leave a Reply