silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,531 Comments

  1. Video: Seri Pembelajaran PAUD “Melalui Jepit Jemuran”
    Nama : Ananiah
    NIM : 858315483

    Video diatas menggunakan salah satu strategi menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Dimana dengan menggunakan penjepit jemuran anak anak akan belajar kejujuran dari pengalaman dan pembiasaan. Dengan motivasi penggunaan penjepit jemuran anak-anak akan termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya.Tanpa motivasi biasanya anak-anak akan lalai dan lambat dalam menyelesaikan tugasnya.mereka akan asik dengan temannya,melamun atau mengganggu temannya.

  2. video :Seri Pembelajaran PAUD “Melalui Jepit Jemuran”
    Nama: Durrotun Nashihah
    NIM: 877302797

    Dalam video tersebut, menjelaskan berbagai macam aktivitas pembelajaran.
    Mulai kegiatan mewarnai,menggunting dan menempel. Penanaman kejujuran anak dalam menyelesaikan tugas itu sudah bagus dengan ditandai penjepit jemuran pada baju anak.
    Disekolah saya belum ada cara penanaman kejujuran anak dengan penjepit jemuran baju seperti ini. cara ini bisa saya terapkan disekolah saya
    terima kasih

  3. Menurut pendapat saya tentang video tersebut ialah Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Dalam video tersebut juga memberikan pembelajaran tentang melatih disiplin anak, kejujuran anak dan juga ketaatan terhadap aturan yang terlihat ketika mereka menyelesaikan tugas ataupun perintah yang diberikan. Kegiatan untuk menanamkan kejujuran terlihat saat ibu guru menggunakan penjepit jemuran sebagai alat untuk menilai kejujuran anak bagi yang telah menyelesaikan tugas,dan hal yang dilakukan ini sekaligus membangkitkan semangat anak yang lain untuk mendapatkan hadiah atau reward dengan menyelesaikan tugas dengan baik . Video ini juga membantu saya dalam memberikan strategi pembelajaran yang inovatif dalam hal mendidik anak agar menyelesaikan tugas nya dengan baik tanpa berbohong

  4. Nama: Emma Mahestiarini
    NIM: 856578616
    Video “Melalui Penjepit Jemuran” menampilkan sebuah upaya yang menarik untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak PAUD. Penggunaan penjepit jemuran sebagai simbol penyelesaian tugas dengan jujur adalah ide kreatif yang bisa menarik perhatian anak-anak. Guru dalam video ini menunjukkan kreativitas dalam memanfaatkan benda sederhana seperti penjepit jemuran untuk mengajarkan nilai kejujuran. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan mudah diakses. Memberikan penjepit jemuran sebagai tanda penyelesaian tugas bisa membantu membangun rasa percaya diri pada anak-anak. Mereka merasa dihargai dan diakui atas usaha mereka. Interaksi langsung antara guru dan anak-anak sangat penting dalam proses pembelajaran. Dalam video, interaksi antara guru dan anak-anak terlihat terbatas. Guru bisa lebih aktif dalam memberikan motivasi, bimbingan, dan pujian kepada anak-anak selama proses pembelajaran. Penting bagi guru untuk menjelaskan kepada anak-anak mengapa mereka diberi penjepit jemuran dan apa maknanya. Ini akan membantu mereka memahami hubungan antara menyelesaikan tugas dengan jujur dan mendapatkan penjepit jemuran.
    Setelah menggunakan metode ini, penting untuk mengevaluasi pemahaman anak-anak tentang nilai kejujuran. Guru bisa mengajukan pertanyaan kepada anak-anak, seperti “Apa artinya jujur?” atau “Mengapa kita harus jujur?”. Secara keseluruhan, video ini menunjukkan potensi metode unik untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak. Dengan sedikit modifikasi dan pengembangan, metode ini berpotensi besar untuk menjadi alat yang efektif dalam membangun karakter anak sejak dini.

  5. Nama : Nurul mMatif
    NIM: 855767969
    Dalam video tersebut memperlihatkan tantangan yang dihadapi seorang pendidik dalam membentuk sebuah karakter yang ada pada anak-anak masa PAUD merupakan masa pondasi dalam memberikan dan membentuk jiwa seseorang yang akan berlanjut hingga dewasa nanti.
    Melihat video menggunakan jepitan jemuran menanamkan kejujuran melalui penjemuran kepada anak adalah langkah penting dalam bentuk karakter mereka dan membantu anak bisa kreatif dan efektif dalam video tersebut dapat kita lihat menggunakan berbagai aktivitas dalam merangsang dapat merangsang kegiatan anak dan membuat pembelajaran yang yang menyenangkan untuk anak.

  6. Nama : Sipa Puziah
    NIM : 856576486
    Video seri pembelajaran PAUD : Melalui Penjepit Jemuran
    Mata Kuliah : Tugas Akhir Program
    Semester : 9
    Program Studi : S1 PGPAUD
    Assalamualaikum wr wb
    menurut saya video ini guru mengajarkan kejujuran pada anak usia dini dengan cara yang mudah dan menyenangkan. mereka menggunakan penjepit dan menempelkan di bajunya untuk memberi penghargaan kepada anak yang jujur tentang kemampuan mereka menyelesaikan tugas. penjepit jemuran sebagai simbol kreatif. dan secara keseluruhan video ini menunjukan metode unik untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak. demikian terimakasih
    wassalamualaikum wr wb

  7. NAMA : RODLIA TRI ASTUTI
    NIM : 856340442
    Assalamuallaikum wr.wb.
    Menurut saya strategi pembelajaran yang dilakukukan dalam video tersebut sudah sesuai tema. yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
    Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
    Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

  8. Assalamualaikum wr.wb..
    Nama : Susan Gia
    Nim : 858587785
    Judul Video : Melalui Penjepit Jemuran
    Menurut saya guru dalam video ini sudah sangat bagus kinerjanya karena sudah dari dini memberikan pembelajaran tentang kejujuran. Guru dalam video ini menunjukkan kreativitas dalam memanfaatkan benda sederhana seperti penjepit jemuran untuk mengajarkan nilai kejujuran. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan mudah diakses. Memberikan penjepit jemuran sebagai tanda penyelesaian tugas bisa membantu membangun rasa percaya diri pada anak-anak. Mereka merasa dihargai dan diakui atas usaha mereka. Interaksi langsung antara guru dan anak-anak sangat penting dalam proses pembelajaran.

  9. Nama : Alif Puspitaningrum
    NIM : 857868338

    Menurut pendapat saya kegiatan tersebut sangat berupaya menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Melalui kegiatan yang menyenangkan dan mudah dipahami, seperti mewarnai, menggunting, menempel, dan menghitung, anak-anak dapat belajar untuk berbicara jujur tentang progres mereka, baik itu ketika mereka berhasil menyelesaikan tugas atau saat mereka merasa kesulitan atau tidak berhasil. Penggunaan stiker sebagai penghargaan untuk kejujuran juga sangat efektif dalam memberikan penguatan positif kepada anak. Dengan cara ini, guru tidak hanya mengajarkan keterampilan dan pengetahuan, tetapi juga membantu anak-anak untuk mengembangkan karakter yang jujur dan terbuka sejak dini.

  10. Nama Yuni widyawati
    Nim 856649097
    Saya setuju dengan vidio di atas dengan soal bagai mana cara mengatasi anak yang ngobrol saat pembelajaran berlangsung.. iya solusi nya dengan cara mengubah strategi pembelajaran dengan hentikan proses pembelajaran sesaat untuk mendiamkan anak, lalu pisahkan anak yang mengobrol Satau dengan lain nya lalu melibatkan anak dalam proses pembelajaran lalu tekan kan anak tidak akan mengulangi hal yang sama. Posisikan anak di dekat guru dan beri reward bila anak tidak mengulangi nya lagi.

Leave a Reply