silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Vivi Norvita Sari
Nim : 858824798
upbjj : Malang
Tanggapan saya terhadap video tersebut adalah penghargaan kejujuran melalui objek seperti penjepit jemuran yang dijepitkan dibaju anak sebagai tanda reward ketika anak sudah menyelesaikan tugas yang diberikan , hal ini mengajarkan bahwa nilai kejujuran itu penting sekali yang harus ditanamkan diusia dini karena membentuk karakter anak yang bertanggung jawab akan sebuah tugas yang diberikan oleh guru. pada video tersebut sangat meninspirasi dan banyak hal yang bisa diambil diterapakan untuk pembelajaran dikelas. terimakasih
Video “Melalui Penjepit Jemuran” memberikan pendekatan yang sangat kreatif dan sederhana dalam mengajarkan anak usia dini tentang kemandirian dan keterampilan motorik halus. Dengan menggunakan aktivitas sehari-hari yang familiar seperti penjepit jemuran, anak-anak dapat belajar sambil bermain, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Saya sangat mengapresiasi cara penyampaian dalam video ini yang mudah dipahami serta dapat langsung diterapkan di rumah maupun di lingkungan sekolah.
Nama : ATIKA MINARNI
Nim : 856082056
Upbjj : UT Batam
Menurut pengamatan saya setelah melihat video pembelajaran tersebut sangat menginspirasi dan memacu saya untuk lebih semangat lagi mengajar.Dengan meningkatkan kualitas mengajar dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik bagi anak PAUD.Kejujuran dalam belajar harus ditanamkan sejak anak usia dini karena kelak anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan dapat dipercaya semua orang.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Terima Kasih.
NAMA : PUSPA LARASWATI
NIM : 857653108
UPBJJ PURWOKERTO
Dari Video tersebut kita dapat melihat bahwa nilai kejujuran dapat di tanamkan kepada anak sejak usia dini dengan cara yang menarik, kreatif dan inovatif. Divideo ini di tunjukan bahwa kejujuran bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan dalam hal ini guru memberikan kegiatan yang cukup menarik bagi anak yaitu dengan gambar, mewarnai dan menggunting. pada usia tersebut anak-anak dapat melakukan dengan gembira dan antusias, tapi tetap disisipkan nilai kejujuran didalamnya.
Nama: nadia prasetyawati
NIM: 858755195
UPBJJ : Surabaya
Dari video diatas saya mendapatkan inspirasi dalam menanamkan kejujuran pada anak usia dini. metode yang digunakan juga sangat mudah untuk diterapkan dan alat yang digunakan juga mudah ditemui. dengan menerapkan metode tersebut anak dapat bertangungjawab dalam menyelesaikan tugasnya dan jujur bahwa sudah benar-benar menyelesaikan tugasnya
Nama : PUTRI NUR HIDAYAH
NIM : 857474702
Pokjar / SALUT : KAB. INDRAMAYU
Kelas : A Tasikmalaya
Mata Kuliah : Metode Pengembangan Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini
Nama Tutor : NIA NURAIDA, S.PD., M.PD.
pada video tersebut sudah baik dalam menangani anak dan dalam membiasakan serta menanamkan anak untuk bersikap jujur. Guru menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menarik, inovatif dan kreatif sehingga anak-anak terkesan menyenangkan dan terlihat seru.
NAMA :Maria Eva Fortunella
NIM:858190165
Judul video: Menanamkan kejujuran anak melalui penjepit jemuran.
Bagi saya penggunaan alat bantu konkret seperti penjepit jemuran sangat efektif dalam mengajarkan nilai moral pada anak
Nama : Lisnawati
Nim : 856066352
” melalui penjepit jemuran”
Dalam video tersebut dapat diketahui bahwa bertujuan untuk menanamkan dan membiasakan anak berkata jujur. Kejujuran harus ditanamkan samoai dewasa nanti.
Melalui bermain kreatif guru dapat melatih anak untuk berbuat jujur dengan memberikan penjepit baju pada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas.
Penjepit pakaian menjadi reward untuk anak-anak yang tuntas mengerjakan tugas dan menjadi tanda untuk anak yang belum mengerjakan tugas dengan melihat tandaboenjepit pakaian.
Video pembelajaran tersebut sangat bermanfaat sekali untuk pendidik yang ingin menanamkan kejujuran disiplin dan taat aturan bagi anak-anak. Sehingga anak-anak termotivasi untuk menyelesaikan tugas yang guru berikan. Penerapan bisa dilakukan disekolah dengan berbagai media yang ada disekolah bisa dengan penjepit, bisa dengan stiker atau apa saja yang menarik anak-anak. Terima kasih GPO.
Nama : Siti Hajiah
NIM : 858479245
Judul Video : Menanamkan Kejujuran Pada anak Melalui Penjempit Jemuran.
Tanggapan saya terhadap video tersebut, guru memberikan reward berupa jepitan jemuran yang berwarna sebagai reward anak yang telah melakukan tanggung jawabnya dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru, juga bukti bahwa anak tersebut jujur dalam melaksanakan tugasnya. hal ini mungkin bisa saya jadikan contoh dalam pembelajaran dikelas bahwa ketika anak telah menyelesaikan tugasnya dengan baik, guru dapat memberikan reward yang dapat membuat anak merasa bahagia dan senang, reward tersebut bukan hanya berupa bintang atau stiker tapi juga dapat berupa jepitan jemuran.
terimakasih, videonya sangat bermanfaat.