silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Assalamu’alaikum izin menanggapi video diatas.
Dari isi video diatas dapat membantu saya untuk menanamkan nilai kejujuran, ketertiban dan rasa tanggung jawab anak dalam menyelesaikan sebuah tugas yang telah diberikan, sebagai pendidik hendaklah lebih memperhatikan anak didiknya dalam menerapkan nilai kejujuran dan jika ada anak yang sulit dalam hal itu sebaiknya guru lebih sabar dan terus memberikan arahan dan semangat agar dia bisa melakukan sesuatu sesuai arahan.
Perkenalkan Nama saya Mar’atus solihah, prodi PGPAUD dari PPBJJ Semarang.
vidio di atas sudah sanagat memberi gambaran kepada saya cara menanamkan kejujuran kepada anak dengan menggunakan penjepit jemuran hal ini memang sangat sederhana dan efektif membantu anak-anak dalam menanamkan kejujuran sejak dini.
terimakasih…
Perkenalkan nama saya Sanjani Mujayanti (87820515) PGPAUD
Video “Melalui Penjepit Jemuran” menunjukkan cara sederhana menanamkan kejujuran pada anak PAUD dengan memberi penjepit jemuran sebagai tanda penghargaan bagi anak yang jujur menyelesaikan tugas.
Metode ini mudah dipahami, memotivasi anak untuk jujur, dan bisa membantu menanamkan sikap disiplin serta tanggung jawab sejak dini. Penggunaan penjepit jemuran juga menarik dan mudah diterapkan di kelas.
assalamualaikum wr,wb.perkenalkan nama saya juniar dari upbjj makassar. dari video ini saya dapat belajar bagaimana cara mendidik anak supaya selalu jujur tidak boleh berbohong dan harus bertanggung jawab selain itu ketertiban anak harus selalu di perhatikan.
Assalamualaikum.. terimakasih banyak atas video nya, Sanga bermanfaat bagi saya , menambah pengetahuan saya,selain yang saya ajarkan saya bisa memakai metode ini untuk saya praktekkan di sekolah saya,. sekali lagi terimakasih banyak, sukses selalu buat guru pintar
Nama : Reni Lestari
NIM : 858009516
UPBJJ Yogyakarta
Membangun karakter jujur pada anak memang tidak harus selalu dengan kalimat, namun dengan penugasan dan tindakan nyata. Dan dalam video, guru juga memberikan motivasi pada anak untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugasnya dengan baik. Karakter anak terbentuk, namun dengan cara yang elegan dan tidak melukai anak. Terimakasih untuk idenya.
Kegiatan yang dilakukan guru dalam kelas TK tersebut, sudah tepat dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Dengan memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak, guru dapat membantu anak-anak memahami konsep kejujuran dan mengembangkan karakter yang baik. Penggunaan stiker sebagai reward bagi anak-anak yang sudah menyelesaikan tugasnya juga bisa memotivasi anak-anak untuk bekerja keras dan jujur. Selain itu, guru juga memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengakui jika mereka tidak dapat menyelesaikan tugasnya, sehingga anak-anak dapat belajar untuk jujur dan tidak menyembunyikan kesalahan meraka.
Saya suka cara mengajar yang dilakukan guru tersebut.. Semoga saya juga bisa seperti guru tersebut untuk menjalankan tugas saya sebagai seorang guru PAUD.
NAMA:HIBA ROYKHANA
NIM:859838663
UPBJJ:UT KENDARI
SEMESTER:2
Setelah saya melihat video tentang menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran,menurut saya cara ini cara yang cukup unik,dan bisa saya aplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah kami,dengan cara seperti di video tersebut anak-anak murid bisa lebih disiplin dan taat aturan yaitu semangat menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru dengan baik.Namun praktek kami dalam menerapkan kejujuran di dalam kelas yaitu dengan murid bisa menyampaikan dengan jujur uang tabung yang telah di amanah kan oleh orangtua nya untuk di tabung di sekolah,selain itu nilai karakter kejujuran biasa nya bisa kami ambil dari ketika guru menemukan uang yang tercecer di kelas,guru hanya mengumumkan uang siapa yang jatuh tanpa guru menyebutkan nominalnya,dengan di terapkan seperti itu,anak-anak murid kami bisa menerapkan kejujuran,selain itu untuk penyelesaian tugas agar anak-anak murid disiplin menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan guru,anak-anak murid yang mengumpulkan tugas di beri nama nya masing-masing,untuk ank murid yang belum bisa menulis namanya,bisa di bantu guru,untuk di tuliskan namanya pada lembar tugasnya.
Nama : Freeda Anggi P.
NIM : 877961786
Saya setuju dengan isi video ini, karena menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini sangat penting bagi motorik halus mereka, menanamkan nilai kejujuran melalui hal yang mudah dipahami anak didik sangat membantu dalam hal ini.
Mohon maaf dan Terimakasih.