silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama: Irham Maulania Rahmawati
NIM : 860140134
Ulasan dan Saran Mengenai Video Melatih Kejujuran Anak Melalui Penjepit Jemuran
Video ini menghadirkan pendekatan inovatif dalam mengajarkan nilai kejujuran kepada anak usia dini. Melalui kegiatan yang sederhana namun menarik, anak-anak diajak untuk memahami pentingnya bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.
TRI NOVIANINGSIH
857656927
UPBJJ UT PURWOKERTO
Judul video 1 : Melalui Penjepit Jemuran
Dalam video tersebut, metode yang digunakan sebenarnya sangat sederhana akan tetapi dampaknya sangat efektif untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Dengan menggunakan penjepit jemuran sebagai bukti bahwa mereka telah menyelesaikan tugasnya, guru telah berhasil mengajarkan kepada anak didiknya untuk jujur. Selain ada aspek kejujuran, kegiatan dalam video tersebut juga mampu mengembangkan keterampilan motorik halus anak seperti menggunting, mewarnai, menempel dan bermain playdough. Pendekatan pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan prinsip pembelajaran anak yaitu belajar sambil bermain.
Untuk masukan dan saran sepertinya tidak ada, saya hanya berharap semoga kedepannya portal Guru Pintar dapat menambah koleksi video pembelajaran yang lebih inovatif dan mudah dipahami terutama bagi saya calon guru PAUD.
Video tersebut sangat perlu dan bermanfaat bagi saya khususnya sebagai bekal untuk mengajar dikemudian hari. Video pembelajaran seperti ini memberikan contoh nyata yang dapat dipraktekan secara praktis dikelas. Dengan adanya video ini, guru dapat menambah wawasan dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta tidak membosankan.
assalamualaikum wr.wb
video pembelajaran nya sangat bermanfaat untuk saya ,,karena selama menjadi guru belum pernah memebrikan anak penjepit seperti ini,,menurut saya tayangan video ini bi membuat anak bertambah girang dan senang untuk menyelaseaian kan setiap tugas yang di kasih guru,,karena di beri hdiah berupa penjepit,,itu salah atu termasuk hal yang sangat mebanggakan bagi anak sehingga anak bertambah semnagat dan mereka semakin giat untuk melakuakn setiap tugas yang di berikan dan mereka juga bisa menerapkan kejujuran karena adanya penjepit yang di pasangkan kepada anak,mereka tidak bisa berbohong,,karena kalau anak berbohong tentu anak tidak akan dapat penjepit ini,jadi anak akn jujur setip tugas yang di kasih mereka lakukan sampai selsesi
terimaksih banyak
wassalamualaikum wr.wb
Nama : Nila Sahura
NIM : 877803979
Video ini menunjukkan strategi pembelajaran yang sangat tepat dan efektif dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD. Kegiatan yang dilakukan seperti mewarnai, menggunting dan menempel, serta menghubungkan gambar dengan lambang bilangan, dirancang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak sehingga mudah dipahami dan dikerjakan oleh mereka. Hal ini sejalan dengan prinsip pembelajaran PAUD yang menekankan pada kegiatan yang menyenangkan dan kontekstual.
Penggunaan sistem penghargaan berupa penjepit jemuran yang ditempelkan di baju anak yang menyelesaikan tugas dengan jujur merupakan metode penguatan positif yang sangat baik. Ini tidak hanya memotivasi anak untuk menyelesaikan tugas, tetapi juga mengajarkan mereka pentingnya kejujuran dalam menyelesaikan pekerjaan. Pendekatan ini konsisten dengan strategi pengajaran kejujuran yang mengedepankan penguatan positif dan keteladanan guru.
Selain itu, guru memberikan instruksi yang jelas dan mengajak anak untuk berkata jujur tentang kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas, yang merupakan langkah penting dalam membangun kesadaran dan sikap jujur sejak dini. Hal ini juga membantu anak belajar untuk terbuka dan bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan, sesuai dengan teknik pembelajaran yang efektif dalam menanamkan nilai kejujuran.
Kegiatan kreatif seperti membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu juga menambah variasi pembelajaran yang mengasah motorik halus anak sekaligus menanamkan nilai kejujuran dalam konteks yang menyenangkan dan tidak membosankan. Ini penting untuk menjaga minat dan keterlibatan anak dalam proses belajar.
Video ini memberikan contoh praktik pembelajaran yang baik dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui kegiatan yang sesuai, penguatan positif, dan komunikasi yang jelas dari guru. Pendekatan ini sangat mendukung pengembangan karakter anak dan dapat dijadikan referensi bagi guru PAUD dalam mengajarkan nilai-nilai moral secara efektif dan menyenangkan.
Nama : Lisneweri Simamora
NIM : 856532073
Video ini mengajarkan tentang bagaimana cara menanamkan Nilai-nilai kejujuran pada anak, melalui penjepit jemuran anak diberikan tugas dan tanggung jawab oleh guru saat anak menyelesaikan satu tugas maka guru akan memberikan satu penjepit jemuran. Melalui perlombaan ini anak diajarkan untuk jujur dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
Video “Melalui Penjepit Jemuran” menunjukkan adanya pendekatann dalam pembelajaran yang menyentuh aspek karakter, khususnya kejujuran, melalui simbol sederhana namun bermakna menunjukkan bahwa pendidikan karakter tidak harus rumit melainkan cukup dengan konsistensi dan kreativitas guru.
Penggunaan penjepit jemuran bukan hanya sebagai alat, tetapi sebagai simbol perilaku jujur. Hal ini membangun penguatan positif yang efektif di usia dini.
Aktivitas dalam video ini juga menumbuhkan rasa percaya diri dan kebanggaan diri pada anak-anak. Saat mereka menerima penjepit karena bersikap jujur, mereka merasa diakui dan dihargai. Hal ini secara tidak langsung memperkuat hubungan emosional antara guru dan anak
Kegiatan ini harus disertamiiii dengan dialog yang membangun dan memotivasi semua anak untuk terus mencoba bersikap jujur.
Nama : Yunita Magdalena Moningka
NIM : 858593567
Video Tentang Menanamkan Kejujuran melalui Penjepit Jemuran
guru memberikan kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta meletakkan tugasnya diatas meja. Dan disini Guru melihat kejujuran dari anak-anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya dengan menjepitkan penjepit jemuran d baju anak sehingga dengan demikian mengajarkan pada anak untuk bersikap jujur.
nama: Josika Madelin Zhalikhahrani
nim: 857654851
vidio ini memberikan contoh penerapan kejujuran yang kreatif dan inspiratif. saya juga setuju bahwa guru akan memiliki kesulitan mengontrol anak dikelas dengan jumlah anak yang banyak. dengan cara seperti ini guru dapat mengetahui siapa saja yang jujur dan berbohong. dengan ini anak juga lebih termotifasi untuk berperilaku jujur.
Nama : Sandityas Daffa Pradani
NIM : 858014969
Judul : Melalui penjepit jemuran
Dalam video ini menjelaskan tentang bagaimana membentuk kejujuran dan tanggung jawab pada anak.penggunaan penjepit jemuran disini ialah sebagai tanda bahwa anak telah menyelesaikan pekerjaannya. Dengan cara seperti ini dapat menjadikan anak terdorong untuk berperilaku jujur.
Nama : Fitri Malasari
NIM : 856508365
Judul video,
Melalui jemputan jemuran.
Penjelasannya.
Dengan cara melalui jepitan jemuran kita dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada anak agar anak bisa jujur untuk masa depannya .
Sekian terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.