silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Fitri Malasari
    NIM : 856508365

    Judul video,
    Melalui jemputan jemuran.
    Penjelasannya terkait video yang saya tonton sebagai berikut
    Dengan cara melalui jepitan jemuran kita dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada anak agar anak bisa jujur untuk masa depannya .
    Sekian terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  2. Secara keseluruhan, pendekatan ini patut dipuji karena keterlibatan dan kesesuaiannya dengan perkembangan. Meningkatkan hubungan dengan kejujuran dan menggabungkan strategi tambahan untuk memperkuat nilai ini akan semakin memperkuat pengalaman pendidikan.

  3. NAMA: ASTI MAESAROH
    NIM: 858325753
    UPBJJ: BANJARMASIN

    Video tersebut mengajarkan bagaimana cara menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak, menggunakan penjepit jemuran anak diberikan tugas dan tanggung jawab oleh guru untuk menyelesaikannya melalui perlombaan, anak diajarkan untuk jujur dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

  4. Assalamualaikum Wr. Wb
    Nama: Eka Septiana Ain Nur Rani
    NIM: 877637351
    Semester 2

    Melalui Penjepit Jemuran

    Manfaat dari video di atas saya menjadi tahu bagaimana caranya menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran. Fungsi dari penjepit jemuran disini yaitu sebagai penanda bahwa anak tersebut sudah menyelesaikan lembar tugas mewarnainya dan jika sudah ada penjepit jemuran dibajunya maka anak tersebut diperbolehkan untuk melakukan aktivitas lainnya seperti bermain lilin. Melalui kegiatan ini kita dapat mengajarkan kepada anak-anak untuk dapat berkata jujur karena jika anak tersebut belum menyelesaikan lembar tugas yang diberikan oleh guru namun ingin segera mengumpulkan tugasnya karena melihat teman-teman yang lainnya sudah selesai maka itu termasuk ke dalam perilaku tidak jujur kepada guru.

  5. Nama : jeni eka wijayanti
    Nim : 877973963
    UPBJJ : Malang
    Vdeo tersebut mengajarkan cara menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Menggunakan penjepit jemuran anak diberikan tugas dan tanggung jawab untuk untuk jujur dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

  6. nama: Huznul Wulandari
    nim : 85965356

    video ini memberikan banyak manfaat bagi saya sebagai guru. Saya akan menoba cara ini untuk melatih kejujuran anak, dengan ini anak akan terbiasa melakukan hal hal yang berkaitan denganperilaku kejujuran dengan sendirinya

  7. Nama : Neneng Fauziah
    Nim : 857274844
    Upbjj : Serang

    Video ini menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Terdapat tiga kegiatan utama: mewarnai, menggunting dan menempel, serta menghubungkan gambar dengan lambang bilangan. Kegiatan ini dirancang untuk dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan perkembangan anak. Yang paling menarik adalah penggunaan penjepit jemuran sebagai simbol atau reward sederhana. Anak yang berhasil menyelesaikan tugas dengan jujur dan tepat diberi kesempatan mengambil penjepit dan menempelkannya di bajunya. Ini memberikan penguatan positif yang konkret bagi anak, dan sangat efektif untuk mendorong perilaku jujur.

  8. Nama : Lisa Rahmahtia
    NIM : 877636747

    dalam video tersebut contoh menanamkan kejujuran pada anak saat di kelas, karena anak murid yang banyak maka guru memberikan tanda jepitan untuk menandai anak tersebut sudah menyelesaikan atau belum menyelesaikan tugasnya

  9. berikut adalah pendapat dan saran mengenai video pembelajaran dari portal Guru Pintar tentang penanaman kejujuran pada anak melalui cerita moral dan penjepit jemuran:

    Video pembelajaran dari Guru Pintar, yang berjudul “PAUD15 Melalui Penjepit Jemuran”, memberikan contoh bagaimana menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini . Video pertama menggunakan cerita bergambar, sementara video kedua menggunakan penjepit pakaian sebagai alat peraga untuk membantu anak memahami konsep kejujuran secara visual dan konkret.
    Penggunaan penjepit jemuran sebagai alat peraga adalah cara yang sederhana namun efektif untuk mengajarkan konsep abstrak seperti kejujuran kepada anak-anak.

  10. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama:Andina putri
    Nim:855899717
    Upbjj:Ut Banda aceh
    ‘’ Melalui Penjepit Jemuran pada anak usia dini’’
    Penggunaan penjepit jemuran untuk menanamkan sifat kejujuran: Anak-anak diajarkan untuk menyelesaikan tugas terlebih dahulu, kemudian sebagai bentuk penghargaan atau reward, mereka diperbolehkan mengambil penjepit jemuran dan menjepitnya pada benda tertentu, misalnya jilbab. Proses ini membantu anak memahami konsep kejujuran dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.
    Pengembangan motorik halus: Aktivitas menjepit jemuran melibatkan penggunaan otot-otot kecil di tangan dan jari, sehingga dapat menguatkan koordinasi mata dan tangan serta meningkatkan keterampilan motorik halus yang penting untuk aktivitas sehari-hari seperti menulis, makan, dan berpakaian sendiri.

Leave a Reply