silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Assalamualaikum.
Nama : Nur Anisah Arisis Salam
Dari vidio diatas, saya menemukan hal baru dan unik dalam menangani kejujuran pada anak.
Tapi jika saya menggunakan penjempit pada anak di sekolah yang saya ampu, mungkin sudah hilang entah kemana penjepitnya, di karnakan anak di tempat saya mengajar sedikit aktik.
Dan alternatif yang saya gunakan adalah dengan memberikan cap bintang di tangan anak.
Tapi seklai lagi untuk vidio di atas saya sangat apresiasi sekali karna jujur saya baru mengetahui cara kreatif seperti itu.
Nama : Verinta Adelia Putri
Nim : 858979529
Judul : Melalui Penjepit Jemuran
Dari video tersebut saya memperoleh informasi untuk menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran yaitu sebagai :
1. Melalui memberikan tugas mewarnai pada tiap anak dan jika selesai anak bisa langsung menjepit hasil karyanya, karena biasanya anak ada yang bilang telah selesai namun ternyata belum, dengan melalui menjepit hasil karya maka guru dapat lebih jelas dalam melihat hasil karya anak dan anak tidak dapat berbohong.
Adapun langkah-langkah untuk melakukan perlombaan sebagai berikut:
1. Memberikan pertanyaan dan memancing pola pikir kritis anak dan memberikan kata motivasi serta apresiasi pada anak.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa video tersebut sangat bermanfaat dan inspiratif untuk seorang guru dalam memberikan teknik pembelajaran kejujuran tanpa anak sadari sendiri, sehingga nilai kejujuran selalu melekat pada tiap anak.
NAMA : NURFATMAWATI
NIM : 856108331
UPBJJ : BATAM
JUDUL VIDEO : MELALUI PENJEPIT JEMURAN
Pada video terlihat guru memberikan tugas kepada siswanya dan memberikan instruksi apabila anak telah selesai bisa langsung dikumpulkan pada ibu guru. Dalam proses pembelajaran ini kita bisa melatih kejujuran anak, apakah anak benar-benar menyelesaikan tugasnya atau belum. Jika anak telah selesai mengerjakan tugasnya hingga selesai, guru akan memberikan penjepit pakaian. Cara ini cukup sederhana tapi bisa membuat anak belajar displin dan taat aturan.
Nama: AQILLAH WAHYU AZIZAH
Nim: 860138342
Judul: Melalui penjepit jemuran
Video diatas berisikan tentang video pembelajaran menanamkan nilai kejujuran pada anak paud dari guru pintar UT. Isi dalam video tersebut guru menanamkan sikap disiplin dan taat aturan kepada anak melalui perlombaan. Dalam video tersebut sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam mengejar anak didik. Terimakasih
Nama: Nadia putri sasmita
Nim: 878197384
dalam video berjudul “melalui penjepit jemuran” guru menanamkan kejujuran pada anak melalui penjepit jemuran dimana guru mengatakan kepada anak harus jujur apabila sudah menyelesaikan tugasnya dan sebaliknya apabilabbelum selesai menyelesaikan tugasnya anak diminta untuk terus terang dengan penggunaan stiker serta memberikan semangat, arahan dan penguatan pada anak
NAMA : SILFIA ISANDANY
NIM: 856303469
Dalm vidio menerapkan nilai kejujuran pada AUD melalui penjepit jemuran yaitu menekankan nilai kejujuran pada anak. dalam vidio diatas terlihat guru memberikan tugas mewarnai kepada anak .penjepit jemuran digunaka guru sebagai alat bantu dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini.dengan menggunakan penjepit jemuran , anak dapat belajar tentang konsep “jujur” melalui permainan dan aktivitas sehari-hari.
Nama: Angelia Kartika
NIM:
Matkul: PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Menurut saya, ya, sangat perlu dan bermanfaat sekali video-video pembelajaran semacam ini bagi guru-guru PAUD/TK. karena: Video ini –sangat perlu dan bermanfaat.
-Menunjukkan cara mengajar yang praktis di kelas.
-Topiknya (kejujuran) krusial untuk anak usia dini.
-Memberi ide dan inspirasi metode pengajaran.
-Mudah diakses online kapan saja sebagai referensi.
Saran dan masukan dari saya:
-Variasi Metode Bercerita: Video sudah menunjukkan pakai buku bergambar. Akan lebih bagus kalau ditambahkan contoh metode lain yang juga menarik untuk PAUD, misalnya pakai boneka tangan, flannel board, atau drama sederhana yang dimainkan guru.
-Fokus ke Ketiga Langkah: Tadi ada teks tentang Knowing, Loving, Acting the goodness. Akan lebih baik kalau video ini lebih jelas menunjukkan bagaimana tahapan Loving (membuat anak merasakan/cinta kebaikan) dan Acting (membuat anak melakukan perbuatan baik) itu diimplementasikan setelah cerita. Misalnya, ada cuplikan anak bermain peran tentang jujur, atau ada kegiatan refleksi yang lebih terstruktur.
-Kualitas Audio: Terkadang suara pembicara (atau anak-anak) kurang jernih. Peningkatan kualitas audio bisa membantu penonton menyerap informasi dengan lebih baik.
Sekian dari saya trimakasih 🙂
Nama : Siti Hairati
Nim : 858326651
Video berjudul ” Melalui penjepit jemuran ”
Dengan video ini bertambah satu ilmu yaitu manfaatkan penjepit jemuran untuk anak PAUD. Penjepit jemuran berpungsi untuk menanamkan kejujuran untuk anak PAUD. Disekolah TK berbagai cara guru untuk menanamkan kejujuran bagi anak, agar anak terbiasa melakukan sifat jujur dan disiplin.
Terimakasih
Nama: PERIDA
Nim: 858195963
dalam video berjudul “melalui penjepit jemuran” guru menanamkan kejujuran pada anak melalui penjepit jemuran dimana guru mengatakan kepada anak harus jujur apabila sudah menyelesaikan tugasnya dan sebaliknya apabilabbelum selesai menyelesaikan tugasnya anak diminta untuk terus terang dengan penggunaan stiker serta memberikan semangat, arahan dan penguatan pada anak
Nama: rosita ningsih
Nim: 856099984
Upbjj: medan
Judul video: melalui penjepit jemuran
Dengan melihat video tersebut kita dapat mengetahui sangat pentingnya menanamkan nilai nilai kejujuran kepada anak didik kita. Dengan menggunakan metode penjepit jemuran untuk anak yang sudah menyiapkan tugas sangat efektif untuk menanamkan sikap kejujuran. Anak didik belajar bertanggung jawab atas tugas yang diberikan dan penjepit jemuran dapat menjadi sebuah penghargaan yang menyenangkan untuk anak, memotivasi anak didik untuk berkata jujur dan menyelesaikan tugasnya dengan sungguh sungguh