silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
NAMA : FEBRILIYA
NIM : 858984617
Menurut saya video di atas sangat bermanfaat nggeh,karna dgn melalui penjepit jemuran dimana anak anak di latih untuk berperilaku jujur,kegiatan sederhana itu membiasakan anak untuk belajar yg tertib dan menanamkan perilaku jujur.
nama : SHAUVI ZAHRAH
NIM : 856297104
Dari vidio penjepit jemuran mengajarkan anak untuk jujur dalam melakukan tugas disekolahnya, maka dari itu akan berdampak baik kedepannya anak yang sudah terbiasa bertanggung jawab.
trima kasih
Menamkan kejujuran pada anak dengan penjepit jemuran menurut saya video ini bermanfaat kecuali ada anak yang kadang usil yaitu yaitu Anak A mengambil jepit tersebut tanpa sepengetahuan anak B atau Anak A menukarnya dengan anak. Kalau Saya mungkin akan menstempel pada buku anak tersebut pada bagian tugasnya yang sudah sehingga kelihatan mana yang beneran sudah mengerjakan mana yang belum.
Nama : Nurul Isnaini
NIM : 857998067
Dalam video ini jumlah anak yang cukup banyak dalam sebuah TK harus dapat mengontrol kegiatan dan tugas yang diberikan guru. Ada beberapa anak yang bohong saat belum menyelesaikan tugasnya. Dengan menggunakan penjepit dapat menanamkan disiplin dan aturan dalam perlombaan. Langkah-langkahnya sebagai berikut: guru memberikan tugas kalau belum selesai maka anak bilang belum selesai, jika sudah selesai maka anak mengambil jepitan baju untuk dijepitkan di bajunya.
nama: aghitsna rahma fadila
nim: 878189165
Menamkan kejujuran pada anak dengan penjepit jemuran menurut saya video ini bermanfaat,kecuali ada anak yang kadang usil seperti di kelas saya yaitu yaitu Anak A mengambil jepit tersebut tanpa sepengetahuan anak B atau Anak A menukarnya dengan anak. Kalau Saya mungkin akan menstempel pada buku anak tersebut pada bagian tugasnya yang sudah sehingga kelihatan mana yang beneran sudah mengerjakan mana yang belum.Sekian terima kasih
Assa;amu’alaikum wr.wb.
Nama: Rara Nolla
Nim 858198779
Komentar: Video pembelajaran tersebut dapat menamkan kejuran pada ank-anak,sangat menarik dan kreatif.Ide ini unik dan efektif dalam memberikan pemahaman tentang konsep jujur kepada anak.
• Unik dan kreatif: Penjepit jemuran adalah media yang tidak biasa dugunakan untuk pembelajaran kejujuran,sehingga membuat video ini menarik dan berbeda.
• Efektif untuk anak usia dini: Anak-anak usia dini sering kali lebih mudah memahami konsep melalui visualisasi dan aktivitas yang nyata.Penjepit jemuran yang sering mereka liha di lingkungan rumah,dapat menjadi media yang mudah dipahami dan diingat.
• Mudah dipraktikkan: Konsep kejujuran dalam video tersebut bisa diterapkan dengan mudah dirumah maupun di sekolah,seperti saat anak-anak sedang bermain dengan penejpit jemuran atau saat mereka menyimpan barang-baramg mereka.
• Menumbuhkan kesadaran: Dengan menggunakan penjepit jemuran sebagai media,anak
-anak akan lebih mudah menyadari konsekuensi dari tindakan mereka.Jika mereka tidak jujur mereka akan merasakan akibatnya.
• Menarik dan interaktif: Video yang menayangkan kegiatan anak-anak yang bermain dengan penjepit jemuran dan belajar tentang kejujuran akan lebih menarik dan interaktif.
• Video tersebut menjadi sumber insipirasi bagi guru dan orang tua untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai positif pada anak-anak.Penjepit jamuran,yang sederhana dan familiar ,ternyata dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengajar kejujuran.
Nama : Ni luh sri utami dama yanti
Nim : 859045547
Alamat : UT Denpasar
Menurut saya cara menggunakan penjepit jemuran ini lumayan kreatif dalam menjaga kejujuran atau mengecek anak tersebut jujur atau tidak, namun ada hal yang ditakutkan karna pasti ada saja anak yang tidak suka melihat temannya memakai penjepit jemuran namun ia tidak, bisa saja murid tersebut merebut penjepit jemuran tersebut. terima kasih.
nama : Andini Nurissoraya
NIM : 858017617
Dengan saya menonton video tersebut, memberikan saya informasi baru yang mungkin belum pernah terlintas di pikiran saya tentang pentingnya mengajarkan kejujuran anak melalui penjepit jemuran. Semoga bisa saya terapkan juga di kelas saya. Terimakasih atas ilmu nya.
Nama : Faula Zuzin Muzahroh
NIM : 877973766
Dari video tersebut terdapat cara untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini dengan menandai anak yang telah menyelesaikan tugas dari guru agar tidak ada anak yang berbohong bahwa ia telah menyelesaikan tugas padahal belum selesai. Hal ini juga dapat membantu guru untuk mengetahui anak yang telah menyelesaikan tugasnya atau belum dan lebih fokus untuk memberikan stimulasi tambahan jika perlu.
Saran : saat terdapat anak yang ketahuan berbohong sebaiknya guru menanyakan terlebih dahulu menanyakan alasan anak berbohong dan tidak langsung menghukum ataupun menekan agar guru dapat mengetahui alasannya dan bisa membantu anak tersebut. Setelah anak jujur tentang kebohongannya berikan dorongan yang positif dan motivasi untuk bersikap jujur tanpa takut ditinggal atau dihukum.
Nama : Cinta Sari
NIM : 857641941
Setelah saya menonton video tersebut, menuut saya video tersebut sangat bermanfaat dan dapat menjadi salah satu solisi dalam menangani dan menumbuhkembangan kejujuran dalam diri anak dalam perlombaan maupun dalam kegiatan di kelas.