silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Menurut saya video ini sangat bermanfaat karena menerapkan nilai kejujuran yang dimana pada era ini banyak sekali anak anak yang suka berbohong karena takut dihukum oleh guru .
Terimakasih videonya guru ut
Semoga bisa memberikan video lebih banyak lagi🙏
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Lailatul Mufida
NIM : 877704176
Prodi : S1 PGPAUD
Jika terjadi kasus serupa dengan apa yang ada dalam vidio tersebut, guru sulit untuk mengontrol hasil kerja anak-anak dalam pembentukan di kelas. Oleh karena itu, guru mencoba dengan mengetes kejujuran pada peserta didik melalui penjepit jemuran. Dengan menjepit jemuran kita dapat menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini, selain itu kita dapat menanamkan nilai ketertiban dan keteraturan dapat diterangkan tanpa banyak bicara. Contoh di atas merupakan cara untuk menanamkan dan memenangkan perlombaan.
dari vidio di atas, kita mendapatkan manfaat, dari contoh ilustrasi di atas, bermanfaat untuk guru yang mengalami kasus yang sama dalam pembelajaran di kelas, sehingga nilai kejujuran dapat ditanamkan dalam peserta didik mulai dari anak usia dini.
Nama : Gusti Agung Ayu Indrayani
NIM : 859045561
Prodi : PGPAUD
Semester : II
UT Denpasar Kabupaten Buleleng Singaraja Bali
Setelah mencermati video pembelajaran dari portal guru pintar, saya dapat memberikan saran dan masukan sebagai berikut :
1. Kreativitas dalam pembelajaran : Video pembelajaran tersebut menunjukkan kreativitas dalam menggunakan bahan sehari-hari, seperti penjepit jemuran, untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif.
2. video ini menyajikan metode pembelajaran yang sederhana namun efektif untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab pada anak usia dini melalui aktivitas menjempit jemuran sebagai simbol penyelesaian tugas.
3. Metode ini membantu guru mengatasi kesulitan dalam mengontrol anak-anak yang banyak memastikan anak menyelesaikan tugas – tugas dengan jujur tanpa harus banyak bucara.
4. Meningkatan konsentrasi : Video tersebut dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik anak-anak melalui kegiatan memasukkan penjepit jemuran ke dalam wadah.
5. Perlu penyesuaian dengan tujuan pembelajaran : Namun, perlu dilakukan penyesuaian dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, sehingga video pembelajaran tersebut dapat lebih efektif dalam meningkatkankan.
Apakah Video Pembelajaran ini Perlu dan Bermanfaat bagi Guru PAUD/TK?
Menurut saya, video ini sangat perlu dan bermanfaat bagi guru PAUD/TK karena :
1. Mengembangkan kemampuan motorik halus : Video tersebut dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik halus anak-anak melalui penjepit jemuran ke dalam wadah.
2. Memudahkan guru dalam mengelola kelas dan memantau penyelesaian tugas anak secara efektif tanpa pengawasan ketat.
3. Membantu guru menanamkan nilai kejujuran dan disiplin sejak dini dengan cara yang mudah dipahami dan diterapkan anak.
4. Meningkatkan konsentrasi : Video tersebut dapat meningkatkan konsentrasi anak-anak melalui kegiatan yang memerlukan ketelitian dan kesabaran.
5. Mengembangkan kreativitas : Video tersebut dapat membantu mengembangkan kreativitas guru-guru PAUD/TK dalam menggunakan bahan sehari-hari untuk membuat pembelajaran menarik dan interaktif.
6. Mendorong anak belajar bertanggung jawab dan jujur terhadap tugasnya melalui permainan yang menyenangkan.
Video pembelajaran “Melalui Penjepit Jemuran” dari portal Guru Pintar merupakan media pembelajaran yang kreatif, praktis, dan sangat sesuai untuk anak usia dini. Video ini tidak hanya membantu anak mengembangkan nilai sosial dan kemandirian, tetapi juga memudahkan guru dalam mengelola pembelajaran secara efektif. Oleh karena itu, video sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh Guru PAUD/TK sebagai salah satu metode pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.
Jawaban ini berdasarkan pengamatan terhadap isi video dan relevansi dengan kebutuhan pembelajaran PAUD/TK.
Nama : Rania Nur Salsabila
NIM : 877638511
UPBJJ UT Jakarta
Prodi : PGPAUD – Semester 2
Terima kasih kepada guru pintar online yang telah memberikan video edukasi yang sangat bermanfaat untuk kami selaku mahasiswa PGPAUD. Berdasarkan tayangan diatas tentang Menanamkan Nilai Kejujuran Anak melalui Penjepit Jemuran, solusinya sangat bagus dan bermanfaat untuk saya terapkan di kelas. Namun sedikit saran dari saya untuk media penandanya, mungkin bisa diganti dengan benda-benda yang lebih lucu yang menggambarkan ciri khas anak-anak seperti jepitan rambut dengan aneka motif dan warna. Atau bisa juga dengan stiker aneka karakter.
Ni Wayan Kori Aprillia
859047107
Vidio pembelajaran Melalui Penjepit Jemuran
Video ini menunjukkan bagaimana guru menggunakan berbagai kegiatan yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan siswa untuk menanamkan nilai kejujuran. Melalui instruksi yang jelas, umpan balik yang positif, dan penggunaan stiker sebagai bentuk penghargaan, guru menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan karakter siswa.
Ringkasan Saran:
Tambahkan detail tentang setiap kegiatan dan interaksi guru-siswa. Jelaskan lebih detail tentang kejujuran dalam konteks anak usia dini. Susun sinopsis dengan urutan yang jelas dan alur yang menarik. Gunakan bahasa yang lebih formal dan perbaiki tata bahasa. Dengan melakukan perbaikan ini, sinopsis akan menjadi lebih informatif, menarik, dan efektif dalam menyampaikan pesan tentang kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini.
Nama : Tiara Puspaeni
NIM : 856341634
UPBJJ : Pangkal Pinang
video ini sangat membantu untuk menanamkan kedisiplinan pada anak dan juga dapat membantu guru untuk mencapai pembelajaran yang lebih efektif.
Nama : Andar Yuli Amiyati
NIM : 858003181
PRODI : S1 PGPAUD
Semester: 2
UPBJJ : UT YOGYAKARTA
• Video “Melalui Penjepit Jemuran”merupakan contoh yang bagus tentang bagaimana strategi pembelajaran yang sederhana dan kreatif dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai penting pada anak PAUD.Video ini sangat bermanfaat dan direkomendasikan untuk ditonton dan diimplementasikan oleh para pendidik di tingkat PAUD/TK.Alasannya:
– Metode ini sangat efektif karena sederhana mudah dipahami oleh anak PAUD, dan memberikan umpan balik langsung.
– Penggunaan penjepit jemuran sebagai alat visual sangat membantu dalam memonitor kemajuan anak-anak.
– Metode ini mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab dan kejujuran dengan cara yang menyenangkan dan tidak menghakimi.
• Saran untuk Video ini: Video dapat diperkaya dengan menunjukkan bagaimana guru dapat menangani anak-anak yang mungkin masih membutuhkan bantuan tambahan untuk menyelesaikan tugas.Strategi dukungan individual akan meningkatkan efektivitas metode ini.”
nama : apita nurcahyani
nim : 877803986
dalam vidio di atas saya belajar cara mengatasi kejujuran anak dan belajar kreatif dimulai dari hal hal sederhana dan menanamkan sifat jujur dipupuk sejak dini karena anak jujur dimulai dari kebiassan anak sejak kecil, dari vidio tersebut menangani kejujuran anak dengan cara memberikan pembelajaran sederhana
Nama: Octa berlian
Nim: 877958108
menurut pendapat saya vidio tersebut adalah contoh nyata untuk menanamkan kejujuran pada anak sejak dini Menggunakan penjepit jemuran sebagai alat pembelajaran dapat membantu anak-anak memahami konsep kejujuran dalam konteks yang lebih nyata dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.
dengan menggunakan penjepit jemuran, anak-anak dapat belajar untuk berpikir secara kritis tentang konsekuensi maupun tindakan mereka dan memahami pentingnya arti kejujuran. Menggunakan penjepit jemuran sebagai alat pembelajaran dapat membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif, sehingga anak-anak lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Dengan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, kita dapat membantu mereka mengembangkan karakter dan moral yang baik, yang akan sangat penting dalam kehidupan mereka di masa depan.
Masukan dan saran:
Video pembelajaran dari Portal Guru Pintar menyajikan materi yang lengkap dan akurat, sehingga dapat membantu guru-guru PAUD/TK dalam menyampaikan materi kepada siswa, video-video pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, karena menyajikan materi yang lengkap dan akurat, serta menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif, video pembelajaran tersebut dapat diakses secara online, sehingga dapat memudahkan guru-guru PAUD/TK dalam mengakses materi pembelajaran.
Perlukah dan Bermanfaatkah Video-Video Pembelajaran tersebut:
Video-video pembelajaran tersebut dapat membantu guru-guru PAUD/TK dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.
Nama : Rantinem
NIM : 860060639
Komentar :
Pendekatan ini sangat sederhana tapi efektif. Penggunaan penjepit jemuran sebagai simbol visual membantu guru mengelola kelas dengan lebih teratur dan mendorong anak-anak untuk bersikap jujur. Anak-anak akan terdorong untuk benar-benar menyelesaikan tugas agar mendapatkan “pengakuan” berupa penjepit tersebut, yang secara tidak langsung membentuk perilaku jujur, tertib, teratur, dan bertanggung jawab. Strategi ini juga mengurangi beban verbal guru dan meningkatkan efisiensi pemantauan dalam kelas yang ramai.
Masukan dan Saran :
1. Akan lebih baik jika video menampilkan langkah-langkah praktis atau contoh dialog guru saat memberikan penjepit, agar guru lain bisa meniru caranya.
2. Video bisa menambahkan penjelasan latar belakang mengapa metode ini dipilih dan dampaknya terhadap perilaku anak.
3. Menarik jika ditambahkan variasi penggunaan penjepit, misalnya untuk menandai antrean atau giliran, agar penggunaannya lebih luas dan fleksibel.