silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Nia Ramadani
NIM : 878229172
UT Asal: 18/ Palembang
Menurut pendapat saya video pembelajaran tersebut sangat bermanfaat dengan menyajikan kasus yang sederhana, namun efektif penggunaan jepitan jemuran sebagai simbol visual membantu guru mengelola kelas dengan lebih teratur.
anak-anak dapat belajar berpikir secara kritis tentang konsekuensi maupun tindakan mereka dan memahami pentingnya arti kejujuran. Penggunaan penjepit jemuran sebagai alat pembelajaran dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif, sehingga anak-anak lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Dengan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, kami dapat membantu mereka mengembangkan karakter dan moral yang baik, yang akan sangat penting dalam kehidupan mereka di masa depan.
Video ini juga sangat membantu para mahasiswa untuk lebih memahami konsep pembelajaran tentang menanamkan kejujuran pada anak.
NAMA: MAHIBATUL MAF’ULA
NIM: 877302385
Menurut saya pembelajaran tentang penanaman nilai-nilai kejujuran sejak usia dini melalui kegiatan penjepit jemuran tersebut sangat bagus. Dalam video tersebut guru mampu memberikan kegiatan yang menyenangkan bagi anak namun tak lupa untuk menyelipkan penanaman nilai-nilai moral anak. Apalagi dalam kondisi satu kelas yang berisi 20-25 anak kegiatan tersebut sangat membantu walaupun terkadang masih ada 1 atau 2 anak yang masih belum bisa menerapkannya.
Terimakasih
assalamualaikum wr wb
nama : Lisa indriani
NIM : 856344489
dari video ini sangat membantu sekali, Video ini menunjukkan bagaimana guru menggunakan berbagai kegiatan yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan siswa untuk menanamkan nilai kejujuran. Melalui instruksi yang jelas, umpan balik yang positif, dan penggunaan stiker sebagai bentuk penghargaan, guru menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan karakter siswa.
Video ini merupakan contoh yang sangat inspiratif bagi guru PAUD untuk menggunakan alat sederhana secara kreatif dalam pembelajaran. Isi video ini membantu saya memahami bahwa yang terpenting bukan seberapa mahal medianya, tapi seberapa efektif alat tersebut digunakan untuk merangsang perkembangan anak secara menyenangkan dan bermakna. Dan dari video tersebut bisa mengembangkan kemampuan anak dan menanamkan nilai kejujuran.
Nama : Elisabeth Sarisetyawati
NIM: 877641907
UPBJJ: UT Jakarta
Setelah saya mencermati video pembelajaran dari portal Guru Pintar yang berjudul “Melalui Penjepit Jemuran”, saya merasa bahwa video ini sangat menarik dan bermanfaat, terutama untuk guru-guru PAUD dan TK. Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat mengajarkan nilai kejujuran kepada anak-anak usia dini melalui kegiatan yang sederhana, menyenangkan, dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Kegiatan yang ditampilkan dalam video seperti mewarnai, menggunting dan menempel, menghitung gambar, serta membuat karya dengan bahan sederhana seperti tepung terigu, merupakan kegiatan yang sangat cocok untuk anak-anak usia dini. Anak-anak tidak hanya belajar keterampilan motorik, warna, dan angka, tetapi juga belajar berperilaku jujur yaitu dengan mengaku secara terbuka apakah mereka sudah menyelesaikan tugas atau belum. Yang menarik, guru memberikan penguatan positif melalui penjepit jemuran. Anak-anak yang sudah menyelesaikan tugas dengan jujur boleh mengambil penjepit dan menempelkannya di baju mereka. Ini adalah bentuk penghargaan sederhana yang menyenangkan bagi anak, tanpa harus menggunakan hadiah mahal. Cara ini efektif karena anak merasa dihargai dan termotivasi untuk bersikap jujur. Menurut saya, video-video pembelajaran seperti ini sangat perlu dan sangat bermanfaat untuk guru-guru PAUD dan TK. Banyak guru yang masih bingung bagaimana cara mengajarkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran kepada anak-anak. Melalui contoh langsung seperti dalam video ini, guru bisa mendapat inspirasi nyata, melihat langsung bagaimana cara menyusun kegiatan, memberi instruksi kepada anak, dan membangun suasana belajar yang positif. Selain itu, video seperti ini juga bisa meningkatkan kreativitas guru dalam mengembangkan kegiatan belajar. Kita bisa menyesuaikan atau memodifikasi kegiatan sesuai kebutuhan anak di kelas masing-masing. Sebagai saran, semoga kedepannya portal Guru Pintar terus menyajikan video-video pembelajaran yang lebih variatif, dengan topik karakter lainnya seperti tanggung jawab, kerja sama, atau kepedulian. Selain itu, akan lebih baik jika ada penjelasan singkat di akhir video tentang tujuan pembelajaran dan manfaat kegiatan yang dilakukan, agar guru semakin paham makna di balik aktivitas tersebut. Secara keseluruhan, saya merasa video ini sangat membantu dan layak untuk dijadikan contoh praktik baik dalam pembelajaran PAUD. Saya pribadi mendapatkan banyak ide dari video ini yang bisa saya terapkan di kelas untuk menanamkan nilai kejujuran secara menyenangkan.
Nama: cahya fatonah
Nim:877683832
Penjepit jemuran
Menanamkan disiplin dan nilai kejujuran melalui perlombaan untuk menangani banyak anak merupakan hal kreatif yang di lakukan pada video ini. Hal ini sangat bermanfaat dan mampu membangunkan kreatifitas pendidik baru.
SARLINDA 859179535
Tanggapan saya dari Video tersebut bahwa anak-anak yang diberikan motivasi untuk berkata dan bertindak jujur maka akan diberikan reward. Dari video tersebut menginspirasi saya bahwa mengapresiasi nilai kejujuran pada anak sangat penting dilakukan, selama ini saya disekolah kurang mengapresiasi anak-anak yang menjunjung nilai kejujuran. Perlakuan tersebut mungkin terlihat sepele namun berdampak besar bagi perkembangan nilai moral anak.
Nama : Herawati Rasyid
Nim: 858434299
Pokjar : Samarinda
Menurut tanggapan saya video tersebut sangat memberi inspirasi kepada guru guru PAUD yang ada di Indonesia terkhusus saya pribadi dalam memberikan semangat dan menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini. Dengan memberikan reward berupa penjepit baju anak-anak kelihatan sangat bahagia ini adalah moment kejujuran yang patut di banggakan dan di apresiasikan oleh pendidik kepada anak didiknya. Terima kasih sudah menginspirasi, salam sehat untuk semua.
Nama : Nurul Utami
NIM : 877683216
Setelah saya melihat video di atas menurut syaa sangat inspirtif dan mengaperesiasi saya untuk mencoba mempraktekkan kepada anak didik saya bagaimana mengetahui tingkat kejujuran pada anak. Melalui alat dan bahan yang sederhana dan menyenangkan selain belajar untuk jujur anak juga belajar untuk bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya. Terimakasih
Nabila Dwi Fadilah
Nim: 856666552
Video tersebut sangat bermanfaat bagi guru. Video tersebut menjelaskan bagaimana guru mengajarkan nilai-nilai kejujuran kepada anak usia dini dan video tersebut bisa mengembangkan kemampuan anak untuk menanam nilai kejujuran dalam dirinya.