silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Izzatul Aufa
NIM : 858332702
UT Banjarmasin
Menurut saya dari video “Menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran” yang dijepitkan kepakaian anak yang sudah menyelesaikan kegiatannya sama halnya dengan pemberian bintang/pujian/hadiah kepada anak, sehingga anak akan merasa termotivasi untuk segera menyelesaikan kegiatan, namun sebaiknya hal yang seperti ini jangan terlalu sering dilakukan kepada anak karena menurut saya takutnya nanti anak akan melakukan kegiatan jika ada hadiah atau sesuatu saja yang diberikan/ didapatkannya setelah melakukan kegiatan, apalagi sampai anak berkata “aku mau melakukan itu tapi kasih sesuatu ya”
Nama : Vela Nuryanti
NIM : 858197713
UPBJJ : Palangkaraya
Setelah menonton Vidio diatas menurut saya kegiatan tersebut sangat kreatif dan perlu untuk diterapkan dikelas, dalam setiap kegiatan pembelajaran dikelas guru selalu menerapkan nilai-nilai kejujuran kepada anak, agar anak-anak akan lebih mudah dipercaya, dapat membangun kepercayaan diri, dan memiliki rasa tanggung jawab. Hal ini juga dapat diterapkan oleh anak dalam kehidupan sehari-hari.
Nama : Nur Azizah
NIM :858004327
Video tersebut menarik karena memberikan contoh bagaimana menanamkan kejujuran pada anak dan memberikan apresiasi kepada anak yang sudak berperilaku jujur
Nama: RIZKI AGUSTIYA
Nim : 877683603
Melalui Penjepit Jemuran
Manfaat dari vidio tersebut yaitu kita dapat ilmu baru bagaimana melatih kejujuran anak dengan benda/ penjepit jemuran tanpa menggunakan benda / media yang mahal. Hal ini juga dapat membangun semangat dan motimasi anak untuk terus belajar.
SARAN: Pemberian hadiah pada anak jangan sering dilakukan agar anak termotivasi kejujuran dengan murni tanpa mengharap imbalan.
Nama Asmawati
NIM 857268374
megunakan penjepit kertas untuk menandai tugas yang telah selesai di kerjakan oleh anak merupakan metode yang sangat efektif untuk mendorong anak beriskap jujur dalam menyelesikan tugasnya.
nama : lailatul nikmah
UPBJJ UT-Surabaya
setelah saya melihat video ini, menurut saya video ini sangat bermanfaat buat guru PAUD sekalian untuk menanamkan sifat jujur kepada murid dengan menggunakan sebuah metode yang menarik dan sederhana untuk dilakukan, mulai dari memberikan tugas mewarnai, menggunting, membuat gambar dari bahan sederhana, seperti malam yang mana aktivitas ini menyenangkan untuk anak-anak. dan untuk anak yang sudah selesai dikasih reward oleh guru yang mana itu dapat meningkatkan semangat kepada anak menimbulkan rasa kejujuran dari anak itu.
Nama : WINDA LUXTIANI
NIM. : 877973917
Video ini menunjukkan metode kreatif dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini.Guru memberikan tugas kepada anak-anak dan meminta mereka untuk menyelesaikannya dengan baik. Setelah tugas selesai, anak yang jujur akan mengakui dan diberikan penjepit jemuran sebagai tanda bahwa mereka telah menyelesaikan tugas dengan jujur. Pendekatan ini efektif karena menggunakan alat sederhana yang familiar bagi anak-anak -anak, sehingga mereka lebih mudah memahami dan menerapkan nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
Sarannya selain penjepit jemuran, bisa dipertimbangkan untuk memberikan variasi penghargaan seperti stiker atau pujian verbal agar anak-anak tidak merasa bosan dan tetap termotivasi.
Nama : SITI MAMNU’AH
NIM : 877961414
mohon maaf, izin berkomentar dan mejawab
Video pembelajaran “Melalui Penjepit Jemuran” memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan PAUD/TK. Meskipun masih ada aspek yang perlu diperbaiki, konsep dasarnya sangat solid dan aplikatif. Video seperti ini sangat diperlukan untuk mendukung profesionalisme guru PAUD/TK dan meningkatkan kualitas pembelajaran karakter pada anak usia dini.
Dengan perbaikan dan pengembangan yang tepat, metode ini dapat menjadi salah satu best practice dalam penanaman nilai kejujuran pada anak usia dini.
karena dalam vidio ini memberikan suatu ide yang konkret yang langsung bisa diterapkan dengan alat sederhana yang mudah didapat
Assalamualaikum. wr. wb
Nama : Sry Asmawati Sitompul
NIM : 856524678
UPBJJ: Pekanbaru (PGPAUD Semester 2)
Judul video : Menanamkan kejujuran pada anak melalui penjepit jemuran.
Komentar : Pada video tersebut menggambarkan dengan jumlah anak yang cukup banyak dikelas dengan jumlah guru yang minim biasanya dapat membuat anak tidak fokus saat menyelesaikam tugasnya dan ada anak yang sering tidak jujur dengan mengatakan tugas miliknya sudah selesai kepada padahal nyatanya belum karena guru tidak dapat memperhatikan setiap waktu saat proses belajar anak berlangsung terhadap anak satu persatu.
Kritik : Pada video tersebut, penjelasan dalam volume suara kurang jelas karena tersamarkan oleh suaraa video pembelajaran dikelas. Edukasi tentang jepit jemuran sebagai penanda anak yang sudah melakukan kegiatan dengan selesai, kadang masih belum efisien dikarenakan jepit jemuran masih bisa dilepas atau diberikan kepada teman yang lain sehingga masih kurang efektif sebagai penanda terhadap anak yang melakukkan sikap baik dan yang belum.
Saran : Sebaiknya video edukasi selanjutnya lebih memiliki persiapan lagi dalam pengaturan suara, guru dapat melakukan kegiatan lebih kreatif lagi yang dapat membuat anak tertarik untuk menerapkan sikap kejujuran saat dikelas maupun di luar kelas.
Assalamualaikum wr.wb
Izin menyampaikan pendapat, “melalui jepitan jemuran” menurut saya hal tersebut sangat bermanfaat dapat menumbuhkan sikap kejujuran anak serta dapat bertanggung jawab atas tugasnya dilembaga saya pun sama kami memberikan reward dengan cara memberikan bintang bagi anak-anak yang sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik dan jujur, karena hal tersebut anak-anak menjadi semangat dalam menyelesaikan tugasnya serta bersemangat untuk mendapatkan bintang yang diberikan bu guru.