silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

    Bapak/Ibu Dosen dan teman-teman semua,

    Setelah mencermati video pembelajaran dari portal Guru Pintar Online, saya ingin berbagi beberapa hal terkait konten, masukan, serta relevansinya bagi pengembangan kompetensi guru PAUD/TK.

    Judul Video yang Dipelajari
    Judul video yang saya pelajari dari portal Guru Pintar Online adalah:

    “Menanamkan Kejujuran pada Anak Melalui Penggunaan Penjepit Jemuran”
    Masukan dan Saran tentang Video Pembelajaran
    Secara umum, saya menilai video ini sangat praktis dan inspiratif untuk diterapkan di kelas. Penggunaan penjepit jemuran sebagai alat visual untuk kejujuran adalah ide yang sederhana namun efektif dan mudah ditiru.

    Beberapa masukan dan saran saya:

    Kejelasan Konsep: Video ini berhasil menjelaskan konsep kejujuran dengan cara yang mudah dipahami anak usia dini melalui contoh kegiatan sehari-hari.
    Relevansi Kegiatan: Kegiatan mewarnai, menggunting, menempel, dan berhitung yang dikaitkan dengan kejujuran sangat relevan dengan aktivitas di PAUD/TK.
    Potensi Pengembangan: Akan lebih baik jika ada sedikit variasi lain selain penjepit jemuran sebagai penanda kejujuran, misalnya sistem bintang atau bentuk stiker yang berbeda, untuk menjaga antusiasme anak dalam jangka panjang.
    Kualitas Visual dan Audio: Pastikan kualitas visual dan audio video selalu optimal agar pesan tersampaikan dengan baik.
    Manfaat Video Pembelajaran bagi Guru PAUD/TK
    Menurut saya, video-video pembelajaran seperti ini sangat perlu dan bermanfaat besar bagi saya pribadi dan guru-guru PAUD/TK lainnya. Mengapa?

    Panduan Praktis yang Mudah Diterapkan: Video ini menawarkan ide konkret dan mudah diaplikasikan di kelas dengan alat-alat sederhana. Ini sangat membantu guru yang mungkin mencari metode inovatif untuk mengajarkan nilai moral.
    Meningkatkan Kompetensi dalam Pembentukan Karakter: Kejujuran adalah pondasi karakter anak. Video ini memberikan strategi efektif bagaimana menanamkan nilai tersebut sejak dini, yang merupakan bagian esensial dari tugas guru PAUD/TK.
    Menginspirasi Kreativitas Guru: Melihat bagaimana ide sederhana seperti penjepit jemuran bisa digunakan untuk pembelajaran moral akan memicu kreativitas guru lain untuk mengembangkan metode serupa dalam mengajarkan nilai-nilai lain.
    Efisiensi Waktu dan Sumber Daya: Guru bisa belajar secara mandiri kapan saja tanpa harus mengikuti pelatihan formal yang memakan waktu dan biaya. Ini sangat membantu di tengah keterbatasan sumber daya.
    Relevansi dengan Perkembangan Anak: Metode yang digunakan dalam video sangat sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini yang belajar melalui aktivitas langsung dan visual.
    Singkatnya, video ini adalah sumber belajar yang berharga yang mendukung peningkatan kualitas guru PAUD/TK dalam menanamkan nilai-nilai karakter esensial seperti kejujuran, dengan cara yang praktis, efektif, dan sesuai dengan dunia anak.

    Terima kasih.

    Salam,
    ALFIA IKA LISTIANA

  2. NAMA: SITI SURIYANNI
    NIM : 855902127
    Assalamu’alaikum
    Izin menanggapi

    kegiatan menggunakan penjepit jemuran berpotensi menjadi alat yang efektif untuk menanamkan kejujuran pada anak PAUD, tetapi membutuhkan perencanaan yang matang, penerapan yang konsisten, dan pendekatan yang suportif dan positif agar tidak menimbulkan efek negatif. Yang paling penting adalah menghubungkan kegiatan ini dengan pembahasan nilai kejujuran secara sederhana dan membangun pemahaman yang mendalam pada anak.
    Video ini sangat bagus dan sangat banyak memberikan saya pemahaman yang lebih baik.
    Terimakasih

  3. Video yang di tampilkan sangat bermanfaat bagi kita untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak sejak dini.

  4. Nama : Aulia Agistianik Dianika
    Nim. : 877703848

    Video sangat bermanfaat bagi para guru untuk menanamkan nilai kejujuran pada kelas yang jumlah siswanya cukup banyak. Melalui penjepit jemuran guru dapat mengembangkan kreativitas dan menarik minat anak untuk mendapatkan jepitan itu. Dengan diberikan jepitan guru juga bisa membedakan anak anak yang sudah menyelesaikan tugas dan yang belum. Anak anak dilatih sejak dini untuk senantiasa berkata jujur tanpa harus berbohong

  5. Assallamu’alaikum
    Nama : Rahmah Rusdini
    NIM : 877668768

    video tersebut sangat menarik dan menginspirasi bahwa dengan hal yang sederhana ( penjepit jemuran ) menjadikan pembelajaran penuh makna ( mengajarkan anak untuk selalu bersikap jujur, disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugasnya).

  6. Assalamungalaikum wr.wb
    Nama : Yuli Paryani
    NIm: 857646102

    Ijin mengomentari video diaas dengan judul
    “Menanamkan Kejujuran Pada Anak Melalui Penggunaan Penjepit Jemuran”

    Anak tidak mengerjakan 3 pekerjaan yang menjadi kewajibannya, dan guru sulit mengontrolnya., mengingat jumlah anak yang cukup banyak.
    Bagaimana solusinya?
    Guru memberikan arahan kepada siswa yang sudah selesai dikumpulkan di bu guru, yang belum selesai jangan bilang sudah selesai, itu namanya berbohong ya.
    Guru memberikan arahan tentang tugas yang diberikan kepada siswa.
    Guru memberikan reward dengan ucapan “hebat” kepada anak yang sudah selesai mengerjakan.

    Agar guru dapat mengetahui kejujuran anak dalam mengerjakan tugas nya dengan cara menggunakan penjepit jemuran ditempel di baju siswa yang sudah mengumpulkan tugasnya, dengan ini dapat meningkatkan kejujuran dan kedisiplinan anak.

    Wassalamungalaikum wr.wb

  7. Nama : FERLIANA DESFIAN RAHMADANY
    NIM : 878188568

    Video diatas sangat menginspirasi bagi kami yang masih belajar ini, dengan demikian kami dapat menerapkan cara diatas untuk membantu anak berbuat jujur atas dirinya sendiri dan orang lain.

  8. Nama: Sayidah Nurul Fauzianah Wahidiyah
    Nim: 877975698
    Video ini menjelaskan pentingnya menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD sejak dini. Saya suka bagaimana narasumber menjelaskan kejujuran secara sederhana dan memberikan beberapa contoh perilaku yang bisa dilakukan guru untuk mendukungnya. Gaya penyampaian juga cukup tenang dan mudah dipahami.

  9. Nama : Erny yulentini Bara
    Nim : 859330235

    Video di atas sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam keseharian di kelas. Dengan hal sederhana melalui penjepit jemuran dapat menjadikan anak belajar untuk menjunjung tinggi sikap jujur, disiplin dan bertanggung jawab atas hasil yang anak kerjakan.

  10. NAMA: ERIKA YULIANA ANGDOYO
    NIM : 858987493
    Izin menanggapi

    Menurut saya pembelajaran kejujuran dengan media penjepit baju bagus untuk kondisi kelas tidak lebih dari 10 anak, karena ketika jumlah anak di kelas lebih dari 10, pengawasan kita sebagai guru akan terbagi lagi ketika adanya penjepit pada anak. Hal yang di khawatirkan adalah ketika anak menggunakan penjepit dan melukai teman.
    Dan masih memungkinkan teknik ini digunakan di kelas yang jumlah anak yang banyak, dengan cara dari awal masuk sekolah guru wajib konsisten dengan aturan kelas. Meskipun pemberian penjepit dalam menanamkan sikap jujur terlihat hal yang sederhana, bisa saja menjadi berbahaya jika disalahgunakan oleh anak, apalagi anak usia dini.

Leave a Reply