silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Farah Diba Rumondang Lubis
NIM : 856090773
Saya sangat setuju dengan video pembelajaran seperti yang dibuat ibu guru tersebut. Dimana video tersebut mengajarkan tentang nilai-nilai kejujuran melalui cerita moral. Kita dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran terhadap anak-anak dengan melakukan hal yang dilakukan seperti didalam video diatas. Penanaman kejujuran sangat penting dilakukan sejak dini agar anak-anak memiliki sifat jujur didalam dirinya.
Menurut saya dalam vidio tersebut, ibu guru sangat kreatif untuk memberikan penilaian atau penghargaan terkait kejujuran kepada anak. Dengan begitu anak merasa senang dan dihargai atas kejujuran dan usaha yang ia lakukan dalam menyelesaikan tugas. Karena kejujuran adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita dalam hal ini anak- anak untuk latihan bersikap jujur dari sejak dini dan bisa menerapkannya sampai masa dewasa. Oleh karena itu, kita sebagai orang dewasa(guru) harus menanamkan pembiasaan berlaku dan berkata jujur sehingga anak- anak akan terbiasa bersikap jujur.
Nama : Ana Yuni Puspika Sari
Nim : 857767427
Prodi : PG PAUD
Setelah melihat video tersebut. Menurut saya menanamkan nilai kejujuran moral memang harus diajarkan sejak dini. Dimana dari usia dini anak-anak akan belajar dari hal yang terkecil.Sehingga akan terbiasa atau terlatih untuk melakukan kejujuran tersebut sampai ia dewasa.
Selain itu kita juga bisa memberikan reward atau pujian terhadap anak yang sudah jujur. Dimana dengan reward atau pujian itu bisa menstimulasiyang lainnya untuk melakukan kejujuran.
Trimakasih
Assalamu alaikum wr.wb.
Nama : Wulan Tini
NIM : 857523307
PRODI : PG PAUD
berdasarkan pengamatann saya video yang berjudul “melalui penjepit jemuran” menginspirasi saya dalam menanamkan sikap jujur pada anak. ketika anak dalam satu kelas berjumlah diatas 15 orang dengan 1 orang guru dan 3 kegiatan main maka diperlukan teknik untuk memastikan anak menyelesaikan tugasnya dengan baik (bertanggung jawab). pendidik dapat menanamkan nilai kejujuran dengan membiasakan anak untuk berkata jujur, tidak bohong dengan mengatakan yang sebenarnya ( tuganya selesau atau belum). apabila anak sudah selesai maka anak dapat menjepitkan penjepit jemuran dipakainnya. anak yang dapat menyelesaikan 3 kegiatan maka terdapat 3 jepitan jemuran dipakaiannya. anak akan terbiasa bertindak jujur menjepit jemuran dengan jumlah yang sesuai dengan tugas yang berhasil dikerjakannya. sedangkan pengalaman di sekolah saya dalam menanamkan kejujuran adalah dengan membuat KOTAK KEJUJURAN dimana anak yang menemukan barang seperti uang, pensil, penghapus, kaos kaki, kerudung, topi, mainan atau benda lainnya yang tidak beridentitas maka anak menyimpannya di KOTAK KEJUJURAN. pendidik kemudian memeriksa KOTAK KEJUJURAN di akhir kegiatan sambil mengumumkan barang siapa saja yang ada di KOTAK KEJUJURAN dan memberikan apresiasi berupa kata pujian atau stiker bintang kepada anak yang Jujur menyimpan barang milik orang lain di KOTAK KEJUJURAN. dengan pembiasaan seperti itu diharapkan anak anak terbiasa mengembalikan barang milik orang lain.
Nama: Ari Maharani
Nim : 859872817
Prodi: PG paud
Menurut saya menanamkan nilai kejujuran sejak dini itu sangat penting karena sehingga nanti terbiasa sampai dewasa. Selain itu jika ada seorang anak yang jujur kita harus memberikan pujian kepadanya supaya dia mengerti bahwasanya mana perilaku yang jujur Mana yang tidak
nama: Anis Sa’adah
NIM : 857749371
Prodi : S1 PAUD BI
dalam video tersebut sudah baik dalam mengatasi permasalahan dikelas dengan siswa yang banyak, guru sudah baik dalam mengkondisikan kelas. guru terlebih dahulu menjelaskan kegiatan main dan peraturan kelas, anak diberikan 3 kegiatan sesuai dengan tema yang membangun sikap kreatif, motorik, sosial emosioanal, kognitif dan bahasa anak, guru juga membangun sikap kejujuran pada saat kegiatan. dimana sikap ini fondasi anak dalam bersosial. dengan adanya guru memberikan penjepit jemuran pada siswa yang sudah menyelesaikan tugas, secara tidak langsung guru memberikan motivasi kepada anak-anak untuk dapat menyelesaikan kegiatannya tepat pada waktunya atau kedisiplinan, anak-anak yang belum selesai akan bersemangat mengerjakan tugasnya saat melihat temannya yang sudah selesai. dengan menerapkan nilai kejujuran dengan memberikan penjepit jemuran pada anak akan menciptakan pembiasaan yang baik bagi anak, anak akan terbiasa bersikap jujur dalam kesehariannya.
Dari video diatas dapat kita ketahui bahwa kejujuran harus ditanamkan sejak dini, sangat menarik ketika kita melihat ibu guru memberikan semacam reward untuk anak yang sudah bersikap jujur sudah menyelesaikan kegiatannya. dengan adanya sikap jujur yang ditanamkan kepada anak sejak dini itu akan terbawa sampai pada saat anak sudah dewasa.
dari video diatas dapat kita lihat bahwa menanamkan kejujuran sejak dini itu sangat penting, hal menarik yang dapat kita lihat yaitu pada saat ibu guru memberikan semacam reward untuk anak yang sudah jujur dalam mengerjakan tugas dengan baik. kejujuran yang ditanamkan sejak dini akan terbawa ketika anak sudah dewasa.
NAMA : EVI SUTRIANINGSIH
NIM : 858742697
Saya telah menganalisis video tersebut :
Judul Video : Seri Menanamkan Nilai Kejujuran pada Anak Paud “Melalui
Penjepit Jemuran”
Nama Pengembang : Megawati Simanjutak, SP., M. Si (Guru Pintar Online FKIP UT)
Ringkasan Materi :
Dalam video tersebut guru ingin melatih kejujuran anak dengan menggunakan penjepit jemuran. Bagi anak yang sudah selesai mengerjakan bisa mengambil penjepit jemuran dan di letakkan di baju.
Mungkin ada anak yang tidak tuntas dalam mengerjakan pekerjaan yang menjadi kewajibannya sehingga guru sulit mengontrol.
Guru sulit mengecek apakah pekerjaan anak tuntas atau belum karena jumlah anak didik yang banyak.
Sehingga guru berinisiasi menggunakan penjepit jemuran untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini dan melatih ketertiban anak tanpa banyak bicara.
Dari Vidio diatas kita bisa mengambil pelajaran bahwa menanamkan kejujuran kepada anak” sejak dini itu sangat penting.karena kejujuran merupakan nilai kehidupan yg mendasar dalam kehidupan dan penanaman kejujuran di usia dini itu akan mudah diserap oleh anak dan ditanamkan kedalam diri anak sehingga akan menjadi sebuah kebiasaan yg baik bagi anak .jika kejujuran sudah melekat dan menjadi kebiasaan yg baik maka akan bermanfaat buat anak tersebut ketika dia dewasa diantaranya dia akan dipercaya orang dan hidup dia akan tenang dan senang serta akan mendapat keridhoan dari Allah subhanallah ta’ala