silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Assalamualaikum.
    Dari tayangan video di atas adalah bagaimana cara kita menanamkan sikap yang jujur dari kecil, karena menanamkan sikap jujur dari kecil sangat penting. Dari tayangan video di atas guru sudah cukup kreatif dengan memberikan jepit jemuran warna merah bagi yang sudah mengerjakan tugas untuk mengetahui mana yg jujur dan mana anak yang tidak jujur.

  2. Nama : Lisa Herliyanti
    NIM : 857156478
    Prodi : PGPAUD – BI SMT 2

    Menanggapi berkaitan dengan video tersebut dalam hal menanamkan kejujuran pada anak, menurut pandangan saya guru sudah membuat sebuah kegiatan yang kreatif dan cukup menarik, walaupun masih ada kegiatan yang menggunakan LKA tetapi target untuk menanamkan kejujuran sudah di dapatkan yaitu dengan memberikan penjepit jemuran ketika peserta didik sudah dapat menyelesaikan pekerjaannya sampai selesai. Disamping itu, di awal sebelum kegiatan guru memberikan nasihat agar berkata yang jujur dan tidak berbohong.

    Dalam hal ini kegiatan lain yang dapat dilakukan guru untuk menanamkan kejujuran pada anak yaitu bisa dengan mendongeng baik dengan buku maupun membuat panggung boneka yang mengisahkan tentang cerita kejujuran, dll.

    Terimakasih

  3. Bismilahirrohmanirrohim…

    Judul : Menanamkan Nilai Kejujuran ” Melalui Penjepit Jemuran”

    Dalam Video tersebut yang saya amati adalah guru memberikan pemahaman kepada anak-anak untuk berkata jujur dengan cara jika sudah selesai dikumpulkan kepada guru dan jika belum selesai tidak boleh mengatakan sudah itu berarti bohong, dan guru juga mengajarkan kepada anak tentang displin, ketertipan, dan juga nilai-nilai kejujuran dengan memberikan jepitan jemuran kepada anak jika sudah selesai mengerjakan tugas. dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai kejujuran pada anak usai dini sangatlah penting, bisa dilakukan dengan cara yang paling sederhana seperti video diatas.

  4. Nama : Ummi Khairiyah
    Nim : 856094154
    Prodi : PGPAUD BI semester 1
    LKBJJ : Medan
    Judul Vidio: Melalui penjepit Jemuran oleh Megawati Simanjuntak, SP, M.Si
    Pokjar: Salut Balige

    Dari Vidio tersebut saya menyimpulkan bahwa untuk menanamkan nilai kejujuran kepada anak PAUD Seorang Guru PAUD harus menggunakan berbagai tehnik misalnya teknik penggunaan jepit jemuran seperti yang ada dalam Vidio tersebut. Tujuan teknik
    tersebut adalah kita sebagai guru PAUD tidak kewalahan mengontrol anak – anak terutama dalam jumlah anak yang banyak.
    Dengan adanya teknik Penggunaan Jemuran pakaian sederhana dengan sendirinya seorang guru sudah menanamkan kejujuran pada anak, selain itu ketertiban dan keteraturan di dalam kelas terlaksana tanpa banyak berbicara.
    Karena penting nya menanamkan kejujuran pada anak PAUD maka seorang guru harus mempunyai berbagai teknik. Sehingga anak nanti nya akan terbiasa berbuat jujur dan secara sendirinya nilai kejujuran itu akan tertanam dalam diri anak sejak usia dini.

    Terimakasih

  5. Nama : Siti Hasanah
    NIM : 857766661
    PRODI : PG PAUD BI

    Video tersebut memberikan contoh/cara tentang metode menanamkan kejujuran kepada anak sejak dini dengan media reward penjepit baju.bisa kita amati didalam video guru sbb :
    -Guru memberikan tugas mengunting gambar kupu-kupu ,kemudian mewarnainya dengan krayon ,menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya didalam LKA
    -Guru memberikan instruksi agar anak yang telah menyelesaikan tugas ,bisa mengambil penjepit baju dan menjepitkanya dibaju mereka sendiri.
    Hal tersebut adalah salah satu cara melatih kemandirian dan melatih kejujuran anak. tentu saja anak akan tertarik untuk segera mengambil penjepit baju tersebut dan anak termotivasi untuk segera menyelesaikan tugasya.saat proses penyelesaian tugas itu anak juga mampu berlatih untuk mengontrol diri mereka untuka tidak mengambil penjepit jemuran sebelum tugas selesai. penjepit jemuran juga bisa dipakai untuk apresiasi anak yang sudah selesai mengerjakan tugas.
    Adapun di sekolah kami ,Alhamdulillah kami juga sudah mempraktekkan ke anak dengan media kertas bintang tempel.

  6. Nama: Fety Arfiyani
    NIM: 857766195
    PRODI: PGPAUD BI
    Dalam video ini anak-anak dilatih untuk bersikap jujur, melalui media penjepit jemuran dengan media yang sederhana seraya bermain anak secara tidak langsung akan tertarik dan terbiasa dengan penanaman sikap jujur. Jika ada anak yang tidak mau mengerjakan karena melihat medianya yang menarik maka mereka akan tertarik dan mau mengerjakan aktivitasnya.

  7. Nama : Alvi Syukriyana (PG PAUD)
    NIM : 857767316
    Dari video di atas, kegiatan menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui pemberian jepit jemuran bagi anak yang sudah menyelesaikan kegiatan main, tergolong sangat efektif bagi anak. Hal ini dikarenakan saat anak telah menyelesaikan ragam main yang dimainkannya dan menunjukkannya kepada guru, secara otomatis guru akan memberikan jepit jemuran sebagai tanda bahwa anak itu telah mengerjakan ragam main secara tuntas. Hal ini juga akan lebih seru lagi manakala ada apresiasi dari guru berupa stiker bergambar lucu atau tanda bintang yang diberikan kepada anak yang tuntas menyelesaikan tugas. Dengan demikian, di akhir sesi bermain, guru juga bisa mempersilahkan anak untuk mempresentasikan hasil karya dan menceritakan ragam main apa sajakah yang telah diselesaikan, untuk melatih keberanian dan rasa percaya diri anak tampil / bercerita di depan teman- temannya.
    Di balik semua ini, guru juga tidak boleh melupakan hal yang paling penting yaitu rangkaian proses yang dijalani anak saat menyelesaikan tugas itu, bukan hanya melihat hasil akhirnya saja. Bagaimana cara yang ia tempuh, ada aspek apa sajakah yang berkembang saat proses itu terjadi, sikap- sikap positif apa sajakah yang muncul, juga patut kita apresiasi dan kita amati secara detail.
    Oleh sebab itulah, guru bisa menuangkan semua itu di dalam catatan anekdot atau di foto berseri yang memperlihatkan semua proses secara rinci dan gamblang.
    Karena tugas kita adalah membersamai dan mendampingi anak secara optimal agar mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai fitrahnya.

  8. Nama: Ambar Fibrianti
    Nim: 857501791
    Jurusan: PG paud
    Setelah saya melihat video tersebut maka menurut saya guru tersebut sudah mengajarkan tentang kejujuran dan secara tidak langsung guru tersebut melakukan teknik penilaian secara otentik karena penilaian otentik berbasis kinerja anak menekankan kemampuan yang menonjol dan sesuai eksplorasi anak, guru pun sangat mendukung fasilitas dalam pembelajaran anak. Adanya kolaborasi antara anak didik, guru dan staf sekolah dalam membentuk merancang pembelajaran di sekolah. Ke depannya selain jepitan mungkin ada lagi inovasi baru berupa wayang binatang, bentuk bintang agar anak semangat berbuat jujur.

  9. Nama : Laila Ulfah Muthmainnah
    Nim :857501784

    Setelah saya melihat video tersebut guru sudah melakukan kegiatan yang menanamkan tentang nilai kejujuran.
    Masih banyak yang bisa diajarkan kepada anak tentang nilai kejujuran guru harus memberikan contoh yang baik kepada anak sehingga anak mengerti hal tentang nilai kejujuran, guru juga bisa kejujuran melalui bercerita, dan menanamkan nilai-nilai agama dan pemahaman tentang nilai kejujuran jangan sampai memberikan hukuman kepada anak ketika anak tidak berkata jujur.
    Di dalam video ini guru sudah tepat melakukan cara menilai cara menanamkan nilai kejujuran dengan cara melibatkan langsung anak didik dan memberi reward melalui penjepit jemuran. Guru juga bisa membuat reward yang lain yang menarik untuk anak didik.

  10. Nama : Risa Vitriningsih
    Nim : 858407331
    Prodi : PGPAUD

    Setelah saya melihat video diatas, guru telah menanam kan nilai kejujuran dengan menggunakan penjepit jemuran sebagai tanda anak telah menyelesaikan tugas, dengan kata lain guru memberikan reward dengan memberikan penjepit jemuran. Dengan seperti ini anak akan merasa senang dan bersemangat dalam mengerjakan pembelajaran di sekolah. Kita dapat menerapkan cara ini untuk di menanamkan nilai kejujuran du sekolah kita masing-masing. Terima kasih

Leave a Reply