silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Erna Oktavianita
NIM :857234407
Prodi : FKIP PGPAUD
MK : Evaluasi Perkembangan Anak TK17 (Evaluasi Pembelajaran TK PGTK2303)
Assalamualaikum wr.wb
Mohon ijin untuk memberikan tanggapan tentang video yang berjudul “MELALUI PENJEPIT JEMURAN”.
Menanamkan kejujuran Pada anak melalui penggunaan Penjepit Jemuran Adalah suatu Tindakan yang sangat kreatif. Nilai kejujuran Adalah suatu hal yang harus di terapkan sejak usia dini. Sikap jujur yaitu suatu sikap yang lurus hati, menyatakan yang sebenar-benarnya tidak berbohong atau berkata hal-hal yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Pada video tersebut guru telah menginformasikan tentang kejujuran. Dengan 3 kegiatan Dan jumlah murid yang tidak sedikit, guru merasa kesulitan untuk mengetahui anak yang jujur Dan tidak. Oleh karena itu guru memberikan jepit Jemuran yang di jepit kan di baju anak sebagai tanda anak telah menyelesaikan tugas Dan tanggung jawab nya.
Menurut saya :Tuti Krisdayanti Zega NIm : 859875496.
Nilai kejujuran adalah salah satu hal penting yang harus kita tanamkan terhadap anak baik melalui bercerita maupun mempraktekkan hal-hal kebaikan. Sebagai seorang guru kita harus memberikan sebuah contoh kejujuran terhadap anak dan juga memberikan makna dan arti kejujuran terhadap mereka agar anak dapat mengetahui bahwa kejujuran tersebut sangat penting bagi kehidupan. Menanam kejujuran adalah nilai kehidupan mendasar yang sangat penting dan wajib di ajarkan terhadap anak sejak usia dini misalnya berkata jujur, bersikap dan berperilaku akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk mereka kelak.
NAMA : SULISTIYO RINI
NIM : 858169628
PRODI : PG PAUD
Untuk video diatas sudah cukup bagus yaitu kita bisa menerapkan nilai kejujuran melalui penjepit pakaian. Selain itu juga diselingi dengan permainan sehingga anak merasa senang. Untuk AUD mungkin bisa kita menjelaskan apa maksud dari pembelajaran yang akan kita pelajari hari ini sehingga anak akan mengetahui nilai ata manfaat dari pembelajaran di hari itu. Diharapkan nantinya anak akan mengambil nilai atau manfaat dari pembelajaran pada hari itu sehingga mereka akan menerapkan nilai tersebut dikehidupannya. Contohnya kejujuran, ketertiban, dan keteladanan. Terima Kasih.
NAMA : LAILATUL LATIFAH
NIM : 858452297
Prodi : PGPAUD
MK : Evaluasi Pembelajaran TK
Assalamu’alaikum wr.wb..
Mohon ijin menanggapi video ini
Video yang berjudul “Menanamkan Nilai Kejujuran pada Anak PAUD melalui Penjepit Jemuran.” Di video ini sangat menginspirasi sekali untuk guru, bahkan mungkin tidak terpikirkan dengan media penjepit jemuran untuk anak-anak yang sudah menyelesaikan tugas. Karena selama ini jika anak sudah menyelesaikan tugas guru hanya memberikan stempel di tangan.
Tentang kejujuran yang diajarkan ke anak-anak, solusi yang baik agar dapat mengontrol anak-anak dalam jumlah banyak untuk menanamkan disiplin dan aturan. Bagi anak-anak yang mendapat penjepit jemuran merupakan kebahagiaan bagi mereka, sehingga jika ingin mendapatkan seperti temannya maka harus menyelesaikan terlebih dahulu tugasnya dengan jujur.
Nama : Eka Siti khoiriah
NIM:856816527
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..
Setelah saya menonton video tentang “Menanamkan Nilai Kejujuran pada Anak PAUD melalui Penjepit Jemuran.”, saya melihat Kegiatan yang dilakukan guru itu sangat kreatif dan sangat efektif dilakukan untuk melatih nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini melalui pemberian penjepitan jemuran pada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas. sehingga anak secara tidak langsung mengungkapkan kejujuran, tanggung jawab, disiplin, mandiri dalam menyelesaikan pekerjaannya. Kegiatan penjepit jemuran ini sangat membantu guru dalam menangani murid yang banyak di dalam kelas, sehingga guru dapat membedakan mana yang belum menyelesaikan kegiatan dan mana yang sudah selesai mengerjakan kegiatan sehingga anak yang sudah selesai bisa melanjutkan kegiatan selanjutnya.
Metode ini sangat memotivasi anak untuk lebih semangat lagi dalam pembelajaran, dan terbiasa memperdaya dengan jujur.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh..
Nama hasmidar
Nim 859418344
Pokjar luwu
Assalamualaikum wr.wb.
Kita bisa menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran. Solusi yg baik untuk guru agar dapat mengontrol anak yg banyak.menanamkan nilai kejujuran adalah nilai yang dasar dan berguna bagi kehidupannya kelas ketika sudah besar nanti
Nama : Musyarofah
Nim. :857754975
Prodi. : FKIP PGPAUD
Menurut saya video yang menanamkan kejujuran anak melalui penggunaan penjrpit jemuran lumayan bagus tapi alangkah baiknya kalau di jelaskan dengan kata-kata yang sedikit panjang karena di situ hanya di ucapkan “jangan berbohong lho” tambahlah kata-kata yang manis yang lebih di mengerti anak contoh “Anak yang baik akan slalu jujur karena kalau jujur di sayang semuanya ,di sayang tuhan, ibu, bapak,buguru,teman² pokoknya smuanya deh”
Kejujuran yang di tanamkan pada anak sedini mungkin sangat bermanfaat ,Kejujuran akan menjadi peranpenting dalam kehidupan anak dan yang akan menuju dewasa kelak. bugurunya juga sangat ramah dan murah senyum hal ini juga sangat baik buat perkembangan anak, karena anak akan lebih berani jujur dan tidak merasa tertekan
Nama : Henny Sumarja
Nim : 859420659
Setelah menyimak video pembelajaran di atas tentang menanamkan nilai kejujuran pada anak. Saya setuju dengan kita sebagai guru memberikan penjelasan dan arahan kegiatan main dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak serta menanyakan kepada mereka kesiapannya untuk mengerjakan kegiatan bermain. Sesuai dengan cerita di atas, kita mengharapkan anak didik mampu berkata jujur kalau ia bisa atau tidak bisa mengerjakan kegiatan mainnya. Semisal mereka bisa, akan diberikan reward berupa penjepit jemuran yang dijepitkan di bajunya. Tentu, dari sini kita akan melihat bagaimana mereka membuktikan kejujurannya.
Nama : Siti Konifah
Nim : 857720072
menurut pendapat saya video tersebut sudah bagus, guru sudah menanamkan sikap kejujuran kepada anak dengan cara guru memberikan tanda berupa jepitan jemuran pada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas.
guru juga sudah memberikan motivasi kepada anak untuk mewarnai dengan baik dan menggunting sesuai pola sehingga dapat melatih perkembangan motorik halus anak.
sedangkan kelemahan dari video tersebut guru kurang perhatian kepada anak yang belum mampu mengerjakan dengan mandiri. dengan kondisi kelas yang kurang tertata rapi dan jumlah muridnya yang begitu banyak.
menurut pendapat saya alangkah baiknya jika guru memberikan penjelasan tentang pentingnya berbuat jujur, dan memberikan tanda anak yang sudah selesai mengerjakan tugas dengan stiker yang berbentuk bintang.
Nama : Renawati
Nim : 858448795
Setelah saya menonton video diatas menurut pendapat saya metode dalam menanamkan kejujuran pada anak usia dini yang sudah diterapkan melalui penjepit jemuran itu sangat lah efektif, dan pastinya sangat menginspirasi para guru. Dengan begitu anak akan berkata jujur, karna dengan begitu guru bisa mengetahui mana muridnya yang berkata jujur atau tidak.
Dalam video tersebut tanpak bahwa dalam proses pembelajaran untuk menanamkan kejujuran pada anak untuk pemula guru menyiapkan pembelajaran yang mudah dipahami/dikerjakan oleh anak seperti menempel, menggunting dan mewarnai. Kegiatan tersebut sangat lah mudah dikerjakan oleh anak dan anak merasa senang dengan tugas tersebut. Hal tersebut tentunya akan mempermudah guru dalam proses pembelajaran dan tujuan penilaian yang akan dicapai. Didalam video tersebut tampak setelah anak selesai melakukan kegiatan pembelajaran kemudian mereka mengumpulkannya danmendapatkan hadiah penjepit dari ibu guru.hal tersebut tentunya berpengaruh positif bagiank, karna dengan adanya pemberian hadiah anak akan menjadi semangat belajarnya. Jadi menurut pendapat saya sangat lah bagus dengan menanamkan kejujuran menggunakan penjepit baju.perlu diterapkan dilembaga kita masing-masing agar kita mengetahui, bagaimana hasil atau tanggapan anak didik kita disekolah.
Terimakasih.