silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Ela Kurniawati
NIM : 858271605
Parodi : Pgpaud
Menurut saya video mengenai menanamkan nilai kejujuran diatas sangat kreatif yang mana guru tidak hanya menstimulasi aspek perkembangan motorik, kognitif, Bahasa,social emosional dan seni, guru juga stimulasi nilai agama dan moral dengan mengajarkan anak-anak untuk bersikap jujur. saya juga menerapkan cara ini di sekolah untuk menanamkan sikap jujur anak didik saya. Dengan memberi penghargaan seperti media reward bisa juga menggunakan benda lain, misalnya stiker, atau kartu yang lebih aman untuk anak dan permen.
Nama: kholisah
Nim : 857242973
Jurusan pgpaud bu
Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan jepitan jemuran.
Ketika seorang guru memberikan tugas kepada anak mungkin saja ada seorang anak yang tidak melaksanakan tugasnya tapinia mengatakan dia sudah menyelesaikan tugasnya. Ibu guru mungkin saja tidak mengetahuinya karena cukup sulit untuk mengontrol karena jumlah siswa yang yang banyak.sahat guru sekalian dengan menggunakan jepitan jemuran kita dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia d ini selain itu keterlibatan dan keteraturanpun dapat di tetapkan tanpa harus banyak berbicara
Nama: kholisah
Nim : 857242973
Jurusan pgpaud bi
Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan jepitan jemuran.
Ketika seorang guru memberikan tugas kepada anak mungkin saja ada seorang anak yang tidak melaksanakan tugasnya tapinia mengatakan dia sudah menyelesaikan tugasnya. Ibu guru mungkin saja tidak mengetahuinya karena cukup sulit untuk mengontrol karena jumlah siswa yang yang banyak.sahat guru sekalian dengan menggunakan jepitan jemuran kita dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia d ini selain itu keterlibatan dan keteraturanpun dapat di tetapkan tanpa harus banyak berbicara
Nama : Sri Widya Ningsih K
Nim : 859404805
Program studi : PGPAUD
Assalamu’ Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh ..
Menurut saya, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk enanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD adalah dengan membiasakan anak untuk mengerjakan kegiatan yang diberikan secara mandiri lalu meminta anak untuk menceritakan hasil karya yang telah ia kerjakan. Setelah itu memberikan reward atas pencapaian yang ia kerjakan. Dengan ini akan nampak anak yang mengerjakan kegiatan secara mandiri atau yang melihat hasil kerja temannya. Tidak hanya itu anak haruslah dimotivasi untuk berperilaku jujur dan berakhlak mulia melalui beberapa stimulus seperti penanaman Aqidah dan Akhlak dari dini agar tertanam.
Sekian,
Wassalamu’ Alaikum Warohmatullahi wabarokatuh.
Nama : Asi Purwati
Nim. : 859404679
Prodi : PGPAUD
Dalam video yang berjudul ” Melalui Penjepit Jemuran”
Cara guru dalam menanamkan kejujuran pada anak didik dengan menggunakan penjepit jemuran sangat efektif dalam menumbuhkan kejujuran anak usia dini. Dalam kegiatan ini guru dapat mengontrol anak yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik, Dengan memberikan contoh langsung kepada anak maka akan mudah tertanam nilai kejujuran itu pada diri anak. Karena anak terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. Dengan demikian tanpa menekan anak, mereka pasti akan jujur karena senang akan mendapat tanda penjepitan jemuran setelah menyelesaikan tugasnya.
Nama : Yuli Isnawati
NIM : 855878548
Cara nenanamkan kejujuran kepada anak seperti pada video tersebut melalui menjepitkan jepitan jemuran pada baju anak setelah menyelesaikan tugasnya sudah cukup bagus. Melalui kegiatan tersebut anak dapat belajar dan terstimulasi untuk jujur dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya. Selain itu anak juga dapat termotivasi dalam menerapkan nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
Akan tetapi, pada video tersebut tidak terlihat bahwa guru menjelaskan kepada anak-anak mengenai konsep kejujuran dengan baik. Hal tersebut, dapat membuat anak-anak menjadi bingung dengan apa tujuan kegiatan yang dilakukannya. Sehingga guru juga harus menjelaskan dan memberikan contoh kegiatan yang sesuai dan berimbang agar tujuan pengembangan dapat tersampaikan dengan baik
Assalamualikum.wr.wb
Nama : Wati
NIM :857116893
Semester : 6
Menurut saya pembelajaran pada video tersebut sangat bermanfaat untuk diterapkan dilembaga – lembaga sebagai cara menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Memberikan reword pada anak yang sudah selesai akan memotivasi anak untuk menyelesaikan tugasnya, dan anak juga akan lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
Wassalamualaikum.wr.wb
Nama : Musdalipa
Nim : 859418828
Bismillah..
Menurut saya video diatas sangat kreatif dalam menanamkan nilai kejujuran dengan menggunakan penjepit jemuran sebagai penanda dipakaian karena dengan begutu kita dapat mengetahui anak mana yang sudah dan belum selesai mengerjakan tugas. Dengan konsep kejujuran ini anak-anak akan merasa bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya, dan dari video diatas dapat mengajarkan guru untuk lebih inovatif dan kreatif dalam mengajar
Nama : Indah Natalia Veronika Pardede
NIM: 857085774
UPBJJ UT JAKARTA
Kejujuran juga menjadi salah satu kunci untuk anak bisa dipercaya oleh semua orang. Nah, kenapa penanaman sikap jujur harus dilakukan sejak dini? Sebab penanaman ilmu sejak dini akan lebih mudah untuk diserap oleh anak, dan ditanamkan hingga mereka dewasa, sehingga menjadi suatu kebiasaan yang baik.
Nama : salsha della Juita Indriani
Nim : 856816541
Program studi PGPAUD
Assalamualaikum, dari video diatas dapat kita lihat bahwa Menurut saya video mengenai menanamkan nilai kejujuran diatas sangat kreatif yang mana guru tidak hanya menstimulus aspek perkembangan motorik, kognitif, dan seni, tetapi ada nilai moral juga yang harus di stimulus yaitu dengan mengajarkan anak-anak untuk bersikap jujur. Dalam video juga terlihat sudah ada interaksi timbal balik antara guru dan murid dimana guru mengajarkan tentang kejujuran kepada anak sedangkan anak mengerjakan tugas yg diberikan guru. Dengan konsep kejujuran ini sangatlah penting untuk diterapkan disekolah agar anak-anak bisa bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
Dengan media sederhana kita bisa mengasah motorik anak agar bisa berkembang dengan baik.