silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Assalamualaikum wr wb,
Izin berpendapat,
Nama : Aning Sri Wulaningsih,
NIM : 858876298
Mata Kuliah : Metode Pengembangan Moral & Nilai- nilai Agama
Dosen : Muchamad Irvan S. Pd, M. Pd
Melalui video di atas yang bertema Menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran, dapat memberikan inspirasi kepada para pendidik bahwa untuk menanamkan kejujuran kepada anak banyak sekali cara yang dapat dilakukan. Selain itu dengan menggunakan penjepit jemuran, alatnya sederhana dan mudah sekali ditemukan. Kegiatan yang diberikanpun juga sangat menyenangkan, dan pastinya membuat anak-anak menjadi senang. Dengan cara tersebut, saya yakin semua anak didik akan bersemangat dan berlomba- lomba untuk mendapatkan jumlah jepitan lebih banyak dari temannya. Sehingga mereka akan berusaha untuk menyelesaikan tugasnya. Dengan kepercayaan yang diberikan kepada mereka, akan membuat mereka merasa dihargai dan membuat mereka untuk berusaha berkata dengan sejujurnya bahwa mereka telah benar-benar menyelesaikan tugasnya. Saya merasa tertarik dan bersemangat untuk mempraktikkan cara tersebut terhadap anak didik saya. Terimakasih
NAMA : ERNAWATI
NIM :859170363
menurut pendapat saya dalam vidio guru sudah menguasai kelas sehingga anak tidak ada yang ribut serta menyelesaikan tugas dengan tertib
1. kelebihan metode yang diguanakn udah sangat tepat ditambah lagi guru mempunyai rekan untuk mengawassi serta membibing siswa dalam belajar sehingga siswa tertib dalam menyelaesaikan tugas
2. kekurangan dalam vidio guru alat peraga yang kurang menarik dan membosenkan sehingga anak kurang antusias untuk melesaikan tugas yang diberikan guru
3. hal yang unik guru menggunakan jepitan jemuran untuk mengetahui anak yang sudah menyelesaikan tugas dan yang belum menyelesaikan tugas
Nama : Khoirun Nisa’
NIM : 877319751
Dari video di atas dengan tema menanamkan niai kejujuran pada anak melalui penjepit jemuran, kita bisa melihat nilai kejujuran, kedisiplinan sangat penting ditanamkan sejak dini. Karena nilai – nilai itu akan terpatri & diharapkan menjadi dasar bagi anak untuk senantiasa berlaku jujur dalam setiap langkah kehidupannya kelak. Pemakaian penjepit jemuran adalah sebuah bukti bahwa anak sdh mampu bertanggung jawab, disiplin dan jujur atas tugas yang diberikan oleh guru. Dan itu menjadi motivasi bagi anak2 lain untuk segera menyelesaikan tugasnya. Stimulus tentang kejujuran yang dilakukan guru dalam video diatas sudah benar dan tepat.
Bismillahirohmanirohim..
Nama : Nur Inayah Arlika Sari
Nim : 859404339
Pokja : Gowa
Matkul : Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama
Pada video diatas, terlihat guru memberikan kagiatan kepada anak didiknya melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar dapat mengerjakan tugasnya dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar dapat menyelesaikan tugasnya. Terlihat pula dalam video guru mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Menurut saya penjeput jemuran yang digunakan dalam video itu merupakan tanda atau berupa rewards untuk anak-anak yang telah menyelesaikan tugasnya dengan jujur sesuai arahan guru. Dengan begitu anak-anak akan termotivasi untuk berperilaku jujur dalam setiap tindakan yang mereka lakukan.
Sekian pendapat dari saya terimakasih
Wassalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh
Nama : Salmiah
Nim. : 859403416
Pokjar: Maros
Mata kuliah: Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama
Judul vidio: melalui penjepit jemuran
Dalam vidio tersebut terlihat ibu guru memberikan kegiatan,yaitu mewarnai,membuat bunga .saat anak berkegiatan ibu guru senantiasa mengingatkan anak-anak untuk berkata jujur. Bagi anak yang sudah menyelaikan tugasnya,anak dapat mengambil penjepit dan menempelkannya di baju.
Sekian dan terima kasih
Assalamu’alaikum wr.wb
Nama : Eko Yuli Ayu Wahni
Nim: 858754899
Pokjar: Jombang
Matkul : Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama
Judul: Melalui penjepit jemuran
Dapat kita lihat bahwa Penanaman nilai-nilai kejujuran dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan. seperti dalam video tersebut, sebelum melakukan pembelajaran guru dengan baik menjelaskan nilai-nilai kejujuran dalam menyelesaikan tugas pada anak. sehingga anak mengerti apa itu arti nilai-nilai kejujuran. Metode memiliki jepitan jemuran yang dimiliki guru pun di video tersebut menurut saya sangat kreatif, karena dengan memberikan jepitan pada anak yang sudah menyelesaikan tugas, secara tidak langsung metode tersebut membuat anak bisa berlomba-lomba untuk mendapatkan jepitan yang paling banyak dan akhirnya semakin semangat pula anak-anak untuk menyelesaikan tugas mereka. di sisi lain metode ini memudahkan guru untuk memberikan penilaian pada peserta didik.
Nama : Ade Andriani Liswan
NIM : 859402399
Pokjar : Maros
Mata Kuliah : Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Melalui video ini, selaku seorang guru saya mengambil banyak pengetahuan baru, menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru menjadu lebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya. padahal sebelum penggunaan karcir parkir, siswa terlihat tidak terkontrol apalagi hanya ada satu orang guru, parkir karcis ini ada solusi yang paling tepat.
Nama : Ade Andriani Liswan
NIM : 859402399
Pokjar : Maros
Mata Kuliah : Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
didalam video, sepertinya guru membagi kegiatan sesuai dengan yang digemari anak, terlihat dari tertibnya kelas. penjepit jemuran ini menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan penggunaan stiker. menurut saya, cara ini selain menumbuhkan kejujuran pada anak ini juga bisa menjadi reward bagi anak yang telah menuntaskan pekerjaannya
Nama : Kristina Telaumbanua
NIM : 859877482
Video tentang menanamkan nilai-nilai kejujuran melalui Penjepit Jemuran merupakan metode yang bagus untuk mengapresiasi hasil kerja atau penilaian dari tugas yang telah diberikan guru kepada anak-anak.
anak-anak menjadi antusias dan bertekat menyelesaikan tugasnya sampai akhir agar dapat mendapat hadiah jepitan dari bu guru.
ini bukan perkara yang dikerjakan anak benar atau tidak tapi bagi guru melihat anak-anak semangat dan mau berusaha adalah suatu kebanggan tersendiri.
Proses pembelajaran yang seperti ini patut dicontoh dan bisa dijadikan sebagai salah satu metode belajar yang bisa ditiru oleh guru-guru paud untuk bisa diterapkan di sekolahnya masing-masing.
Masukan:
Metode: Penggunaan metode perlombaan dengan penjepit pakaian untuk menanamkan nilai kejujuran dan disiplin pada anak usia dini terbilang kreatif dan menarik.
Visual: Video menggunakan animasi yang cukup menarik dan berwarna-warni, sehingga dapat mencuri perhatian anak-anak.
Durasi: Durasi video yang singkat (sekitar 5 menit) cukup tepat untuk menjaga fokus anak-anak.
Narasi: Narasi dalam video jelas dan mudah dipahami oleh anak-anak.
Saran:
Variasi: Akan lebih baik jika video divariasikan dengan metode pembelajaran lain, seperti permainan, lagu, atau cerita, agar lebih menarik bagi anak-anak.
Interaksi: Alangkah baiknya jika video menyertakan contoh interaksi antara guru dan anak dalam menerapkan metode tersebut di kelas.
Tingkat Kesulitan: Tingkat kesulitan tugas dalam video dapat disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak-anak.
Penilaian: Berikan contoh bagaimana cara menilai tingkat kejujuran dan kedisiplinan anak dalam mengikuti perlombaan.
Manfaat Video bagi Guru PAUD/TK:
Video ini dapat membantu guru PAUD/TK dalam memahami dan menerapkan metode pembelajaran yang kreatif untuk menanamkan nilai kejujuran dan disiplin pada anak usia dini.
Video ini juga dapat menjadi inspirasi bagi guru PAUD/TK untuk mengembangkan metode pembelajaran mereka sendiri yang sesuai dengan karakteristik anak didiknya.
Selain itu, video ini juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak-anak di rumah, dengan bimbingan orang tua.