silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Melalui video diatas guru mengajarkan bukan hanya kejujuran saja tapi anak belajar mengerjakan tugasnya dengan baik dan selesai tepat waktu.
Melalui jepitan baju yang diberikan guru kepada anak juga memotivasi anak lebih semangat dalam mengerjakan tugasnya dengan beranggapan jika selesai maka dia akan mendapatkan reward ….dan itu menjadi motivasi dan kebanggan dalam diri anak tersebut… terimakasih
Nama: suryani sundari
Nim: 856834041
Melalui pembelajran Penjepit Jemuran
video tersebut bagus dan menginspirasi dengan menggunakan metode tersebut anak belajar untuk jujur dan bertanggung jawab dengan pemberian penjepit sebagai penanda anak yang sudah selesai itu merupakan pacuan bagi anak yang belum selesai agar dia lebih semangat untuk mengerjakan tugas yang diberikan dan mendapatkan penjepit yang sama seperti teman-teman lainnya, itu yang menumbuhkan rasa saing anak dan mengajarkan anak untuk berbuat jujur
Nama: Suryani Sundari
Nim :856834041
Melalui Pembelajaran Penjepit Jemuran
video tersebut bagus dan menginspirasi dengan menggunakan metode tersebut anak belajar untuk jujur dan bertanggung jawab dengan pemberian penjepit sebagai penanda anak yang sudah selesai itu merupakan pacuan bagi anak yang belum selesai agar dia lebih semangat untuk mengerjakan tugas yang diberikan dan mendapatkan penjepit yang sama seperti teman-teman lainnya, itu yang menumbuhkan rasa saing anak dan mengajarkan anak untuk berbuat jujur
Nama :Diah Ayu Prihatini
Nim : 857827927
Upbjj : Surakarta
Judul: Menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran.
Melalui video yang saya lihat bagaimana nilai kejujuran pada anak dapat dilakukan dengan berbagai cra dan di tanamkan sejak usia dini.setelah menyimak video itu pendidik tampak sedang memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan difahami oleh siswa yaitu mewarnai gambar sesuai tema,mengunting dan menempel.
Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik disesuaikan dengan tema menanamkan kejujuran pada anak usia dini.padaa saat guru akan menanamkan kwjujuran pada anak usia dini,guru memberi pijakan dengan mengatakan kepada anak untuk berkata jujur jika anak sydah menyelesaikan tugas tugasnya begitu juga sebaliknya anak agar berterus erang jika tidak dapat menyelesaikannya.
Nama : Marta Christina Ningrum
NIM : 859656463
UPBJJ : Surabaya
Dalam video guru tampak memberikan tugas kepada anak didiknya , guru menanamkan kejujuran pada anak didiknya untuk berkata jujur apabila anak sudah selesai mengerjakan dan mengharapkan anak didiknya berterus terang dengan perbuatannya. Dalam video tersebut guru melakukan cara agar dapat mengetahui anak yang benar-benar selesai dalam mengerjakan tugas dengan cara dapat mengambil jepitan jemuran saat selesai mengerjakan tugasnya. Hal itu berguna untuk menanamkan kejujuran pada diri anak.
Nama : Ani Puji Astuti
Nim. : 857631592
Upbjj : purwokerto
Assalamualaikum wr.wb.Setelah saya melihat video tentang menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran ini bagus sekali karena dengan melakukan hal seperti itu membuat anak termotivasi untuk menyelesaikan tugas sampai selesai supaya dia mendapat reward berupa penjepit jemuran,dan kita sebagai pendidik jadi tau siapa saja yang sudah jujur dan belum… sehingga kita dapat mengantisipasi bagaimana penanganan untuk anak yang belum jujur.
Terimakasih.wassalamu’alaikum wr.wb
Nama : ELISABETH NUGRAHO
Nim : 859517513
Upbjj : Jakarta
Judul: Menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran.
Dari video yang saya saksikan saya melihat bahwa guru harus kreatif di dalam menanamkan nilai-nilai dalam diri anak didiknya, dalam hal ini kejujuran. Uniknya, pendidikan nilai kejujuran itu ditempuh guru bukan di dalam kegiatan yang khusus, melainkan paralel dengan proses pembelajaran tertentu, misalnya menggunting, , mewarnai, menempel, dan sebagainya. Hal ini membuat pendidikan nilai kejujuran terasa lebih alamiah bagi anak-anak didik. Kejujuran menjadi sesuatu yang dibutuhkan dan berlangsung di dalam aktifitas keseharian mereka, bukan hanya menjadi sesuatu yang dipelajari pada jam pelajaran tertentu. Mewarnai butuh kejujuran, menggunting butuh kejujuran, menempel dan bermain butuh kejujuran. Akibatnya anak-anak didik akan memahami bahwa kejujuran memang dibutuhkan dalam keseharian mereka sejak usia dini dan kejujuran adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan.
Nama : ELISABETH NUGROHO
Nim : 859517513
Upbjj : Jakarta
Judul: Menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran.
Dari video yang saya saksikan saya melihat bahwa guru harus kreatif di dalam menanamkan nilai-nilai dalam diri anak didiknya, dalam hal ini kejujuran. Uniknya, pendidikan nilai kejujuran itu ditempuh guru bukan di dalam kegiatan yang khusus, melainkan paralel dengan proses pembelajaran tertentu, misalnya menggunting, , mewarnai, menempel, dan sebagainya. Hal ini membuat pendidikan nilai kejujuran terasa lebih alamiah bagi anak-anak didik. Kejujuran menjadi sesuatu yang dibutuhkan dan berlangsung di dalam aktifitas keseharian mereka, bukan hanya menjadi sesuatu yang dipelajari pada jam pelajaran tertentu. Mewarnai butuh kejujuran, menggunting butuh kejujuran, menempel dan bermain butuh kejujuran. Akibatnya anak-anak didik akan memahami bahwa kejujuran memang dibutuhkan dalam keseharian mereka sejak usia dini dan kejujuran adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan.
Nama:Prastika Maulina putri Rahayu
Nim :856831537
Pokjar:Arga Makmur
Upbjj:Bengkulu
Bagaimana kita menanamkan anak paud dengan cara kejujuran pada penjepitan jemuran tersebut.setelah menyimak video tersebut pendidik sangat faham apa yang di ajarkan oleh guru dengan cara menempel,mewarnai dan anak peserta didik bermotivasi dengan cara penjempitan
Nama:Prastika maulina putri rahayu
Nim:856831537
Pokjar:Arga Makmur
Upbjj:Bengkulu
Bagaimana cara menanamkan anak paud dengan cara penjepit jemuran.anak tersebut sudah paham apa yang diajarkan oleh guru dengan cara mewarnai,menempel dan anak bermotivasi kejujurannya dengan bertanggung jawab.dan anak sangat senang saat belajar sambil bermain.