silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Ulfah Hasanah
    NIM : 857504353
    Video tersebut guru mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai kejujuran dari hal kecil di dalam kelas seperti menyelesaikan pekerjaannya, untuk anak yang sudah menyelesaikan pekerjaannya guru memberikan penjepit jemuran sebagai tanda bahwa anak sudah menyelesaikan pekerjaannya. Hal tersebut dapat menstimulasi perkembangan karakter anak belajar tentang kejujuran. Mengajarkan dan menanamkan kejujuran kepada anak melalui cerita moral dengan bercerita dapat meningkatkan daya ingat pada anak untuk membentuk kepribadian yang baik.

  2. Selamat malam ibu/ bapak. Terima kasih saya ucapkan untuk video yang telah saya tonton barusan mengajarkan saya bagaimana mengatasi anak yang belum menyelesaikan aktivitasnya namun berkata sudah selesai. Hal ini juga pernah saya alami, apalagi dengan jumlah anak lebih dari 10, meskipun saya dengan 1 guru lainnya berada di ruangan kelas, namunhal ini kerap terjadi anak mengaku sudah selesai mengerjakan atau kadang menggunakan alasan lain, capek dan bosan. Namun dari video tersebut membuat saya mudah mengetahui apakah anak benar-benar berkata jujur atau tidak, menganggap penjepit jemuran seperti reward yang diberikan kepada anak ketika anak berkata jujur, dan saya bisa menggantikan penjepit jemuran dengan stempel atau stiker. Terima kasih.

  3. Terimakasih saya ucapkan karena vidio ini dapat membantu saya untuk menangani anak yang tidak berkata jujur seperti dalam vidio yang anak belum selesai dalam kegiatan tapi bilang sudah selesai, vidio ini juga memberikan saya gambaran bahwa memberikan sedikit reward dapat mengapresiasi siswa yg berkata jujur atau yg lainnya.

  4. Assalamu’alaikum izin menanggapi vidio tersebut.
    Dari pemaparan vidio tersebut sama halnya seperti yang saya dan guru-gurh saya alami saat memberikan tugas kepada siswa yang terlambat atau bahkan malas mengerjakan tugas solusi penjepit jemuran membuat mereka berlomba-lomba ingin menyelesaikan duluan tugasnya baik menggambar menggunting menempel agar hasilnya bisa dilihat teman-temannya terlebih lagi mereka mendapatkan pujian maka mereka lebh bersemangat mengikuti proses pembenaran. Dan bagi mereka yg belum selesai pun mereka mengatakan dengan jujur bahwa saya sedang capek tidak enak badan dan sebagainya.

  5. Izin menjawab, untuk metode tersebut juga saya terapkan disekolahan saya tidak hanya penjepit jemuran siswa diajarkan sedini mungkin untuk berkata jujur dengan hasil pekerjaan rumahnya (PR) misalkan dikerjakan oleh orang tuanya maka mereka mengatakan dengan jujur bahwa itu bukan hasil pekerjaan mereka, kemudian anak diajarkan mampu memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan mereka misalnya hasil gambarnya kurang maksimal atau kurang bagus mereka sendiri mengatakan bunda nilainya kecil saja soalnya kurang bagus tidak seperti teman saya yang hasilnya sangat indah.

  6. Nama : Marlina
    nim : 858452409

    Dalam video tersebut guru memberikan beberapa tugas kepada anak, dan setelah anak selesai mengerjakannya anak dapat menjepit dengan jepitan jemuran ke bajunya sebagai tanda anak itu telah selesai mengerjakan tugas tugasnya, ini adalah salah satu cara menanamkan nilai kejujuran kepada anak.

  7. Nama. : Miftahul Jannah
    NIM : 859428495

    Video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru TK karena mampu membantu saya di dalam mengenalkan nilai-nilai kejujuran pada anak.

    Masukan atau saran:
    1. Contohkan perilaku jujur: Jadilah contoh yang baik dengan selalu berbicara jujur dan melakukan apa yang guru katakan.

    2. Ceritakan cerita tentang kejujuran: Gunakan cerita pendek atau dongeng yang menekankan pentingnya kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

    3. Bermain peran: Melalui permainan peran, anak bisa belajar bagaimana rasanya menjadi jujur dan mengapa itu penting.

  8. NAMA : NURUL RAHMAH
    NIM : 859788891

    setelah melihat video pembelajaran diatas, saya menjadi terinspirasi untuk menerapkan teknik menanamkan kejujuran kepada siswa saya dikelas dengan menggunakan metode penjepit jemuran. video ini sangat bermanfaat untuk saya.
    sedikit masukan dari saya :
    tips agar anak bersikap jujur adalah, memberi pengertian kepada anak, apa arti dari sebuah kejujuran dan apa saja dampak yang diperolehnya, saat anak berlaku jujur.

  9. Nama : Meylina Aminatul Awallia
    NIM : 858875368
    Video “Melalui Penjepit Jemuran” menyoroti cara-cara kreatif dalam mengajarkan nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan kepada anak-anak usia dini. Sebagai guru TK, dari isi video ini saya dapat mengambil manfaat pembelajaran yang sangat berharga. Pertama, penggunaan penjepit pakaian sebagai alat untuk menanamkan nilai-nilai tersebut sangat efektif karena sederhana namun dapat memberikan dampak yang signifikan. Ini mengajarkan kepada saya bahwa pembelajaran tidak selalu harus melalui cara yang kompleks, namun bisa melalui hal-hal yang sederhana sekalipun. Kedua, video ini menunjukkan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif, di mana anak-anak dapat belajar sambil bermain. Dengan cara ini, anak-anak lebih mungkin terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Ketiga, video ini mengilustrasikan betapa pentingnya mengajarkan konsep-konsep seperti kejujuran dan kedisiplinan sejak dini, karena hal ini membentuk dasar bagi karakter mereka di masa depan. Dengan menerapkan strategi yang diperlihatkan dalam video ini, saya dapat menciptakan suasana kelas yang mendidik dan menyenangkan, sambil mengajarkan nilai-nilai yang penting bagi perkembangan anak-anak.

  10. Nama : Fitri Yanti
    Nim: 858613748
    dari video diatas Kejujuran adalah nilai kehidupan mendasar yang sangat penting yang harus diajarkan kepada anak sejak masi kecil. dan membiasakan anak untuk berbicara, berprilaku dan bersikap jujur akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya nanti. didalam kegiatan yg di lakukan furu tersebut sudah sesuai dengan tema yang di tentukan untuk menanam nilai kejujuran pada anak usia dini. pada saat guru memberikan tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu, mewarnai kupu-kupu, serta menghitung binatang bersayap dan menuliskannya di lembar LKA anak. setelah menyelesaikan tugas yang diberikan guru anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya. dengan berbagai kegiatan yang diberikan guru sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Leave a Reply