silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. NAMA : DEWI SUSANTI
    NIM : 856338779
    PRODI : PG PAUD
    MATA KULIAH : PAUD 4405.12
    Menurut saya, pembelajaran menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran yang dibagikan di portal Guru Pintar merupakan sebuah ide yang kreatif dan bermanfaat. Berikut beberapa masukan dan saran saya:

    Masukan:

    Variasi Aktivitas:
    Selain menjepit jemuran, dapat ditambahkan variasi aktivitas lain yang berkaitan dengan kejujuran, seperti permainan peran, bercerita, atau menggambar. Hal ini untuk menghindari kebosanan dan meningkatkan engagement anak.
    Penyesuaian Usia:
    Berikan panduan dan penjelasan yang sesuai dengan tingkat usia dan pemahaman anak.
    Gunakan bahasa yang sederhana dan contoh yang konkret agar mudah dimengerti anak.
    Pemanfaatan Media:
    Gunakan media yang menarik dan interaktif, seperti video animasi, lagu anak, atau boneka untuk meningkatkan minat belajar anak.
    Saran:

    Pemberian Penghargaan:
    Berikan pujian dan penghargaan atas usaha anak dalam bersikap jujur, meskipun belum sempurna. Hal ini untuk membangun motivasi dan rasa percaya diri anak.
    Keterlibatan Orang Tua:
    Libatkan orang tua dalam proses pembelajaran ini agar tercipta konsistensi dalam menanamkan nilai kejujuran di rumah dan di sekolah.
    Penilaian:
    Lakukan penilaian secara berkala untuk memantau perkembangan karakter kejujuran pada anak dan menyesuaikan strategi pembelajaran jika diperlukan.
    Manfaat bagi Guru PAUD
    Menurut saya, mempelajari kedua video dari portal Guru Pintar tersebut dapat bermanfaat bagi guru PAUD untuk meningkatkan wawasan sebagai guru PAUD dalam beberapa hal:

    Meningkatkan Pemahaman tentang Pentingnya Kejujuran:
    Video tersebut memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya nilai kejujuran bagi anak-anak usia dini.
    Mendapatkan Ide dan Strategi Pembelajaran:
    Video tersebut memberikan ide dan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak.
    Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Interaksi:
    Video tersebut memberikan contoh bagaimana cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak dengan baik dalam menanamkan nilai kejujuran.
    Meningkatkan Semangat dan Motivasi Mengajar:
    Video tersebut memberikan inspirasi dan motivasi bagi guru PAUD untuk terus belajar dan mengembangkan diri dalam mengajar anak usia dini.
    Secara keseluruhan, saya menilai bahwa pembelajaran menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran dan video-video di portal Guru Pintar merupakan sebuah metode yang efektif dan bermanfaat untuk meningkatkan karakter kejujuran pada anak usia dini.

  2. NAMA : Rusmalasari
    NIM : 858308241
    PRODI : PG PAUD
    UPBJJ : Banjarmasin
    MATA KULIAH : PGTK2501

    Assalamualaikum wr.wb
    Mohon ijin memberikan komentar berkenaan dengan video pembelajaran di atas.🙏

    Menurut Saya apa yang dilakukan a
    guru dalam video tersebut sudah sangat bagus dan mampu menginspirasi saya nanti dalam memberikan kegiatan pengembangan di sekolah Saya. Kalau Saya biasanya di sekolah untuk mengajarkan kejujuran melalui stiker jempol atau dengan stempel Bintang. Siapa yang sudah menyelesaikan tugasnya di beri stempel bintang atau stiker jempol.

    Demikian komentar dari Saya
    Sumasalamualaikum wr.wb

  3. Nama : Mirawati
    NIM : 858304237
    Judul Video : Melalui Penjepit Jemuran

    Strategi pembelajaran yang sangat menarik untuk menanamkan kejujuran dan kedisiplinan pada anak usia dini. nilai kejujuran merupakan karakter yang harus dimiliki anak. melalui berbagai kegiatan, guru memberikan motivasi agar anak dapat menyelesaikan tugas nya serta jujur dalam setiap hal, dimulai dari kejujuran dalam mengerjakan tugas. guru juga memberikan reward kepada murid yang berhasil dalam mengerjakan tugas.

  4. Assalamualaikum
    Nama:NURUL SADRI .
    NIM:855889461
    PRODI:PG PAUD.
    UPBJJ:BANDA ACEH

    Menurut saya video tersebut sangat benar .ibu guru telah memberi pelajaran kepada murid-muridnya cara kejujuran kita.d
    Dengan menempelkan penjepit jemuran kebaju anak-anak tersebut,kita sudah bisa melihat siapa yang telah selesai mewarnai gambar kupu-kupu .dan anak-anak yang belum siap mewarnai gurunya tidak menempelkan penjepit jemuran.sehingga mereka tidak bisa berbohong.
    Terima kasih

  5. Assalamualaikum
    Nama: ROBIUL JAYANTI.
    NIM:857998755
    PRODI:PG PAUD.
    UPBJJ: YOGYAKARTA

    Pendapat saya video tersebut sangat benar .ibu guru telah memberi pelajaran kepada murid-muridnya cara kejujuran kita. nilai kejujuran merupakan karakter yang harus dimiliki anak. melalui berbagai kegiatan, guru memberikan motivasi agar anak dapat menyelesaikan tugas nya serta jujur dalam setiap hal. anak usia dini sebaiknya memang diberi pemahaman apa itu jujur ​​dan berbohong. Guru dapat bermain peran dihadapan anak-anak agar anak dapat mengerti dan paham, anak juga dapat mengetahui mana yang baik dan yang kurang baik

  6. Assalamualaikum wr. wb
    Ijin Menjawab

    Setelah melihat video tentang ” Kejujuran Melalui Penjepit Jemuran” . Dimana dalam video tersebut guru menceritakan kejujuran anak melalui media penjepit jemuran. anak belajar untuk jujur dalam tugas yang di berikan oleh guru, guru memberikan hadiah terhadap anak yang jujur sehingga dengan cara bermain guru telah menanamkan kejujuran sejak dini. ketika memberikan hadiah kepada anak didik jangan hanya pemberian hadiah jepitan saja akan tetapi bisa berupa bintang, acungkan jempol,gambar ataupun lainnya yang bisa memberikan semangat dan motivasi yang tinggi sehingga anak tersebut akan berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiahnya.

  7. NAMA : SRI ANUGRAH
    NIM : 859428804
    PRODI : PG PAUD

    Assalamualaikum wr.wb
    Mohon izin menjawab bu
    Menurut Saya apa yang dilakukan pada vidio kejujuran melalui penjepit jemuran sangat sangat bermanfaat bagi guru dan siswa
    guru dalam video tersebut sudah sangat baik dan menginpiratif bagi guru karena cara pelaksanaan kegiatan yang mudah dan membuat anak nyaman.

    Sumasalamualaikum wr.wb

  8. Nama : Amellia Putri
    NIM : 858315057

    Izin menyampaikan komentar terhadap video diatas.
    Video diatas memberikan pengajaran kepada anak tentang prinsip kejujuran melakukan pembiasaan sederhana yang dilakukan setiap hari, hal ini bertujuan untuk menumbuhkan dan menanamkan perilaku jujur pada anak. Anak akan diberi apresiasi kecil seperti divideo tersebut yaitu penjepit jemuran bagi yang sudah menyelesaikan tugasnya. Mungkin alangkah lebih baiknya, bisa diganti dengan benda yang menarik perhatian anak seperti stiker atau perekat bintang yang berisi nama dan foto anak, jika anak sudah selesai mengerjakan tugasnya maka anak diperbolehkan mencari hiasan bintang yang berisikan fotonya yang menandakan anak sudah menyelesaikan tugasnya.
    Terima Kasih..

  9. Assalamualaikum..
    Nama : Hasnita Ws Dama
    NIM : 822959346
    Menurut saya, video cara menanamkan kejujuran anak melalui penjepit jemuran sangat mampu menginspirasi saya nanti untuk pembelajaran di sekolah.. karena kejujuran haruslah dimulai sejak dini.

  10. NAMA : FITRIANI
    NIM : 858317953
    Video ini merupakan contoh yang baik dalam menyampaikan pembelajaran nilai-nilai moral, khususnya kejujuran pada anak usia dini. Penggunaan media pembelajaran seperti melalui penjepit jemuran dan pendekatan yang kreatif serta interaktif akan membantu anak-anak memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply