silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. TASYA NUR ISTIANA
    857321151

    Video tersebut menggambarkan suasana kelas TK dengan berbagai kegiatan kreatif dan edukatif yang dirancang untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak usia dini, seperti :
    – Beragam Kegiatan yang Menarik dan Edukatif
    Kegiatan seperti mewarnai, menggunting dan menempel, serta menghubungkan gambar dengan lambang bilangan menunjukkan variasi aktivitas yang dapat menjaga minat anak-anak. Ini penting untuk memastikan anak-anak tetap terlibat dan menikmati proses belajar.
    – Pendekatan Praktis untuk Mengajarkan Kejujuran
    Guru mengajarkan kejujuran dengan cara yang konkret dan mudah dipahami anak-anak, seperti meminta anak untuk jujur mengenai kemampuannya menyelesaikan tugas dan memberikan penghargaan berupa stiker atau penjepit. Metode ini membantu anak-anak memahami konsep kejujuran melalui pengalaman langsung.
    – Penggunaan Material yang Kreatif
    Aktivitas menggunakan bahan seperti kertas HVS, krayon, dan tepung terigu tidak hanya merangsang kreativitas anak-anak tetapi juga memberikan pengalaman sensorik yang berharga. Ini penting dalam perkembangan motorik halus dan kreativitas.
    – Penekanan pada Kemampuan Individual Anak
    Guru memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan masing-masing anak. Pendekatan yang bersifat individual ini memastikan bahwa setiap anak dapat belajar dan berkembang sesuai dengan kecepatannya sendiri, yang sangat penting dalam pendidikan usia dini.
    – Kegiatan yang Memperkuat Nilai Sosial
    Selain kejujuran, kegiatan yang melibatkan kerja sama, seperti menghubungkan gambar dengan lambang bilangan, juga memperkuat nilai sosial lainnya seperti kerja sama dan tanggung jawab. Anak-anak belajar untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan teman-temannya.
    – Motivasi Positif dengan Penghargaan
    Penggunaan penghargaan berupa penjepit yang ditempelkan di baju setelah menyelesaikan tugas memberikan motivasi positif kepada anak-anak. Ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan semangat belajar mereka.

    Secara keseluruhan, video ini menunjukkan pendekatan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, dengan fokus pada pengembangan nilai-nilai moral seperti kejujuran. Guru berperan sebagai fasilitator yang tidak hanya mengajarkan pengetahuan tetapi juga membentuk karakter anak sejak dini.

  2. Nama : Indah melani
    Nim : 857489813
    Judul : Melalui penjepit Jemuran
    Komentar :
    Video di atas sangat menginspirasi saya,bahwa menanamkan kejujuran di paud itu tidak hanya dengan ucapan saja,namun harus ada kegiatannya. Dalam hal ini anak yang sudah selesai mengerjakan tugas harus lapor kepada ibu guru untuk disematkan penjepit jemuran. Jika anak tidak lapor ke ibu guru,berarti anak tersebut tidak akan disematkan penjepit jemuran.
    Namun alangkah lebih baik jika yang disematkan adalah sesuatu yang anak sukai,misalkan bros bunga untuk perempuan dan mainan robot untuk anak laki-laki. Sehingga anak akan lebih tertarik dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

  3. Nurhasanah (856582798)
    Videonya menarik. dapat melatih kejujuran anak dalam perilaku tidak hanya dalam perkataan.
    karna kejujuran baik dalam perkataan atau perbuatan perlu diajarkan sejak usia dini.

  4. Nama: Jihan Nur vera
    NIM: 858878277
    Video yang disediakan sangat bermanfaat bisa meningkatkan wawasan saya sebagai guru PAUD. Dalam video ini guru memotivasi anak untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan berbicara sesuai keadaan. Bisa disimpulkan bahwa pendidikan aak usia dini tidak hanya menilai hasil namun juga saat proses pengerjaan berlangsung

  5. judul :Melalui Penjepit Jemuran
    komentar :Video ini sangat menginspirasi! Saya senang melihat bagaimana guru-guru TK dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak. Metode yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran sejak usia dini sangatlah penting, dan video ini dengan jelas memperlihatkan bagaimana hal itu bisa dilakukan dengan baik.

    saran : Mungkin bisa lebih menekankan pada interaksi langsung antara guru dan anak-anak, serta reaksi mereka terhadap nilai-nilai yang diajarkan. Hal ini bisa memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana anak-anak merespons pembelajaran tersebut. Selain itu, mungkin juga bisa menambahkan wawancara singkat dengan guru-guru tersebut untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang pendekatan dan filosofi mereka dalam mengajar anak-anak usia dini. Overall, video ini sungguh bagus dan inspiratif!

  6. Melalui Penjepit JemuranSecara keseluruhan, video ini memiliki potensi yang baik untuk menjadi media pembelajaran yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak-anak.Penggunaan penjepit jemuran sebagai media penyampaian cerita terlihat unik dan menarik perhatian.Cerita yang disampaikan tampaknya sederhana namun mengandung pesan moral yang penting bagi perkembangan karakter anak.

  7. Vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya. Vidio tersebut mengajarkan anak untuk berbuat jujur dengan berbagai kegiatan yangmenarik, yang mengajarka n mentaati peraturan permainan , melatih kejujuran dengan mengatakan jika ia sudah selesai dalam mengerjakan tugas dan mengatakan belum selesai jika belum menyelesaikan tugas. Mengajarkan ketertiban dalam mentaati aturan main.

  8. Nama : Mardiana
    NIM : 859799751

    Pada video pembelajaran tersebut terlihat guru sedang memberikan tugas kepada anak, dan anak diminta untuk menyelesaikan tugas tersebut. Ketika anak telah selesai mengerjakan tugasnya anak diminta untuk berkata jujur dalam menyelesaikan tugas tersebut. Tentunya itu sangat berguna sekali agar anak dapat meningkatkan kedisplinannya dalam mengerjakan tugas dan dapat menyelesaikan dengan tepat waktu. Apabila anak telah selesai mengerjakan tugas dengan baik maka guru akan memberikan kepada anak reward yakni penjepit pakaian tanda bahwa anak tersebut telah dengan baik menyelesaikan tugas tersebut dan sebaliknya apabila anak tidak menyelesaikan tugas dengan baik dan jujur maka guru akan memberikan punishment yang ringan kepada anak sehingga anak dapat mentaati aturan dalam proses pembelajaran disekolah dengan baik.

    Sebaiknya pada video pembelajaran tersebut lebih jelas lagi penjelasan dalam menanamkan sikap disiplin dan kejujuran kepada anak sehingga sebagai pendidik dapat mengimplementasikan kepada anak didiknya di sekolah. Dan pemberian reward seharusnya dikasih dalam hal yang lebih menarik lagi seperti bintang atau bros bunga yang dapat memberikan motivasi kepada anak untuk lebih semangat dalam mengerjakan tugasnya.

  9. Dalam video tersebut menyenangkan
    dan menarik , mengajarkan anak tentang nilai kejujuran dan kedisiplinan dalam kegiatan belajar ,melalui penggunaan jepit jemuran praktis namun sangat bermanfaat untuk melatih kejujuran anak sejak usia dini . Dan ini sangat bermanfaat untuk saya dapat diterapkan dilembaga tempat saya mengabdi . dengan metode ini Menanamkan nilai kejujuran kepada anak melalui penggunaan jepit jemuran yang sederhana namun mengandung pesan moral dalam tumbuh kembang anak yang efektif.

  10. Assalamualaikum
    Nama : Wesna Neli
    Nim :856280512

    Melalui video ini, anak di latih untuk memiliki nilai kejujuran dengan konsep sederhana dan mudah di pahami, dengan konsep ini anak dilatih secara langsung dalam menanamkan kejujuran. Terima kasih

Leave a Reply