silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
NAMA : THO’IFATUN
NIM : 858183865
– AlHamdulillah video tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik PAUD. video tersebut sangat menarik dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak yaitu dengan strategi malalui bermain dengan menggunakan penjepit jemuran
Vallen Nur Rita/ 857864624/ UPBJJ Surakarta/ Makul pembelajaran terpadu/ sesi6
vdalam video tersebut terlihat guru memberikan pelajaran/ kegiatan untuk melatih kejujuran siswa. baik siswa yang bisa mengerjakan atau tidak bisa mengerjakan diajarkan untuk berterus terang. kemudian guru juga terlihat memiliki cara yang kreatif yaitu anak mengambil penjepit jemuran apabila sudah selesei mengerjakn. hal ini mungkin menjadi hal baru bagi anak, sehingga anak lebih semangat lagi untuk menyelesaikan tugasnya.
Agisna Mirahmatillah – 859662886
video tersebut sangat meginspirasi dan sering terjadi dalam praktek pembelajaran disekolah , menurut saya menanmkan nilai kejujuran pada anak penting di lakukan untuk menanamkan dispilin pada anak pemberian jepitan jemuran sebagai reward juga mirip dengan praktek pembelajaran yang saya lakukan namun perbedaannya saya memberikan stiker bintang untuk anak yang sudah menyelesaikan tugas dengan baik. namun adakalanya anak bukan tidak menyelesaikan tuugasnya tapi lebih ke tidak mau mengerjakan setelah 1 tugas selelesai biasnaya di kelas saya anak sering mengeluh sudah cape buannya guru, namun kesulitan yang saya hadapi anak tersebut sulit untuk di bujuk untuk melanjutkan kegiatannya, bagaimana solusinya ?
Bismillah,,,,videonya sangat insfiratif,,,bisa saya terapkan dikelas nantinya
Nama : Aisyah Mardhatillah
NIM : 859165308
UPBJJ: UT Mataram
Ketika melihat tayangan video di atas ada gambaran cara menanamkan nilai kejujuran kepada anak.
Dapat di lihat ketika anak-anak di berikan benda sebagai penanda mereka telah mengerjakan tugas dari guru mereka yang belum menyelesaikan tugas mungkin akan lebih semangat lagi untuk mengerjakan dan ketika mereka tidak mengerjakan dan mengatakan telah mengerjakan pastilah mereka merasa malu karena telah di beritahu terlebih dahulu tentang tata tertib yang ada, mungkin akan lebih asik lagi ketika mengasah kejujuran anak melalui kata-kata spontan, yang telah kita lihat.
Videonya sangat membantu dan menginspirasi bagi saya.
Terima Kasih…
Alim damyati
NIM : 857993179
setelah melihat video ini saya jadi mengetahui ternyata guru juga perlu untuk menandai anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya. saya pernah juga melakukan cara yang serupa tetapi menggunakan stiker emoticon smile namun dengan tujuan berbeda. Pada video ini memberikan tanda kepada anak yang sudah menyelesaikan tugas dengan tujuan penanaman kejujuran dan yang saya lakukan memberi tanda kepada anak dengan menggunakan stiker smile dengan tujuan memberikan reward kepada anak yang sudah menyelesaikan tugasnya.
Fitriannisa Candra
857988342
Dalam video tersebut yang berjudul ‘Melalui Penjepit Jemuran’, saya mendapatkan ilustrasi tentang anak yang tidak menyelesaikan pekerjaannya dan anak tersebut berbohong tentang menyelesaikan pekerjaaannya. Maka dari itu, dalam video, guru akan memberikan penjepit jemuran sebagai reward atau tanda anak yang menyelesaikan pekerjaannya atau tidak berbohong.
NAMA :SUHARNINGSIH
NIM : 85849568
UPBJJ : SAMARINDA
JUDUL : MELALUI PENJEPIT JEMURAN
Assalammuallaikum wr,wb
Izin Menanggapi
Setelah menonton video seri kejujuran melalui penjepit jemuran, saya merasa terinspirasi oleh cara kreatif konsep tersebut diwujudkan. Melalui objek sederhana seperti penjepit jemuran guru dapat mengajarkan pentingnya sifat jujur sejak dini, dan juga pesan tentang pentingnya kejujuran dapat disampaikan dengan cara yang unik .
Nama : Desi Wiranti
Nim : 859526956
Judul : Melalui penjepit jemuran ( menanamkan anak bersifat jujur).
Dalam tayangan video diatas memberikan saya sebuah strategi bagaimana kita dapat mengetahui nilai jujur pada setiap anak.
Dengan kegiatan tersebut guru memberi Capitan terhadap anak yang sudah menyelesaikan tugasnya sehingga ketika ada anak yang belum selesai dengan tugasnya ibu guru mengetahuinya dan memberikan nasihat terhadap anak yang tidak jujur.
NAMA:NUR LAILA FITRIANI
NIM:858316231
JUDUL:MELALUI PENJEPIT JEMURAN
Menurut pendapat saya, pembelajaran ini sangat baik. Karena menanamkan kejujuran pada anak usia dini, sehingga mengajarkan kepada anak untuk pentingnya bersikap jujur.