silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Anissa Salsabila’
    NIM : 859525259
    UPBJJ : JAKARTA
    Video yang berjudul “Melalui penjepit jemuran ”

    dari video ini sangat bermanfaat agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang dapat dipercaya orang lain.

  2. Nama : Eka Nurdianti
    NIM : 857357692
    Seri Pembelajaran “Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran”
    => Pendapat saya : Video pembelajarannya bagus, pada saat mulai kegiatan guru sudah melakukan pendekatan dengan anak dan itu sudah cukup baik, guru berkeliling memperhatikan setiap anak yang jumlahnya cukup banyak bersiap membimbing anak yang merasa terkendala. Di awal guru sudah menanamkan kejujuran kepada anak dengan mengingatkan anak-anak terkait penyelesaian tugas yang diberikan. Penggunaan jepit jemuran sebagai penanda anak sudah selesai mengerjakan tugas merupakan ide yang kreatif. Disini banyak anak termotivasi untuk segera mendapatkan jemuran dari guru tersebut, anak juga semakin bersemangat melakukan kegiatan berikut hingga berhasil mendapatkan 3 jepitan sesuai dengan pos yang diikutinya
    => Masukan/komentar saya: Kegiatan yang dipilih guru dalam menanamkan kejujuran pada anak PAUD sudah sesuai. Meskipun terkesan sederhana, namun melalui kegiatan ini guru berhasil memotivasi anak untuk menuntaskan tugasnya, menyampaikan pendapatnya seperti sanggup atau tidak sanggup menyelesaikan tugas, serta menanamkan nilai kejujuran pada anak tanpa intimidasi dari siapapun.
    => Dari video tersebut guru sudah baik melakukan pendekatan kepada anak dari awal kegiatan hingga akhir, memberikan apresiasi dan dukungan kepada anak juga menjadikan media jemuran ini cukup kreatif. Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangan anak adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

  3. Nama: Aisyah Salsabila
    NIM: 858755504
    Terimakasih, dengan adanya video ini bisa saya terapkan di lembaga saya

  4. Nama : DEWI SARI AYU RATNA
    NIM : 858941087

    Menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran seperti halnya yang dilakukan guru dalam video tersebut sangat baik. Mengawasi anak yang banyak terkadang membuat guru kesulitan mengetahui anak yang telah selesai atau belum. Guru dalam video memberikan penjepit jemuran pada baju anak yang telah menyelesaikan kegiatan, dengan tujuan untuk mengetahui anak yang jujur telah menyelesaikan tugasnya, hal ini sangat memudahkan guru dalam memantau anak. Kegiatan yang diberikan sesuai dengan karakteristik anak, sehingga memungkinkan semua anak dapat menyelesaikan kegiatan pada hari tersebut. Pemberian stempel bintang juga bermanfaat sebagai wujud apresiasi atas hasil pekerjaan anak.

    Metode ini sangat menginspirasi saya.

  5. Nama:Fariah
    NIM : 858191181
    UPBJJ: Palangkaraya

    Assalamu’alaikum …. Izin menanggapi diskusi tentang menanamkan kejujuran pada anak melalui berbagai kegiatan yang di lombakan harus di selesaikan anak dan menuntut anak untuk berkata jujur bila telah menyelesaikan tugasnya dan pemberian reward berupa penjepit jemuran. Video ini sangat menginspirasi saya, dan saya akan mencobanya di dalam kelas saya.

  6. Assalamu’alaikum
    Ema Novita Sari
    857747038

    Menurut pendapat saya, metode yang dgunakan guru sudah baik. Sehingga membiasakan anak untuk berperilaku jujur.
    Terimakasih

  7. alawiyah
    melalui penjepit mainan kita akan mendapatkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini, selain itu ketertiban dan peraturan pun dapat diterapkan tanpa harud di minta.

  8. alawiyah
    melalui penjepit jemuran kita akan mendapatkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini selain itu, ketertiban dan peraturan pun dapat diterapkan tanpa harus di minta

  9. Nama : Zerlina Wulandari
    Nim : 858936308
    Judul : menanamkan kejujuran anak melalui kegiatan perlombaan menggunakan penjepit jemuran.
    – menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui kegiatan seperti perlombaan menggunakan media penjepit jemuran memiliki beberapa manfaat.
    Pertama, mengajarkan anak nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, dan fair play sejak dini.
    Kedua, anak-anak belajar tentang pentingnya berkompetisi secara adil tanpa kecurangan.
    Ketiga, hal itu membantu membangun karakter yang kuat dan integritas pada masa depan mereka.

  10. NAMA : MIFTA KUROHMAH
    NIM : 858 449 758
    VIDEO : MELALUI PENJEPIT JEMURAN

    Dalam video ini, tampaknya GPO menggunakan penjepit jemuran sebagai alat peraga atau metafora untuk mengajarkan konsep-konsep penting kepada anak-anak. Pendekatan ini dapat menjadi cara yang menarik dan interaktif untuk menyampaikan pesan-pesan moral dan edukasi.

    Misalnya, penjepit jemuran dapat digunakan untuk menjelaskan konsep tentang pentingnya saling memegang teguh dan menghargai satu sama lain. Seperti halnya penjepit yang saling mengunci, anak-anak dapat belajar bahwa kerjasama dan saling mendukung adalah hal yang vital dalam kehidupan.

    Selain itu, penjepit jemuran juga dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan konsep-konsep lain, seperti keberagaman, perbedaan, atau bahkan tanggung jawab. Kreativitas GPO dalam memanfaatkan benda sederhana seperti penjepit jemuran ini patut diapresiasi, karena dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna bagi anak-anak.

    Penggunaan media visual dan interaktif seperti ini juga dapat membantu anak-anak memahami konsep-konsep abstrak dengan lebih mudah. Mereka dapat terlibat secara langsung dan mengalami sendiri pembelajaran melalui contoh-contoh konkret yang disediakan.

    Secara keseluruhan, video ini menunjukkan bagaimana GPO mampu mengemas pesan-pesan edukasi dan moral dalam bentuk yang kreatif dan menarik bagi anak-anak. Penggunaan penjepit jemuran sebagai media pembelajaran dapat menjadi inspirasi bagi orang tua dan pendidik lainnya dalam menciptakan metode pengajaran yang inovatif dan efektif.

Leave a Reply