silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
NAMA: SONETA EFA SARANGA’
NIM:859416562
UPBJJ: MAKASSAR
JUDUL VIDEO: MENANAMKAN NILAI KEJUJURAN ANAK MELALUI PENJEPIT RAMBUT
Setalah monoton video tersebut, saran saya untuk menghadapi anak yang terlalu banyak seperti dalam video, sebaiknya gurunya juga ditambah dan untuk menanamkan nilai kejujuran seperti yang di lakukan guru dalam video menurut saya sangat unik dan kreatif. Bisa juga di terapkan di sekolah tempat saya mengajar.
Nama Saya Julianti Purba
NIM: 859940332
Menurut saya cara menanamkan nilai kejujuran di video ini memang unik dan sederhana. Jujur ini pertama kali saya melihat menandai anak menggunakan penjepit jemuran untuk menandai anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya dengan baik. Mungkin akan saya coba di kelas saya.
Nama : Sri Nuryanti
NIM : 859175663
Berdasarkan video tersebut, secara keseluruhan kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah cukup baik dan sesuai dengan upaya menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini dengan hal-hal seperti:
– Suasana Kelas:
Kelas terlihat kondusif dan terkendali, dengan jumlah anak yang ideal (20-25 anak), pembagian kegiatan menjadi 3 bagian memungkinkan guru untuk memberikan perhatian dan bimbingan yang lebih intensif pada setiap kelompok.
– Kegiatan Pembelajaran:
Pemilihan kegiatan yang bervariasi, seperti mewarnai, menggunting-menempel, serta menghubungkan gambar dengan lambang bilangan, sudah sesuai dengan karakteristik anak usia dini, penggunaan media yang menarik, seperti krayon, pensil warna, dan plastisin dapat meningkatkan antusiasme dan keterlibatan anak dalam pembelajaran.
– Penanaman Nilai Kejujuran:
Upaya guru untuk menekankan pentingnya kejujuran saat menyelesaikan tugas sudah tepat, pemberian penghargaan (Penjepit jemuran, pujian) bagi anak yang jujur dapat memperkuat penanaman nilai tersebut, dan memberikan kesempatan bagi anak yang belum dapat menyelesaikan tugas dengan jujur untuk mengungkapkan kendala yang dihadapi juga merupakan langkah yang baik.
Nama : Ruspita Sari
Nim : 858102834
Menurut saya cara menanamkan kejujuran dengan menggunakan penjepit ini sangat bagus d terapkan d sekolah
Vidio ini juga sangat bermanfaat dapat d jadikan contoh juga untuk sekolah kami
Nama : Ruspita Sari
Nim : 858102834
Menurut saya kegiatan ini sangat bagus d tetapkan d sekolah agar anak terbiasa jujur
Vidio ini juga sangat bermanfaat dapat d jadikan contoh juga untuk sekolah kami
NAMA : DELVI NUR INDAH SARI
NIM : 858756101
Setelah saya menonton vidio tersebut yang berjudul menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jamur ini sangat bermanfaat bagi saya dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini khususnya dilembaga saya. karena kejujuran dapat melatih anak untuk bertanggung jawab dalam mnyelesaikan tugas yang diberikan guru, dengan melalui kegiatan yang menarik sperti menggunakan media penjepit jemuran.
Nama :Ani Puji Astuti
Nim : 857631592
Setelah saya melihat video ini saya jadi terinspirasi untuk membuat ide kreatif agar anak-anak dapat mengerjakan tugas sampai selesai dengan tertib dan disiplin serta anak merasa senang… karena dengan kita memberikan penjepit jemuran anak-anak akan menganggap bahwa mereka mendapat reward sehingga mereka akan termotivasi untuk menyelesaikan tugas sampai selesai dan secara tidak langsung kita menanamkan kepada anak-anak untuk terbiasa bersikap jujur.semoga di video selanjutnya akan lebih bagus lagi sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada kita terutama saya bagaimana melakukan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.
Video tersebut dengan jelas menggambarkan bagaimana guru dapat menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui kegiatan yang sederhana namun bermakna. Dengan menggunakan pendekatan yang interaktif dan penghargaan yang sesuai, anak-anak didorong untuk selalu berkata jujur tentang kemampuan dan kemajuan mereka. Ini merupakan cara yang tepat dan efektif dalam membentuk karakter anak sejak usia dini, memberikan dasar yang kuat bagi perkembangan moral mereka di masa depan.
Nama : Dian Wahyuni
Nim : 859782299
Metode ini dianggap efektif karena anak-anak cenderung lebih terbuka dan jujur dalam menyampaikan pendapat mereka ketika mereka merasa dihargai dan diberi hadiah.
Nama: Nurlaili Suhailah
Nim: 859524114
Video tersebut sangat membantu dalam menerapkan sikap kejujuran pada Anak Usia Dini, dengan adanya penjepit tersebut pendidik akan mengetahui anak mana yang berkata jujur dan anak mana yang berkata bohong terhadap tugas-tugasnya.