silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Video pembelajaran tentang Menanamkan Nilai Kejujuran dengan penjepit Jemuran menambah pengetahuan dan pengalaman bagi saya dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran sejak dini, sangatlah penting kita tanamkan nilai-nilai kejujuran sejak dini hal ini karena akan menjadi pembelajaran hingga tua nanti, karakter jujur akan menjadi tonggak dasar bagi seseorang untuk berperilaku jujur dalam hidupnya.

  2. assalamualaikum
    nama;nabela maryama
    nim;858957555
    dari vidio ini cukup bermaanfaat bagi saya hanya saja penjepit bisa di ganti dengan benda lain agar anak bisa lebih senang dan bahagia jika sudah menyelesaikan sebuah kegiatan

  3. Nama : RIDA PRESTI RAHAYU
    NIM : 877318703
    Mohon izin menanggapi,

    Setelah melihat video pembelajran tersebut, Menanamkan nilai kejujuran melalui penggunaan penjepit jemuran bisa menjadi cara kreatif dan efektif untuk mengajarkan pentingnya kejujuran kepada anak-anak karena penggunaan penjepit jemuran bisa dijadikan simbol sederhana untuk kejujuran. Misalnya, setiap kali anak dapat menyelesaikan kegiatan dengan tuntas, mereka bisa diberikan sebuah penjepit jemuran sebagai tanda penghargaan. Ini memberikan visual dan fisik yang nyata untuk nilai abstrak seperti kejujuran.

  4. Nama : Nur Tahlia Mokodenseho
    Nim : 859952939
    UPBJJ : UT Manado

    Menurut saya metode dalam video tersebut efektif karena memberikan tanggung jawab kepada anak-anak untuk mengakui pekerjaan mereka sendiri. Ini juga mempromosikan kemandirian dan kepercayaan diri, karena anak-anak didorong untuk menyelesaikan tugas mereka tanpa pengawasan langsung.Menggunakan penjepit jemuran sebagai simbol penyelesaian tugas adalah cara yang visual dan interaktif untuk mengajarkan konsep kejujuran dan tanggung jawab.
    Masukan dan Saran:
    Selain kejujuran, metode ini bisa dikembangkan untuk mengajarkan nilai-nilai lain seperti kerjasama dan empati. Untuk menjaga kegiatan tetap menarik, variasi dalam tugas dan penggunaan penjepit jemuran bisa diimplementasikan. Setelah kegiatan, melakukan sesi refleksi bersama anak-anak untuk membahas apa yang mereka pelajari tentang kejujuran dan bagaimana mereka merasa tentang proses tersebut. Memberikan pengakuan atau pujian kepada anak-anak yang menunjukkan kejujuran dapat memperkuat perilaku positif tersebut.

  5. Nama : Sefi Kurniawati Mariam
    NIM : 859684527
    UPBJJ : Surabaya
    dari video pembelajaran diatas pendidik dapat mengkondisikan murid dengan sangat baik. dengan menggunakan penjepit jemuran maka dapat diketahui secara jujur mana anak yang sudah menyelesaikan dan mana yang belum menyelesaikan tugas yang diberikannya. dari video tersebut dapat dijadikan alternatif untuk menguji kejujuran murid akan tanggung jawab terhadap tugasnya dan memberikan manfaat untuk saya dalam mengkondisikan dan melatih kejujuran anak terima kasih.

  6. Video tersebut sangat menginspirasi dan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, dengan menggunakan jepitan jemuran dapat terlihat mana anak yang jujur dalam mengerjakan tugas dan mana yang tidak jujur

  7. dari vidio pembelajaran sangat bermanfaat meningkatkan kesepakatan penjepit jemuran memungkinkan anak anak melakukan kegiatan sampai selesai dan melatih kejujuran pada anak kegiatan ini membantu mereka memahami pentingnya kesepakatan dan kejujuran dalam kehidupan sehari hari

  8. Nama: Tsalitsa
    NIM: 858970404
    Kegiatan yang dilakukan (mewarnai, menggunting, menghubungkan gambar dengan angka) cukup bervariasi dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Dan penggunaan penjepit rambut sebagai penghargaan bagi anak yang jujur dalam menyelesaikan tugas merupakan ide yang menarik dan konkret bagi anak. Namun, perlu dipastikan bahwa anak-anak memahami konsep kejujuran dengan baik dan tidak hanya terfokus pada mendapatkan penjepit rambut saja.

  9. Nama: Makrifatul Hidayah
    NIM: 856833293

    Dari video pembelajaran diatas pendidik dapat mengkondisikan murid dengan sangat baik. dengan menggunakan penjepit jemuran maka dapat diketahui secara jujur mana anak yang sudah menyelesaikan dan mana yang belum menyelesaikan tugas yang diberikannya. dari video tersebut dapat dijadikan alternatif untuk menguji kejujuran murid akan tanggung jawab terhadap tugasnya dan menjadi inspirasi bagi kita sebagai pendidik PAUD untuk di tanamkan dalam kegiatan pembelajaran.
    Terimakasih GPO.

  10. Nama umi maesaroh
    Nim 858530559
    UPBJJ semarang

    Vidio pembelajaran di atas (cara menanamkan kejujuran pada anak )sangat bermanfaat dan bisa saya terapkan di dalam kelas

Leave a Reply