silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaarakatuh.
Nama: Nia Marda Widuri
Nim: 856646575
Judul vidio: Melalui Penjepit Jemuran
Karena banyaknya jumlah anak dikelas, guru tidak dapat mengontrol secara satu persatu anak. Kadang ada beberapa anak yang menyatakan dia sudah selesai mengerjakan semua tugasnya, padahal belum.
Untuk itu guru dapat menggunakan metode menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran, selain itu ketertiban dan keteraturan pun dapat diterapkan tanpa harus banyak bicara.
Vidio ini sangat bermanfaat bagi saya dan mudah dipahami. Solusi yang diberikan dalam vidio bisa diterapkan disekolah apa bila guru menemukan masalah yang sama dalam vidio.
Nama : Fariza Astuti
Nim : 857367489
Judul GPO melalui penjepit jemuran.
Dalam vidio tersebut yang dilakukan guru dalam menerapkan kejujuran kepada murid sudah benar. Dengan begitu murid dengan sendirinya akan tau arti dari kejujuran. Dan cara yang dilakukan oleh guru sangat unik dan cukup dimengerti oleh anak.
Nama : Fariza Astuti
Nim : 857367489
Judul GPO “melalui penjepit jemuran”
Dalam vidio tersebut yang dilakukan oleh guru sudah baik dan benar. Dengan demikian anak dapat tahu dengan sendirinya arti kejujuran melalui penjepit jemuran. Dan yang dilakukan guru cara mengenali kejujuran juga sangat unik dan mudah dipahami oleh anak
NAMA : ANIK TRIS WAHYUNI
NIM: 857757164
JUDUL VIDEO : MELALUI PENJEPIT JEMURAN
Menurut saya pembelajran diatas sangat menarik dan salah satu contoh yang bisa saya terapkan di lembaga saya, guru memberi semangat dengan melakukan tepukan kepada anak-anak agar anak lebih semangat dalam mengerjakan tugasnya.
Nama : Suriani
Nim : 856104366
Video “Melalui Penjepit Jemuran”
Video di atas sangat bermanfaat dan mengispirasi bagi saya. Karena video tersebut menjelaskan tentang cara menanamkan sikap jujur melalui perlombaan. Anak yang dapat menyelesaikan kegiatan akan diberi tanda menggunakan penjepit yang dijepitkan di bajunya. Memalui perlombaan tersebut anak-anak tampak antusias dalam menyelesaikan tugasnya.
Saran Masukan: penjepit jemuran bisa diganti dengan memberi reward, menempelkan satu bintang pada baju atau di tangan dan memberi pujian bagi anak yang sudah mampu menyelesaikan tugas dengan jujur kepada ibu guru.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Sri Rahayu
NIM : 859517466
Video “Melalui Penjepit Jemuran”
Dalam video pembelajaran tersebut tindakan yang dilakukan oleh guru sudah baik yaitu menanamkan kejujuran dengan tugas yang dilakukan anak didiknya,dengan mengajarkan pada anak agar tidak berbohong.Dan memberikan motivasi kepada anak agar selalu semangat dalam menyelesaikan tugasnya.
Videonya sangat bermanfaat dan menginspirasi untuk para guru.
Video yang di jelaskan diatas menurut saya sangat bermanfaat bagi guru PAUD, karena dengan memberi penjepit jemuran dapat menanamkan nilai kejujuran kepada anak.dan bermain penjepit jemuran juga merupakan suatu kesenangan bagi anak,dan cara lain menurut saya dengan memberikan apresiasi kepada anak yang sudah memiliki sikap jujur sehingga anak lain akan dapat menarik perhatiannya agar bersifat jujur. Dan cara ini menurut saya juga sangat efektif apalagi ketika mempunyai siswa yang banyak didalam kelas jadi guru dapat lebih mudah untuk melihat anak mana yang sudah menyelesaikan tugasnya dan mana yang belum. Sehingga anakpun tidak bisa berbohong dan dapat mengerjakan tugasnya dengan baik.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Siti Lestari
NIM : 857367471
Pada video tersebut, menggunakan penjepit jemuran untuk mengajarkan kejujuran dan kedisiplinan kepada anak-anak PAUD adalah cara yang kreatif dan efektif.
NAMA: ENDAH DWI YUSTIKA
NIM: 859688144
Menurut saya video tersebut cukup baik,selain melatih sikap kejujuran pada anak, video ini juga melatih rasa tanggung jawab anak terhadap tugas yang di berikan. memberikan saran pada pendidik dengan cara memberikan penghargaan bagi anak yang telah melaksanakan tugas hingga tuntas. Saran saya selain penjepit kita juga dapat memberikan reward yang lebih menarik untuk anak ,berupa gambar bintang pada tangan anak,stiker tersenyum,pujian atau memberikan gambar sesuai apa yang anak minati.
Isi dari vidio ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan saya sebagai guru PAUD. Saya jadi tahu bagaimana cara menanamkan kejujuran kepada anak yaitu dengan cara:
a. Pengetahuan tentang apa itu kebaikan
b. Merasakan serta mencintai kebaikan
c. Selalu Melakukan kebaikan
Dari vidio tersebut, guru menyampaikan cerita dgn intonasi yang baik, dan buku bergambar yg menarik membuat anak tampak antusiasmendengarkan cerita guru hingga selesai. Guru melibatkan anak dalam diskusi dan melakukan sesi tanya jawab dengan dengan isi cerita yg berjudul Kejujuran agar anak dapat mengikuti hal yang baik dan anak dapat menanamkan serta menerapkan nilai kejujuran dalam kehidupannya sehari-hari.