silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama. : MUHAYATI NUFUS
NIM : 857247395
Video sangat menarik..
Izin menanggapi , guru di tekankan untuk kreatif.
Dari video di atas guru sangat kreatif dalam memberikan pembelajaran tentang kejujuran yaitu dengan penjepit jemuran terutama dalam permainan seperti di atas.
Judul Video: Melalui penjepit Jemuran
Dengan menonton video pembelajaran ini saya ingin mencoba menanamkan nilai kejujuran anak melalui kegiatan kreatif seperti saat pembelajaran selalu beri pengertian ke anak untuk berkata jujur apabila anak sudah menyelesaikan tugasnya dan jika belum pun harus bilang
Nama :sutriyani
Nim :858317448
Menurut pendapat saya isi dari vidio tersebut sangat bagus ,dengan memberikan kegiatan yang menggunakan penjepit jemuran merupakan ide yang sangat kreatif dan menarik bagi siswa ,anak mampu melakukan kegiatan sampai selesai dapat melatih kejujuran pada anak dan dapat memberikan manfaat yang dapat di terapkan untuk pembelajaran sehari-hari anak dapat mengerjakan tugas yang diperintahkan oleh guru sesuai kemampuan dan perkembangan anak untuk menanamkan jiwa kejujuran pada anak sejak usia dini.selain itu guru juga di tuntut untuk lebih kreatif dengan memberikan pujian ke anak.
Menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran , dengan cara ini dapat dilihat anak mana yang jujur dengan tugasnya mana juga anak yang tidak jujur akan tugas nya , cara ini dapat melatih kejujuran pada anak juga sangat membantu untuk pendidik dengan murid yang banyak.
nama : Seli Agustiani
nim : 857367582
prodi : PGPaud
judlul : menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran
video ini sangat menginspirasi karena menanamkan kejujuran pada anak itu sangat penting, aturan dan ketertiban pun dapat diterapkan. anak dapat menjadi teratur dan anak selalu jujur. anak dapat menyelesaikan tugasnya sendiri tanpa berbohong
Nama : Haryanti
NIM : 857571118
Terimakasih atas videonya, semoga saya bisa mengaplikasikan dalam kegiatan disekolah
ada banyak cara untuk menanamkan kejujuran pada anak, bisa seperti pada video diatas memberi tanda pada anak yang telah mnyelesaikan kegiatan dengan menggunakan penjepit, bisa juga memberi tanda bintang atau hati menggunakan stempel, memberi reward dan memberi pujian kepada anak yang sudah jujur
sangat penting menanamkan kejujuran dari mulai anak usia dini
Nama : Yessy Dian Purnama
Nim : 856337713
Dari video yang saya tonton bisa dijadikan contoh dan sangat menginspirasi, dengan hal sederhana seorang guru bisa mendidik dan mengajarkan kepada anak didiknya tentang kejujuran yang memang harus ditanamkan sejak usia dini.
nama wahyu andriyani
nim 857986926
Pendekatan yang diambil oleh guru dalam menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui berbagai kegiatan di kelas TK tersebut sangat positif. Dengan memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak, guru menciptakan lingkungan yang mendukung untuk pembelajaran dan pengembangan karakter.
Melalui kegiatan seperti mewarnai gambar sesuai tema, menggunting dan menempel, serta menghubungkan gambar dengan lambing bilangan, anak-anak memiliki kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Selain itu, penggunaan stiker sebagai cara untuk mendorong kejujuran dan tanggung jawab pada anak adalah langkah yang tepat. Hal ini membantu anak memahami pentingnya berbicara jujur dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.
Pemberian tugas yang bervariasi juga memberikan kesempatan bagi setiap anak untuk merasa dihargai dan diberikan tantangan yang sesuai dengan kemampuannya. Selain itu, penghargaan berupa penjepit untuk anak yang telah menyelesaikan tugas dengan baik merupakan cara yang positif untuk memberikan pengakuan atas usaha dan prestasi mereka.
Dengan demikian, melalui pendekatan yang kreatif dan mendukung seperti ini, guru dapat efektif menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini, membangun fondasi yang kuat untuk perkembangan moral dan karakter mereka di masa yang akan datang
terimakasih
Nama: Istiqomah
Nim : 859684874
Dalam video pembelajaran ini, saya dapat mengambil ilmu dari metode yang digunakan guru dalam kelas untuk menanamkan kejujuran melalui berbagai kegiatan yang kreatif dan menarik, seperti kegiatan mewarnai, menempel, berkolase dan juga permainan yang sederhana yang bisa membantu mengembangkan keterampilan motorik dan kognitif sambil belajar kejujuran, penggunaan penjepit atau reword sebagai penghargaan bagi anak-anak yang jujur dalam menyelesaikan tugasnya adalah cara yang baik umtuk memotivasi mereka agar lebih baik lagi.
Nama: Mei Intan Maharani
Nim :877314738
Vidio ini sangat bermanfaat bagi guru dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan untuk guru/pendidik TK bagaimana cara menerapkan dan mengajarkan nilai kejujuran pada anak didik.