silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
NAMA : NABELLA SHANTIKA
NIM : 855888223
UPBJJ : BANDA ACEH
JUDUL VIDEO : Menanamkan Kejujuran Pada Anak Melalui Penggunaan Penjepit Jemuran.
Setelah saya mengamati setiap proses pembelajaran yang diterapkan dalam video diatas seperti menamankan kejujuran anak dalam menyelesaikan tugas sudah sangat baik. Dimana kejujuran harus diperkenalkan ke anak sedini mungkin agar mereka terbiasa berkata jujur.
Nama : Dina Khouf Nurul Karomah
NIM : 857380947
Mata Kuliah : PAUD4405 Profesionaloitas Guru PAUD
UPBJJ : Bogor Utara
Judul Video : Menanamkan Kejujuran Pada Anak Melalui Penggunaan Penjepit Jemuran
setelah saya mengamati setiap proses pembelajaran yang diterapkan dalam video diatas yaitu memberikan penjepit jemuran dan kemudian menjepitkannya pada kerah baju anak merupakan suatu cara unik dan kreatifitas guru tersebut dalam melaksanakan pembelajaran dengan menanamkan kejujuran pada anak. Guru perlu memberikan pijakan terlebih dahulu sebelum berkegiatan dimulai agar anak dapat mengerti apa yang harus anak kerjakan. Pemberian jepitan jemuran dapat dikatakan sebagai reward atas hasil kerja anak. Hal ini dapat memberikan saya motivasi untuk menciptakan reward apa yang akan saya beri atau dengan menggunakan media apa agar saya dapat membedakan anak yang sudah menyelesaikan tugasnya dengan jujur.
Melalui video tersebut, hal yang dapat saya pelajari yaitu bagaimana cara menanamkan kejujuran pada anak lewat pertanyaan “sudah dan belumnya” dalam mengerjakan tugas. Dan sebagai bentuk tanda kepada anak yang telah menyelesaikannya dapat di taruh jepitan jemuran pada baju anak.
Jovita Abigael
858463512
Kegiatan yang dilakukan dalam suasana kelas TK tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan, yaitu menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Guru memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami oleh anak, seperti mewarnai gambar sesuai tema, menggunting dan menempel, serta menghubungkan gambar dengan lambang bilangan.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berbicara jujur apabila mereka sudah dapat menyelesaikan tugasnya. Sebaliknya, anak harus terus terang jika mereka tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan menggunakan stiker.
Tugas-tugas yang diberikan guru, seperti menggunting pola gambar kupu-kupu, mewarnai gambar kupu-kupu, menghitung gambar binatang bersayap, dan mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kuning, dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus, kognitif, dan kecerdasan visual-spasial. Selain itu, tugas-tugas tersebut juga dapat melatih anak dalam fokus, kehati-hatian, dan observasi.
Dengan memberikan berbagai tugas yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membantu anak-anak mengembangkan berbagai keterampilan dan pengetahuan. Dengan demikian, cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini adalah dengan memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan mereka.
Nama Eka maryanti
NIM 859812449
UPBJJ:PALEMBANG
Kegiatan yang dilakukan dalam suasana kelas TK tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan, yaitu menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Guru memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami oleh anak, seperti mewarnai gambar sesuai tema, menggunting dan menempel, serta menghubungkan gambar dengan lambang bilangan.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berbicara jujur apabila mereka sudah dapat menyelesaikan tugasnya. Sebaliknya, anak harus terus terang jika mereka tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan menggunakan stiker.
Tugas-tugas yang diberikan guru, seperti menggunting pola gambar kupu-kupu, mewarnai gambar kupu-kupu, menghitung gambar binatang bersayap, dan mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kuning, dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus, kognitif, dan kecerdasan visual-spasial. Selain itu, tugas-tugas tersebut juga dapat melatih anak dalam fokus, kehati-hatian, dan observasi.
Dengan memberikan berbagai tugas yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membantu anak-anak mengembangkan berbagai keterampilan dan pengetahuan. Dengan demikian, cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini adalah dengan memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan mereka.
Nama : Hasanah
Nim : 858316224
Dalam video yang berjudul “melalui penjepit jemuran” sangat baik dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui kegiatan mewarna melatih di siplin anak dalam menyelesaikan kegiatannya serta melatih motorik halus anak dan melatih anak agar selalu berkata jujur dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh ibu guru.
Nama :Maya Badriyah
NIM:857509574
Judul video:
Menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit baju.
➡️ Pada video tersebut menggambarkan mengenai kegiatan anak-anak di kelas, Di mana mereka sedang melakukan beberapa tugas seperti mewarnai gambar, gunting dan bermain plastisin, video tersebut sangat menginspirasi karena di dalamnya terdapat solusi untuk menanamkan nilai kejujuran kepada anak yaitu melalui penjepit baju, pada kegiatan main sering ditemukan anak yang tidak menyelesaikan pekerjaannya karena beberapa faktor, dan banyak pulau yang selesai dengan baik, untuk memberikan motivasi mengenai nilai kejujuran maka setiap kali mereka selesai menyelesaikan tugasnya maka mereka diberikan tanda dengan jepitan baju, hal ini membuat mereka senang dan mereka akan memiliki sifat jujur.
Nama : Irma Sulistiya Ningsih
NIM : 858161537
Mohon izin menanggapi,
Dalam menangani anak yang jumlahnya sangat banyak di kelas,maka guru memiliki cara untuk menanamkan nilai kejujuran dengan penjepit baju seperti yang diperlihatkan dalam video tersebut.Agar lebih mudah mengetahui mana anak yang sudah menyelesaikan tugasnya dan mana anak yang belum menyelesaikan tugasnya.Kita sebagai pendidik bisa mencontoh cara menanamkan nilai kejujuran pada anak dengan cara tersebut.
Terima Kasih
Dalam video yang berjudul “melalui penjepit jemuran” sangat baik dalam menanamkan nilai- nilai kejujuran pada anak melalui kegiatan mewarna serta melatih dan menerapkan di siplin anak dalam menyelesaikan suatu tugas yang di berikan oleh pendidik. Video ini sangat bermanfaat bagi saya agar bisa mengajarkan nilai-nilai kejujuran pada anak didik saya.
Apa yang dilakukan seorang guru di dalam video tersebut sangat tepat. Anak diminta berperilaku jujur saat mengumpulkan tugas. Anak yang sudah mengumpulkan tugas diberi penjepit jemuran, hal itu membuat guru lebih mudah mengenali mana anak yang sudah atau belum selesai. Selain itu anak-anak juga dapat disiplin, tertib, dan teratur. Walaupun masih ada anak yang belum menyelesaikan tugasnya dan tidak berkata jujur.