silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama:Baiq alya ro’aina cahyani
    Nim:859167634

    Melihat video di atas seperti melihat diri sendiri ketika sedang mengajar, masalah yang Sering di temui guru yang di atas sama seperti saya di sekolah yang kurang nya tenaga guru tidak se banding dengan banyak nya siswa di kelas, cara guru menanamkan nilai kejujuran seperti video diatas sangat inspiratif bagi kami semua.
    Saran dari saya ketika anak yang sudah menyelesaikan kegiatan lebih awal guru bisa mengajak anak bermain di dalam kelas, seperti bermain balok agar nanti anak satu dengan yang lainnya keluar bermain nya sama-sama.

  2. assalamu’alaikum wr, wb
    izin menanggapi vidio diatas,
    menurut saya, cara guru di dalam vidio tersebut agar anak mempunyai disiplin dan sikap jujur sudah sangat tepat. guru juga memberi kesempatan kepada anak untuk melatih sifat jujr nya. saya sangat terbantu dengan adanya vidio ini.
    terimakasih

  3. Assalamualikum, wr.wb.
    Pembelajaran pada usia anak dini sangatlah unik. Karena anak” perlu dipahamkan tentang sebuah nilai tidak hanya dengan kata-kata tapi juga dengan aktifitas. Dengan beragam aktifitas sebenarnya melatih anak bertanggungjawab terhadap tugas dan muncul nilai kejujuran bisa/tidak bisa, selesai/ belum selesai, karya sendiri/dibuatkan. Hal-hal sederhana tapi bermakna bagi anak. Karena pondasi dimulai dr usia dini

  4. Nama: Rani Anjelsari
    Nim : 8592424309
    Menurut saya video tersebut ,Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini dengan metode bermain ..
    Kita sebagai guru memang sudah seharusnya memberikan pembelajaran yang kreatif apalagi dalam hal nilai kejujuran yang di terapkan anak pada kehidupan sehari hari .
    Dengan kegiatan bermain di selangi dengan menanamkan nilai kejujuran .
    Ini bisa menjadi pembelajaran yang bermakna untuk anak.

  5. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Mella sari
    Nim : 855888588
    Video tentang menanamkan kejujuran anak melalui penjepit jemuran memiliki manfaat yang unik dan kreatif dalam pendidikan moral anak. Berikut adalah beberapa manfaat adanya video tersebut:

    1. Simbol dan Metafora Visual:

    – Penjepit jemuran dapat menjadi simbol visual yang kuat untuk menggambarkan kejujuran dan integritas. Anak-anak dapat dengan mudah mengaitkan penjepit jemuran dengan nilai kejujuran setiap kali melihatnya.

    2. Pengajaran Konsep Abstrak:

    – Melalui video, konsep abstrak seperti kejujuran dapat diilustrasikan dengan cara yang lebih konkret dan mudah dipahami oleh anak-anak. Mereka dapat melihat bagaimana kejujuran seperti penjepit jemuran yang kuat dan kokoh.

    3. Daya Tarik Visual:

    – Video dengan penjepit jemuran sebagai fokus utama dapat menarik perhatian anak-anak dan membuat pembelajaran tentang kejujuran menjadi lebih menarik dan berkesan.

    4. Kreativitas dalam Pembelajaran:

    – Penggunaan objek sehari-hari seperti penjepit jemuran dalam video dapat merangsang kreativitas anak-anak dalam memahami dan menginternalisasi nilai kejujuran.

    5. Pembelajaran Interaktif:

    – Anak-anak dapat terlibat secara aktif dalam menonton video, mungkin dengan menyusun ulang penjepit jemuran atau mencoba mengaitkannya dengan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

    6. Penguatan Nilai Keluarga:

    – Video tentang kejujuran melalui penjepit jemuran dapat menjadi sarana untuk memperkuat nilai-nilai keluarga tentang kejujuran dan integritas.

    7. Memperkuat Asosiasi Positif:

    – Dengan sering melihat penjepit jemuran sebagai simbol kejujuran, anak-anak dapat membentuk asosiasi positif terhadap nilai-nilai moral tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    Dengan adanya video tentang menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran, anak-anak dapat belajar nilai-nilai moral dengan cara yang kreatif, visual, dan berkesan, meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya kejujuran dalam interaksi sosial dan kehidupan sehari-hari.

  6. Nama : LULUK IDNAWATI
    NIM : 858965205
    Menurut pendapat saya video tersebut sangat bagus dan bisa menjadi referensi kita sebagai guru PAUD untuk melakukan penanaman kejujuran anak pada usia dini dalam kegiatan disekolah. sebab anak usia dini tidak hanya diajarkan calistung dalam sekolah, pelajaran tentang sikap dan moral perlu kita ajarkan sejak dini. karena bisa mempengaruhinya dalam bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. apalagi pada masa anak – anak, anak akan mudah untuk ditanamkan rasa kejujuran tersebut. karena kebanyakan anak akan mengikuti apa yang dikatakan atau dilakukan oleh guru disekolah.

  7. Menanamkan nilai-nilai kejujuran lebih efektif ditanamkan mulai dari usia dini. Namun menerapkan pada anak usia dini haruslah dengan metode yang sesuai dengan usianya, agar nilai-nilai yang kita tanamkan dapat terserap dengan baik, serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang diterapkan pada video tersebut dengan menerapkan nilai-nilai kejujuran melalui metode permainan sangatlah kreatif, karena anak-anak akan mudah mengingat pembelajaran yang disampaikan melalui permainan yang menyenangkan.

    Terima Kasih

  8. NAMA : NUR AFIFAH
    NIM : 857757655
    Judul: Menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD Melalui Penjepit Jemuran

    Menanamkan kejujuran pada anak melalui penjepit jemuran adalah strategi yang efektif dalam mengembangkan nilai-nilai etika pada anak usia dini. Penjepit jemuran digunakan sebagai alat untuk memberikan reward kepada anak yang telah menyelesaikan tugasnya dengan jujur. Dalam beberapa contoh, guru memberikan penjepit jemuran kepada anak yang telah menyelesaikan tugasnya dengan jujur, sehingga anak tersebut dapat menempelkan penjepit tersebut di bajunya sebagai simbol kejujuran. Dengan demikian, anak tersebut akan merasa bangga dan motivasi untuk terus berperilaku jujur dalam kegiatan-kegiatan yang akan datang. Namun, penjepit jemuran mungkin tidak efektif untuk anak yang memiliki kemampuan atau keterampilan yang lebih rendah. Anak-anak ini mungkin tidak dapat menyelesaikan tugas dengan cepat atau dengan benar, sehingga tidak dapat memperoleh penjepit jemuran. Hal ini dapat mengakibatkan anak-anak tersebut merasa emosi, merasa tidak dihargai, tidak memiliki motivasi untuk jujur dan tidak memiliki motivasi untuk belajar.

  9. Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarakatuh
    Nama : Lilis Lisnawati
    NIM : 857526864
    Semster 2 PGPAUD UPBJJ Bandung

    Menurut saya videonya sangat singkat namun melekat, memberikan saya pemahaman bahwa menanamkan kejujuran anak sejak usia dini sangatlah diharuskan , dan salah satu cara yang menarik dan efektif dapat saya fahami dari Video tersebut. Bahwa melalui tindakan bukan hanya sekedar kata kata adalah yang akan melekat pada anak

  10. Nama : Sukma Wati
    NIM : 858317921
    UPBJJ : Banjarmasin

    menanam kan nilai-nilai kejujuran sangatlah penting ditanamkan kepada anak sejak sedini mungkin. utamanya pada usia PAUD, seorang guru hendaknya dapat memberikan pembelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai kejujuran. guru dapat memberikan pembelajaran yang berkaitan dengan kejujuran anak.
    pada video diatas, guru memberikan penjepit jemuran kepada anak yang telah menyelesaikan tugasnya dengan jujur, sehingga anak tersebut dapat menempelkan penjepit tersebut di bajunya sebagai simbol kejujuran. Dengan demikian, anak tersebut akan merasa bangga dan motivasi untuk terus berperilaku jujur dalam kegiatan-kegiatan yang akan datang.

Leave a Reply