silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Nurholipah
Nim : 857109368
Pada video tersebut kurangnya awal pembukaan seperti memberikan salam dan mengecek kehadiran siswa. Namun, pada pemberian materi cukup baik siswa dan siswi cukup aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tanpa adanya rasa takut untuk menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh guru dan berani untuk maju ke depan. Keadaan kondisi kelas pun cukup baik, ketika guru sedang menjelaskan banyak yang memperhatikan gurunya ketika pemberlajaran sedang berlangsung. Penutup pembelajaran cukup baik dengan adanya arahan dari guru untuk belajar kembali di rumah tentang apa yang telah di pelajari hari ini di sekolahnya. Tetapi pada selesai pembelajaran sebaiknya mengucapkan salam terlebih dahulu sebagai penutup.
NAMA : KARNIA EKA PUJA WINDARTI
NIM : 858685519
PRODI : PGSD AKPMM S1
UPBJJ : SURABAYA
POKJAR : JOMBANG
Menurut pendapat saya tentang vidio pembelajaran yang telah saya amati adalah sebagai berikut :
1.Kelebihannya guru yang menjelaskan tadi sudah dengan cara yang baik dan pengucapan nahasa yang sopan juga ramah sehingga anak-anak bisa merasa nyaman dan berani maju ke depan ketika ditawari siapa yang mau mencoba
2.Kekurangannya menurut saya adalah guru tersebut tidak mengalawi pembelajaran dengan berdoa,tidak memotivasi siswa juga tidak memberikan gambaran awal tentang materi yang diajarkan dengan kegiatan di kehidupan sehari-hari
3.Saran yang bisa saya berikan adalah
*Hendaknya membuka pembelajaran dengan berdoa,menanyakan kabar dan mengabsen
*Selanjutnya memberikan gambaran materi dengan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari agar anak paham konsepnya bukan hanya hafal rumusnya
Sekian Terimakasih
Nama : Pikamanda
Nim : 858422699
Pada video tersebut pertama tama sebelum mulai pelajaran mengucapkan salam , dan mengecek kehadiran siswa, kemudian mulai ke pembelajaran intinya setelah itu memberikan tugas dan mengucapkan salam penutup
Nama : Destiana
Nim : 858081841
Prodi : PGSD BI
guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, dan tidak mengecek kehadiran siswa alangkah lebih baik lagi jika guru menggunakan media pembelajaran untuk membuat siswa lebih tertarik untuk memperhatikan penjelasan
Nama EKO MARIYADI
Nim 837607643
Pokjar Jenggawah
UPBJJ JEMBER
Menurut saya
dalam video yang disajikan diatas adalah guru telah menjelaskan tentang materi matematika yaitu sifat operasi hitung pada matematika. pada video diatas belum memberikan pembukaan yang lengkap kemungkinan dikarenakan pada saat itu merupakan penjelasan lanjutan pada saat mengajar.
kemudian guru meminta siswa untuk meriview materi pelajaran yang sudah diberikan kembali secara mandiri, lalu guru menjelaskan kembali tentang sifat-sifat operasi hitung. Penjelasan yang diberikan cukup jelas dengan memberikan soal contoh pada siswa serta pertanyaan ulang untuk siswa yang belum mengerti.
kemudian pada saat penutupan sebaiknya guru memberikan kesimpulan pada materi pembelajaran yang diberikan agar siswa lebih paham dengan materi tersebut. Untuk materi matematika ini guru juga memberikan soal latihan pada siswa agar mereka bisa berlatih dirumah dan menjadikan materi lebih mudah dipahami untuk waktu selanjunya. Jadi pembelajaran masih belum efektif.
Nama : Nur Hamdiyah
NIM : 858737473
UPBJJ: Surabaya
Kelebihan :
pada video pembelajaran tersebut Guru sudah cukup baik dan terampil dalam menyapaikan pembelajaran. Guru mampu mengaitkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa, sehingga dapat membuat pelajaran yang disajikan lebih bermakna. Pada kegiatan inti, guru sudah melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menyelesaikan soal, dimana hal tersebut membuat siswa erperan aktif sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Tampak guru sangat menguasai materi pembelajaran yang disampaikan. Pada kegiatan penutupan juga tampak guru telah menyimpulkan pembelajaran atau menyampaikan inti pelajaran.
Kekurangan :
Pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, guru juga tidak tampak guru menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa, dimana hal tersebut sangat penting untuk dapat menciptakan susana belajar yang kondusif sehingga siswa akan lebih siap menerima pembelajaran, sehingga materi pembelajaran yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh siswa.
Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang akan lebih memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan, tampak guru hanya menggunakan metode ceramah yang cenderung akan mengurangi mint siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, dimana guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan diakhir pembelajaran.
Saran :
Hendaknya guru melakukan kegiatan awal dengan rinci yakni menyampaikan tujuan pembelajaran dan membangkitkan motivasi siswa sehingga siswa semangat dalam memulai pembelajaran. untuk memaksimalkan pemahaman siswa, sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran. serta menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi seperti kegiatan diskusi dan sebagainya, agar pembelajaran menjadi lebih aktif dan hidup.
Nurlia Sari Nasution
856025135
PGSD
Pada video pembelajaran di atas guru cukup baik dalam memulai pembelajaran.Dalam membuka pembelajaran guru tersebut sudah mampuh membuat kaitan dengan mereview materi pelajaran yang sudah diberikan minggu lalu.Kemudian guru tersebut menjelaskan kembali tentang sifat-sifat operasi hitung.Sehinggah dapat membuat pembelajaran yang disajikan lebih bermakna dan sangat membantu siswa untuk semangat dalam proses belajar mengajar Sehingga pada kegiatan inti guru sudah dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar berjalan lancar dan lebih bermakna bagi siswa.
Kekurangan:
-Pada video pembelajaran di atas pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
-Pada saat menutup pelajaran sebaiknya guru memberikan kesimpulan pada materi pembelajaran yang diberikan agar siswa lebih paham dengan materi tersebut serta memberikan tugas PR agar lebih jelas materi yang telah diajarkan
– Pada video pembelajaran di atas sebaiknya guru menggunakan media/chart agar siswa betul-betul mengerti dengan materi yang telah diajarkan.
NAMA : Novita Rindiani
NIM : 857098559
Prodi : PGSD AKPMM S1
UPBJJ : JAKARTA
POKJAR : KALIDERES
berdasarkan video yang disajikan tahapan mengajar yang dilakukan telah sesuai. dimulai dengan pembukaan dan pengulasan materi sebelumnya, lalu dilanjutkan dengan masuk ke materi yang hendak di jelaskan lalu dilakukan penutupan dengan memberikan kesimpulan. dan dari yang saya amati apresiasi guru, interaksi guru kepada siswa, dan cara tanya jawab sudah bagus
Video menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa SD mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung serta penggunaannya untuk menyelesaikan operasi hitung.
Namun, ada beberapa kelemahan pada video tersebut.
1. Guru tidak memberikan motivasi
2. Kurang membangun komunikasi
3. Tidak ada media pembelajaran
4. Guru tidak memberikan evaluasi
5. Peserta didik sebagian kurang bersemangat
Kelebihan :
pada video pembelajaran tersebut Guru sudah cukup baik dan terampil dalam menyapaikan pembelajaran. Guru mampu mengaitkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa, sehingga dapat membuat pelajaran yang disajikan lebih bermakna.
Kekurangan:
-Pada video pembelajaran di atas pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
-Pada saat menutup pelajaran sebaiknya guru memberikan kesimpulan pada materi pembelajaran yang diberikan agar siswa lebih paham dengan materi tersebut serta memberikan tugas PR agar lebih jelas materi yang telah diajarkan
– Pada video pembelajaran di atas sebaiknya guru menggunakan media/chart agar siswa betul-betul mengerti dengan materi yang telah diajarkan.