silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Menurut saya berdasarkan vidio diatas guru sudah menguasai materi tentang operasi bilangan. Guru juga sudah menyampaikan operasi hitung dengan baik pada siswa. Pembelajaran dimulai dengan guru menerangkan tentang materi pembelajaran kepada siswa dan guru langsung memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakannya dipapan tulis. Hal ini bagus dilakukan supaya siswa lebih berani lagi dikelas.
Nama : Egi Rianingsih
NPM : 856860269
Menurut saya berdasarkan vidio diatas guru sudah menguasai materi tentang operasi bilangan. Guru juga sudah menyampaikan operasi hitung dengan baik pada siswa. Pembelajaran dimulai dengan guru menerangkan tentang materi pembelajaran kepada siswa dan guru langsung memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakannya dipapan tulis. Hal ini bagus dilakukan supaya siswa lebih berani lagi dikelas
Nama : Dinda Lestari
NIM : 859893226
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
Pokjar : Sei Balai – BatuBara
Analisi Video “ Memahami Sifat Pada Operasi Hitung”
Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut, guru dalam video sudah menguasai materi dan juga sudah mampu menyampaikan dengan baik kepada siswa. Pembelajaran dimulai dengan menyampaikan materi, kemudian guru juga memberikan kesempatan kepada siswa dengan maju kedepan untuk mengerjakan soal di papan tulis yang diberikan oleh guru tersebut. Kegiatan tersebut dapat membangun rasa percaya diri siswa atas tantangan yang sudah diberikan oleh guru mereka.Diakhir Pelajaran guru juga memberikan refleksi kepada siswa dengan bertanya Kembali tetntang Pelajaran yang sudah disampaikan oleh guru.
Terdapat juga kelemahan pada video tersebut. tidak adanya kegiatan awal dalam pembelajaran tersebut seperti menanyakan kabar siswa, berdoa, serta guru di dalam video juga tidak menggunakan ice breaking di Tengah-tengah pembelajaran agar siswa tidak merasa bosa saat pembelajaran berlangsung.
Nama : Sintya Novitasari Aramanda
NIM : 857460933
menurut hasil analisis saya, dalam kegiatan pembelajaran guru dapat menguasai kondisi keadaan kelas agar kondusif sehingga perhatian anak terfokus untuk belajar. selain itu guru mampu dengan baik menguasai materi pembelajaran sehingga dalam penyampaian materi dapat mudah dimengerti oleh anak sehingga dalam kegiatan belajar anak terlibat aktif sehingga pada saat guru bertanya anak dapat menjawab dengan tepat, serta pada saat guru memberikan latihan soal anak dengan penuh percaya diri untuk maju kedepan. namun dalam kegitan belajar lama kelamaan anak akan merasa bosan dalam belajar sehingga diperlukan permainan yang dpat mencairkan suasan belajar anak berupa ice breaking sehingga anak tetap bersemangat dalam belajar ataupun guru dapat menggunakan media atau alat peraga dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak serta anak penasaran dengan media yang digunakan oleh guru tersebut.
terimakasih,
Nama : Pransiska Elva Sari
NIM : 856828363
Menurut analisis saya,siswa sangat semangat dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dan antusias sekali terutama saat mendapat kesempatan maju kedepan.namun sayangnya dalam kegiatan pembelajaran kurang adanya alat peraga yang mendukung kegiatan pembelajaran.
Namun terlepas dari hal tersebut guru terlihat menguasai materi yang disampaikan kannya.serta mempunyai hal hal unik dalam kegiatan pembelajaran yaitu meskipun dengan alat seadanya guru mampu menyampaikan materi serta memberikan kesempatan siswa maju kedepan mengerjakan soal secara spontan.dan diakhiri dengan pertanyaan kepada siswa tentang pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.namun akan lebih baik lagi untuk memotivasi siswa agar tidak jenuh dan agar lebih semangat lagi sebaiknya guru memberikan ice breaking di sela sela pembelajaran. Dan adanya alat peraga untuk mempermudah pemahaman siswa tentang operasi hitung.
Nama : Rani Susanti
Nim : 856462783
Pokjar : sei. Lalak
Assalamualaikum Wr.wb.
Menurut saya dalam video di atas, tidak ada pembukaan kelas dan tidak ada absensi siswa. Guru langsung menjelaskan tentang materi. Selain itu guru sudah sangat bagus dalam menjelaskan materi sehingga anak- anak sangat antusias untuk mengerjakan
soal-soal.
Nama : Ferra Agustini
NIM : 856820691
Menuru Pendapat saya,setelah menonton Vidio Pembelajaran Memahami Sifat Pada Operasi Hitung, sebelum menyampaikan materi guru tersebut tidak memulai pembelajaran dengan terlebih dahulu berdoa,lalu tidak di awali dengan ice breaking di awal dan dipertengahan pembelajaran, tujuannya agar peserta didik tidak merasa jenuh ataupun membosankan di dalam pembelajaran Matematika, Di dalam pproses pembelajaran guru menjelaskan dan menyampaikan materi tentang sifat pada operasi hitungan dengan baik dan jelas,tetapi hendaknya di dalam penyampaian materi tersebut alangkah lebih baik menggunakan media pembelajaran,seperti menampilkan vidio2 Pembelajaran agar nantinya materi yang disampaikan lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh peserta didik di dalam kelasnya. Dan selama proses pembelajaran guru tersebut memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk maju kedepan kelas secara spontan,yang mana tujuannya adalah dapat menimbulkan interaksi antara guru dan siswa didalam kelas,selama proses pembelajaran tersebut.
Setelah saya melihat video di atas tentang memahami sifat pada operasi hitung,saya melihat pada saat guru membuka pelajaran belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Saat pembelajaran berlangsung guru kurang berinteraktif dengan siswa. Pada saat guru menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberikan soal. Namun tetapi guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan menggunakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan turun, kemudian mengungkapkan bagaimana memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diberikan yaitu sifat-sifat operasi hitung.
Nama : Indri meisi arsinta
Nim. : 856820717
Pokjar. : kota Bengkulu
Setelah saya melihat video di atas tentang memahami sifat pada operasi hitung,saya melihat pada saat guru membuka pelajaran belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Saat pembelajaran berlangsung guru kurang berinteraktif dengan siswa. Pada saat guru menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberikan soal. Namun tetapi guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan menggunakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan turun, kemudian mengungkapkan bagaimana memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diberikan yaitu sifat-sifat operasi hitung.
Nama : Dinda Khairati
Nim : 878258213
Menurut analisis saya, video ini menggambarkan bagaimana cara menjelaskan kepada siswa sekolah dasar mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan cara penyelesaian soal hitungannya. guru sudah menyampaikan pemahaman sifat pada operasi hitung dengan baik dan benar. Guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan soal pembahasan yag diberikan. Dari proses pembelajaran yang sedang berlangsung guru perlu meningkatkan kemampuan berinteraktif dengan siswa, serta pengunaan media pembelajaran yang bervariatif, sehingga meningkatkan keaktifan siswa.