silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

483 Comments

  1. Nama : Kiki Rizki Amalia
    NIM : 856068592
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Asahan

    Menurut saya pada video pembelajaran diatas sudah cukup baik, siswa juga cukup antusias dalam proses kegiatan belajar mengajar, terbukti mereka dapat memahami dan menjawab soal-soal yang diberikan dengan baik.

    Hanya saja pada saat memulai pembelajaran saya tidak menenmukan adanya kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup, dan hanya terlihat kegiatan inti saja, sehingga membuat siswa kurang termotivasi dalam belajarnya.

  2. NAMA : RIDAYAH
    NIM : 857013971
    PROGRAM STUDI : S1-PGSD/SEMESTER 6
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    POKJAR : KALIREJO

    Hal unik yang saya temukan dalam video yaitu nada bicara guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Perbaikan yang dapat saya sarankan yaitu Sebaiknya guru menggunakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa karena siswa terlihat kurang bersemangat dan kurang aktif.

  3. Nama : Ahmad Faizal Amin
    NIM : 858901352
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Giri

    Setelah saya analisa pada video pembelajaran diatas sudah cukup baik, siswa juga cukup antusias dalam proses kegiatan belajar mengajar, hal tersebut dibuktikan dengan reaksi mereka yang dapat memahami dan menjawab soal-soal yang diberikan guru dengan baik.

    Hanya saja pada video tersebut saat guru memulai pembelajaran saya tidak menemukan adanya kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup, dan hanya terlihat kegiatan inti saja, sehingga membuat siswa kurang termotivasi dalam belajarnya.

  4. Nama : Bimo Kurniadi
    NIM : 859258379
    Pokjar : Sumba Timur

    Menurut saya, kegiatan KBM yang dilakukan oleh ibu guru pada video tersebut sudah sangat baik. namun, ada beberapa kegiatan yang belum nampak pada kegiatan tersebut, contohnya:
    – Pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan appersepsi (memberikan salam, mengatur ruang kelas, tanya jawab materi yang sudah dipelajari sebelumnya), pemberian motivasi belajar dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai oleh siswa setelah pembelajaran selesai dilakukan.
    – Pada kegiatan inti pembelajaran, tidak nampak guru menggunakan alat peraga dalam menjelaskan materi pembelajaran, pemberian tugas latihan secara individu kepada siswa juga tidak nampak dalam video.
    – Pada kegiatan akhir pembelajaran, kegiatan post test tidak nampak.

  5. Nama : Darmawati
    Nim. : 856573316
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Jambi
    Pokjar : muara sabak

    Assalamualaikum wr,Wb
    Menurut saya pada video pembelajaran di atas sudah cukup baik, siswa juga sepertinya sangat antusias dan mudah memahami apa yang sedang guru tersebut ajarkan, siswa juga mampu menjawab soal soal yang disajikan oleh guru…. Tinggal ada sedikit penambahan mengenai sifat sifat bilangan dan juga seharusnya ada salam pembuka dan juga kegiatan penutupnya karena pada video tersebut menurut saya langsung pada kegiatan inti saja.

  6. Nama : SITI KOMSIATI
    NIM : 856944664
    Semester/Kelas : 8/D
    POKJAR : SIDOMULYO

    ANALISA VIDEO
    Judul : Memahami Sifat Pada Operasi Hitung

    Assalamualaikum,WR,WB.
    Izin menyampaikan pendapat, Setelah saya melihat, menyimak ataupun mendengarkan video pembelajaran diatas tentang memahami sifat pada operasi hitung, pembelajaran yang sudah dilakukan Guru diatas cukup bagus. Tidak menutup kemungkinan ada kekurangan dan juga ada kelebihannya. diantaranya:

    1. Reaksi Siswa pada saaT pembelajaran cukup antusias, hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah Anak yang mau maju ke depan ketika Guru melakukan sesi tanya-jawab. Meskipun Guru hanya menggunakan metode ceramah, tetapi beberapa siswa terlihat berperan aktif untuk maju ke depan menyelesaikan soal tentang operasi hitung.

    2. Kelemahan yang dapat Saya analisis adalah:Kemampuan Guru menguasai materi masih kurang. Hal ini ditunjukkan saat Guru sedikit ragu ketika ia mencontohkan sifat operasi hitung distributif. Selain itu juga, pemanfaatan media yang kurang. Selama pembelajaran berlangsung, Guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan Siswa. Hanya beberapa Siswa saja yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung materi yang sudah mereka terima.

    3. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah Guru mampu melibatkan Siswa dalam pembelajaran. Siswa terlihat aktif menjawab ketika Guru bertanya dan mampu mengkondisikan Siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang.

    4. Siswa dan Guru memiliki kepercayaan yang cukup baik, sehingga meskipun Guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, Siswa tetap memperhatikan dan antusias untuk maju ke depan menyelesaikan latihan dari Guru.

    5. Menurut Saya, Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran semakin baik adalah:
    Sebaiknya, selain mengaitkan pembelajaran sebelumnya kegiatan pendahuluan, seperti berdoa, menyanyikan lagu nasional, bisa juga menambahkan kegiatan literasi dan yang terpenting adalah menyampaikan tujuan pembelajaran serta motivasi yang dapat meningkatkan semangat dan minat belajar. Kemudian, pada kegiatan inti, Guru bisa mengolaborasikan beberapa metode, tidak hanya ceramah dan tanya jawab, tetapi bisa juga dengan metode diskusi dengan cara membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kemudian memberikan soal latihan sebagai alat penilaian selama pembelajaran. Lalu, pada kegiatan penutup, selain memberikan kesimpulan, Guru bisa mereview ulang materi yang telah ia sampaikan dan memberitahu sekilas tentang materi selanjutnya. Jika diperlukan Guru bisa memberikan motivasi sebelum mengakhiri pembelajaran, serta berdoa bersama. Dan mengakhiri pembelajaran.

    Cukup sekian pendapat dari Saya, kurang lebihnya Saya mohon ma’af.
    dan Saya akhiri.
    Wassalamualaikum,wr,wb.

  7. Nama : SITI KOMSIATI
    NIM : 856944664
    Semester/Kelas : 8/D
    POKJAR : SIDOMULYO
    ANALISA VIDEO
    Judul : Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
    Assalamualaikum,WR,WB. Izin menyampaikan pendapat, Setelah saya melihat, menyimak ataupun mendengarkan video pembelajaran diatas tentang memahami sifat pada operasi hitung, pembelajaran yang sudah dilakukan Guru diatas cukup bagus. Tidak menutup kemungkinan ada kekurangan dan juga ada kelebihannya. diantaranya:
    1. Reaksi Siswa pada saaT pembelajaran cukup antusias, hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah Anak yang mau maju ke depan ketika Guru melakukan sesi tanya-jawab. Meskipun Guru hanya menggunakan metode ceramah, tetapi beberapa siswa terlihat berperan aktif untuk maju ke depan menyelesaikan soal tentang operasi hitung.
    2. Kelemahan yang dapat Saya analisis adalah:Kemampuan Guru menguasai materi masih kurang. Hal ini ditunjukkan saat Guru sedikit ragu ketika ia mencontohkan sifat operasi hitung distributif. Selain itu juga, pemanfaatan media yang kurang. Selama pembelajaran berlangsung, Guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan Siswa. Hanya beberapa Siswa saja yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung materi yang sudah mereka terima.
    3. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah Guru mampu melibatkan Siswa dalam pembelajaran. Siswa terlihat aktif menjawab ketika Guru bertanya dan mampu mengkondisikan Siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang.
    4. Siswa dan Guru memiliki kepercayaan yang cukup baik, sehingga meskipun Guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, Siswa tetap memperhatikan dan antusias untuk maju ke depan menyelesaikan latihan dari Guru.
    5. Menurut Saya, Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran semakin baik adalah: Sebaiknya, selain mengaitkan pembelajaran sebelumnya kegiatan pendahuluan, seperti berdoa, menyanyikan lagu nasional, bisa juga menambahkan kegiatan literasi dan yang terpenting adalah menyampaikan tujuan pembelajaran serta motivasi yang dapat meningkatkan semangat dan minat belajar. Kemudian, pada kegiatan inti, Guru bisa mengolaborasikan beberapa metode, tidak hanya ceramah dan tanya jawab, tetapi bisa juga dengan metode diskusi dengan cara membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kemudian memberikan soal latihan sebagai alat penilaian selama pembelajaran. Lalu, pada kegiatan penutup, selain memberikan kesimpulan, Guru bisa mereview ulang materi yang telah ia sampaikan dan memberitahu sekilas tentang materi selanjutnya. Jika diperlukan Guru bisa memberikan motivasi sebelum mengakhiri pembelajaran, serta berdoa bersama. Dan mengakhiri pembelajaran.

    Cukup sekian pendapat dari Saya, kurang lebihnya Saya mohon ma’af. dan Saya akhiri. Wassalamualaikum,wr,wb.

  8. Nama : Christina Amanda Ledo
    NIM : 824434067
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Kupang

    Setelah saya analisa pada video pembelajaran diatas sudah cukup baik, siswa juga cukup antusias dalam proses kegiatan belajar mengajar, hal tersebut dibuktikan dengan reaksi mereka yang dapat memahami dan menjawab soal-soal yang diberikan guru dengan baik.

    Hanya saja pada video tersebut saat guru memulai pembelajaran saya tidak menemukan adanya kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup, dan hanya terlihat kegiatan inti saja, sehingga membuat siswa kurang termotivasi dalam belajarnya.

  9. Nama : Septiyana
    Nim : 857696099
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Boja
    UPBJJ : Semarang

    Analisis yang saya lakukan pada video materi Memahami sifat pada operasi hitung di atas saya menemukan reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran sudah baik, para siswa memperhatikan penjelasan bu guru dan aktif dalam menjawab soal. Kelemahan dalam video Kegiatan diatas dalam memulai dan akhir pembelajaran tidak terdapat pembukaan dan penutup seperti salam, menanyakan kabar. Kelebihannya bu guru dalam menjelaskan materi sifat-sifat operasi hitung di paparkan dengan jelas kepada siswa sehingga siswa mampu memahami materinya. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran diatas adalah sebaiknya sebelum memulai pembelajaran hendaknya mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa dan berdoa bersama terlebih dahulu,memberikan motivasi sehingga siswa lebih bersemangat lagi untuk memulai kegiatan pembelajaran.

  10. Nama : DEWI WULANDARI
    Nim : 856021747
    Prodi : PGSD-SI
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Asahan

    Menurut pendapat saya tentang video yang telah saya lihat mengenai seorang guru yang sedang menerangkan materi kepada siswa nya sudah cukup bagus yang dimana guru tersebut sudah mampu memberikan penyampaian nya dengan jelas dan siswa juga antusias untuk ikut berpartisipasi untuk maju kedepan dimana siswa itu sudah mengerti dengan materi yang diberikan guru tersebut walaupun hanya beberapa yang maju untuk membantu guru tersebut.

    Kekurangan:
    Pada kegiatan pembelajaran berlangsung seharusnya ada pembukaan seperti berdoa absen kehadiran siswa dan bernyanyi,dan guru tersebut terlalu monoton dengan pelajaran dimana membuat siswa menjadi jenuh dan diakhir pembelajaran seharusnya guru memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang sudah dijelaskan

Leave a Reply