silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.
Rusdianto
–
–
- Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama: Tuti herlina
Nim: 858056364
Pokjar: Melawi
Semester: 6
Prodi: PGSD S1
Menurut saya
Menggapi video tersebut terlihat bahwa anak kurang menarik konsentrasi mereka terlihat ribut dan asik main sendiri tidak menpertahian gurunya. Cara membantu menarik siswa belajar sebaik nya guru membawa media berupa poster atau media lainnya yang dapat menarik perhatikan siswa.
Nama : Yuni Safitri
NIM : 856577796
Prodi : PGSD-S1
Pokjar : Kota Jambi
Semester : 6 (Enam)
Assalamuaikum wr wb
Setelah saya mengamati vidio pembelajaran seni budaya yaitu dengan memainkan alat musik sederhana pada kelas IV SD, sebaiknya pada saat kegiatan belajar mengajar akan dimulai, kita harus mengetahui kesiapan mental dan ketertarikan semua siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Kita sebagai guru harus memiliki peran penting untuk memberi semangat pada siswa agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. Jangan biarkan konsentrasi siswa terpecah-belah yang mengakibatkan hasil belajar siswa tidak maksimal.
Seperti pada Video tersebut yang terdapat pada GPO (Guru Pintar Online) ini,tidak ada nya pembukaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) Seperti mengucapkan salam terlebih dahulu,meyapa siswa agar siswa bersemangat, lalu menarik perhatian siswa dengan mengabsen siswa terlebih dahulu, kemudian memberi motivasi atau ice breaking untuk mencairkan suasana agar siswa tidak terlalu tegang dalam memulai pelajaran, setelah itu menerangkan materi dan hal-hal terkait sebelumnya yang di pelajari.
Dapat kita lihat ,guru tersebut langsung saja mengajak anak bermain pianika tanpa menjelaskan materi sebelumnya agar anak mengingat kembali pelajarannya dan kita sebagai guru bisa mengukur kemampuan siswa yang mana siswa mengerti atau tidak pelajaran yang pernah di sampaikan. makanya masih ada siswa yang tidak berkonsentrasi dalam memainkan pianika dan fokus melihat temannya saja ,tetapi walau pun demikian selain itu juga masih ada siswa yang antusias yang saya lihat memainkan pianikanya dan guru nya juga masih terlihat semangat mendorong siswa nya untuk berkreatif membunyikan pianika nya. kemudian sangat disayangkan untuk penutup pelajaran nya tidak ada,di mungkinkan durasi video terlalu pendek tidak cukup untuk melihat KBM hingga akhir. Karena,kemampuan menutup pelajaran juga hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya tidak semua siswa dapat memahami dan menyerap materi pelajaran dengan baik sampai akhir.
Nama : Ratih Meiriga Putri Hariono
Kelas : PGSD B6
Nim 858691322
Pro dan kontra dari video di atas:
– Diawali dengan berdoa, menyapa siswa sebelum memulai pelajaran, guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan materi yang dipelajari.
– Pada kegiatan inti guru terlebih dahulu harus menjelaskan notasi bilangan, tetapi juga menjelaskan cara bermain piano yang sangat penting yaitu tuts yang berwarna hitam putih, memperkenalkan posisi jari saat memainkan piano, agar jari tidak kaku. Pengaturan nafas saat tombol ditekan.
– Terlihat dari video bahwa beberapa siswa tidak tahu cara bermain piano
– Pada kegiatan penutup, guru dan siswa tidak meringkas pelajaran, tidak ada tanya jawab
– Yang terbaik adalah menyampaikan pemikiran dan informasi sebelum kelas berakhir, dan kemudian berdoa untuk akhir kelas.
berlebihan:
– Guru mengajarkan siswa memukul
– Minat dan bakat siswa untuk belajar instrumen sederhana sudah baik
– Guru menggunakan media pembelajaran yang tepat
– Siswa aktif dan memperhatikan apa yang guru jelaskan di depan kelas
Istiqomah Thoriqoh Firdaus
NIM: 858905041
Menurut saya cara mengajar guru yang ada di video tersebut kurang menarik perhatian anak-anak bahkan terkesan membosankan, seharusnya sebelum memulai pelajaran seorang guru memberikan salam, membaca doa bersama, dan menyapa anak-anak untuk pertama kali masuk kelas, dan jelaskan terlebih dahulu sedikit mengenai musik itu sendiri, lalu kenalkan nama -nama alat musik, beserta berikan contoh suara dari alat musik tersebut.
Sebelum memulai belajar, alangkah baiknya juga kita menjelaskan sedikit materi tentang alat musik atau musik yang akan kita pelajari sehingga anak-anak faham terlebih dahulu.
Dan menurut saya juga video yang di atas itu cara mengajarnya seorang guru tersebut kuranglah menarik coba menggunakan alat media seperti proyektor, biasanya rasa penasaran anak itu lebih tinggi jadi kita bisa mengajarkan not musik kepada anak melalui alat proyektor, InsyaAllah anak-anak akan lebih memfokuskan diri dan tidak ramai sendiri.
Nama : Ika Kurnia Fitri
Nim : 858901614
Prodi : S1-PGSD
Assalamualaikum
Pada video pembelajaran tersebut
1. Pembukaan seperti guru terlebih dahulu menanyakan bagaimana kabar siswa/mengabsensi siswa terlebih dahulu
2. Sebelum memulai praktik memainkan alat musik hendaknya guru memberi materi yang akan dipelajari.
4. Pada kegiatan terakhir hendaknya guru mengevaluasi kembali pembelajaran yang sudah dilakukan
5. Penggunaan/pemilihan alat musik yang tepat mudah digunakan untuk anak anak
Menurut saya, sebuah alat musik yang dimainkan yang akan diajarkan kepada anak didik kita itu awalnya harus yang sederhana saja, karena itu mempermudah anak didik kita dalam belajar mandiri, jika kita langsung menggunakan dengan alat musik yang sulit akan menjadikan anak didik kita semakin kesulitan dalam belajar, dan kita juga tidak bisa mengarahkan anak anak dalam bermain musik tradisional,
Nama : ersa nur fajriah
Nim:857098645
Prodi: PGSD
Upbjj: Jakarta
1.Menurut saya, sebagian anak mampu untuk memainkan alat musik dan dapat mempelajari dulu, dalam pembukaan siswa dapat memberi salam terlebih dahulu guru , dan guru dapat mengecek absen setiap anak dapat melakukan kehadiran, sehingga memberikan motivasi, dan dapat untuk dipratekan.
Pada kegiatan terakhir hendaknya guru mengevaluasi kembali pembelajaran yang sudah dilakukan.
Penggunaan/pemilihan alat musik yang tepat mudah digunakan untuk anak anak
Nama : Dilla Meiranda
Nim : 856974699
Menurut saya tentang bagaimana pembelajaran memainkan alat musik melodi sederhana ini sebaiknya dalam pembukaan guru memberikan salam kepada siswa terlebih dahulu, lalu menanyakan kabar siswa, mengecek kehadiran siswa, selanjutnya memberikan motivasi kepada siswa
Dan seharusnya juga sebelum memulai praktek dengan alat musik tersebut hendaknya guru menjelaskan terlebih dahulu teknik penjarian dan nilai ketukannya sehingga pada saat praktek murid sudah paham. guru juga terlebih dahulu harus menjelaskan lagu apa yang akan di nyanyikan dengan alat musik tersebut. setelah menentukan lagu yang akan dimainkan barulah guru bisa memerintahkan siswa nya untuk mempraktekkan.
Nama: DHENIK RAHMAWATI
NIM : 858685493
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ UT: SURABAYA
Analisa saya tentang video pembelajaran ini sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran guru harus mengkondisikan keadaan siswa yang siap belajar.
Kelebihan: dalam video ini kelebihan nya siswa sudah mampu mainkan alat musik sejak dini dengan bimbingan guru yang sangat baik.
Kekurangan: sebaiknya guru lebih memperhatikan kondisi kelas agar pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami materi nya .
Keunikannya: video ini masih terlihat kaku dan lebih terlihat kurang siap dalam pembelajaran nya.
Nama : Wildan Fauzi A
Nim : 857727423
UPBJJ : Ut Semarang
1. Menurut saya sebaiknya dalam pembukaan guru memberikan salam kepada siswa terlebih dahulu, lalu menanyakan kabar siswa, mengecek kehadiran siswa, selanjutnya memberikan motivasi dan semangat kepada siswa agar siswa semangat dan giat dalam belajar. Guru sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu sebelum praktek tentang alat musik apa yang sedang dimainkan. dan bagaimana cara teknik memainkannya. Terkadang siswa sulit untuk memahami cara memainkannya.
2. Dapat kita lihat ,guru tersebut langsung saja mengajak anak bermain pianika tanpa menjelaskan materi sebelumnya agar anak mengingat kembali pelajarannya dan kita sebagai guru bisa mengukur kemampuan siswa yang mana siswa mengerti atau tidak pelajaran yang pernah di sampaikan. makanya masih ada siswa yang tidak berkonsentrasi dalam memainkan pianika dan fokus melihat temannya saja ,tetapi walau pun demikian selain itu juga masih ada siswa yang antusias yang saya lihat memainkan pianikanya dan guru nya juga masih terlihat semangat mendorong siswa nya untuk berkreatif membunyikan pianika nya. kemudian sangat disayangkan untuk penutup pelajaran nya tidak ada,di mungkinkan durasi video terlalu pendek tidak cukup untuk melihat KBM hingga akhir. Karena,kemampuan menutup pelajaran juga hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya tidak semua siswa dapat memahami dan menyerap materi pelajaran dengan baik sampai akhir.
3. Pemakaian media alat musik sudah cukup tepat. Materi yang disampaikan sesuai untuk anak sekolah dasar. Dan sebelum pembelajaran ditutup siswa bersama guru menyimpulkan materi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Kemudian evaluasi siswa diberikan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari. Menurut saya dalam mengakhiri pembelajaran sebaiknya pembelajaran ditutup dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa lalu guru memberikan salam penutup.