silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.

Rusdianto

  1. Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

410 Comments

  1. Assalamualaikum. Wr wb,
    Nama : Meskan
    NIM : 877793781
    POKJAR : SIDOMULYO
    MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR

    sumber vidio : https://gurupintar.ut.ac.id/memainkan-alat-musik-sederhana/

    Menurut saya, materi yang di telah di sampaikan oleh guru sudah cukup baik,
    Dari penjelasan dan penyampaiannya sudah cukup jelas dan mudah di pahami oleh siswa/siswi.
    Pada saat proses pembelajaran siswa sudah aktif dalam memainkan alat musik sehingga semua sumua siswa sudah mahir dalam memainkan alat musik

    Kelemahanannya
    Guru tidak melakukan kegiatan berdoa dan salam pada awal pembelajaran,
    Guru tidak melakukan ice breaking pada pembelajaran.
    Guru tidak melakukan refleksi dan kesimpulan kepada siswanya.

  2. Assalamualaikum. Wr wb,
    Nama : Meskan
    NIM : 877793781
    POKJAR : SIDOMULYO
    MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
    sumber vidio : https://gurupintar.ut.ac.id/memainkan-alat-musik-sederhana/comment-page-28/?unapproved=59662&moderation-hash=03a128ee5de431d7cbb8231f9dbd81eb#comment-59662

    Menurut saya, materi yang di telah di sampaikan oleh guru sudah cukup baik,
    Dari penjelasan dan penyampaiannya sudah cukup jelas dan mudah di pahami oleh siswa/siswi.
    Pada saat proses pembelajaran siswa sudah aktif dalam memainkan alat musik sehingga semua sumua siswa sudah mahir dalam memainkan alat musik

    Kelemahanannya
    Guru tidak melakukan kegiatan berdoa dan salam pada awal pembelajaran,
    Guru tidak melakukan ice breaking pada pembelajaran.
    Guru tidak melakukan refleksi dan kesimpulan kepada siswanya.

  3. Assalamualaikum. Wr wb,
    Nama : Meskan
    NIM : 877793781
    POKJAR : SIDOMULYO
    MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
    sumber vidio : https://gurupintar.ut.ac.id/memainkan-alat-musik-sederhana/comment-page-28/?unapproved=59662&moderation-hash=03a128ee5de431d7cbb8231f9dbd81eb#comment-59662

    Menurut saya, materi yang di telah di sampaikan oleh guru sudah cukup baik,
    Dari penjelasan dan penyampaiannya sudah cukup jelas dan mudah di pahami oleh siswa/siswi.
    Pada saat proses pembelajaran siswa sudah aktif dalam memainkan alat musik sehingga semua sumua siswa sudah mahir dalam memainkan alat musik

    Kelemahanannya
    Guru tidak melakukan kegiatan berdoa dan salam pada awal pembelajaran,
    Guru tidak melakukan ice breaking pada pembelajaran.
    Guru tidak melakukan refleksi dan kesimpulan kepada siswanya.

  4. Assalamualaikum. Wr wb,
    Nama : Meskan
    NIM : 877793781
    POKJAR : SIDOMULYO
    MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
    sumber vidio : https://gurupintar.ut.ac.id/memainkan-alat-musik-sederhana/comment-page-28/?unapproved=59662&moderation-hash=03a128ee5de431d7cbb8231f9dbd81eb#comment-59662

    Menurut saya, materi yang di telah di sampaikan oleh guru sudah cukup baik,
    Dari penjelasan dan penyampaiannya sudah cukup jelas dan mudah di pahami oleh siswa/siswi.
    Pada saat proses pembelajaran siswa sudah aktif dalam memainkan alat musik sehingga semua sumua siswa sudah mahir dalam memainkan alat musik

    Kelemahanannya
    Guru tidak melakukan kegiatan berdoa dan salam pada awal pembelajaran,
    Guru tidak melakukan ice breaking pada pembelajaran.
    Guru tidak melakukan refleksi dan kesimpulan kepada siswanya.

  5. Assalamualaikum. Wr wb,
    Nama : Meskan
    NIM : 877793781
    POKJAR : SIDOMULYO
    MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR

    Menurut saya, materi yang di telah di sampaikan oleh guru sudah cukup baik,
    Dari penjelasan dan penyampaiannya sudah cukup jelas dan mudah di pahami oleh siswa/siswi.
    Pada saat proses pembelajaran siswa sudah aktif dalam memainkan alat musik sehingga semua sumua siswa sudah mahir dalam memainkan alat musik

    Kelemahanannya
    Guru tidak melakukan kegiatan berdoa dan salam pada awal pembelajaran,
    Guru tidak melakukan ice breaking pada pembelajaran.
    Guru tidak melakukan refleksi dan kesimpulan kepada siswanya.

  6. Nama David Dwi Wibowo (857155143) Izin menanggapi video tersebut, terlebih dahulu untuk memainkan alat musik sederhan seharusnya mengajarkan not dan ketukan yang ditulis dalam angka, tanda diam serta teknik penjarian dalam memainkan alat musik tersebut. Memperkenalkan alat musik tersebut berasal dari mana dan bagaimana cara memainkan supaya bisa menghasilkan nada yang bagus. Dalam video tersebut anak ikut aktif dalam memainkan alat musik pianika dengan bersama-sama dan siswa sudah melihat contoh yang telah di berikan oleh gurunya. Guru tersebut juga melakukan pendekatan kepada murid-muridnya supaya bisa mempraktekan dengan baik dan benar. Sekian tanggapan dari saya apabila ada kesalahan dalam pengetikan mohon di maafkan, terima kasih salam sehat.

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Ryan Bernaldhi Hidayat
    NIM : 856822814
    Sesudah saya melihat vidio GPO dapat disimpulkan bahwa :
    1. Pada saat proses belajar mengajar siswa sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Anak-anakpun terlihat sangat mahir dalam memainkan alat musik.
    2. Adapun kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran guru tidak menyapa murid dengan memberi salam, mengadakan ice breaking, mengabsen kehadiran anak, dan tidak memberikan apersepsi. Terlihat pula di akhir pembelajaran guru tidak melakukan refleksi kepada siswanya dan kesimpulan dari apa yang sudah dipelajari.
    3. Guru sudah mengajarkan teknik cara memainkan alat musik. Terlihat pula guru memperhatikan dan membimbing siswa serta siswa pun sangat berkonsentrasi dalam memainkan alat musik. Materi dan alat media sudah sesuai dengan baik (tersedia).

  8. Perkenalkan nama saya Yuni taulandari dengan 58571 32368 dari Jakarta semester 8 PGSD Izinkan saya untuk ikut berdiskusi mengenai video tersebut pertama hal yang dialami oleh murid yaitu ketidakteraturan yang diakibatkan oleh murid lain membuat Ia juga tidak bisa fokus untuk memainkan alat musiknya sendiri hal yang dilakukan guru yaitu kurangnya penjelasan di awal pengenalan di awal cara bermain di awal pembelajaran sehingga membuat anak bingung ketiga hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki yaitu perlunya persiapan dalam membuat RPP yang mana membuat guru melakukan kegiatan belajar di kelas dengan berurutan agar anak dapat memahami lebih cepat dan tidak bingung keempat jika hal ini dilakukan anak pasti akan langsung bisa karena di awal sudah diberikan penjelasan kelima keuntungan yang dapat diambil ketika menggunakan RPP yaitu pembelajaran di kelas menjadi lebih terstruktur dan terarah untuk kelemahannya yaitu guru harus menyiapkan waktu dan pikiran lebih untuk membuat RPP

  9. Nama : Fitri Anggraini
    NIM : 857031242
    Salut Simpang Pematang
    Judul : Memainkan alat musik sederhana

    Setelah saya amati video diatas sampai selesai cara mengajar guru tersebut sudah lah bagus yang mana dia menjelaskan bagaimana cara bermain alat musik, menjelaskan rangkaian nada ataupun not yang akan dipraktekan dan juga membantu siswa yang belum mengerti dengan datang ke meja masing masing agar memastikan siswa tersebut bisa. kemudian kelemahan nya yaitu guru tersebut tidak mengajarkan untuk berdoa terlebih dahulu dan tidak melakukan absen

  10. Nama : UNNY REVINA
    NIM : 857001533
    Sentra Layanan UT HMPTI Unit 2 Tulang Bawang, Lampung.

    KELEMAHAN :
    Ketika memulai kegiatan guru menyapa siswa tapi tidak dengan menciptakan suasana menyenangkan. Di awal tidak ada pembahasan untuk mengingat kembali mengenai apa itu alat musik khususnya pianika. Di awal pembelajaran juga tidak ada pengantar guru kepada siswa (seperti cara meniup, menekan tuts serta menunjukkan not angka dan lagu lagu yang mudah) justru pengantar tersebut ada di tengah pembelajaran setelah siswa diajak memainkan pianikanya serentak bersama-sama.

    KELEBIHAN :
    Alat peraga yang dibawa sudah sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru keliling untuk membimbing siswa-siswinya dalam proses memainkan pianika. Guru memberi semangat dan pujian sebagai apresiasi terhadap siswa-siswinya.

    ANALISIS MASALAH :
    Meskipun seluruh siswa terlihat tenang, fokus, dan sudah mampu memainkan pianika dengan baik, tetap terdapat masalah dalam alur pembelajaran. Guru tidak memberikan pengantar atau penjelasan dasar di awal, seperti cara meniup, menekan tuts, serta mengenalkan not angka dan lagu sederhana. Penjelasan baru diberikan setelah siswa diminta langsung bermain bersama, yang membuat urutan pembelajaran terasa kurang runtut. Selain itu, suasana awal belum dibangun dengan menyenangkan meskipun guru menyapa siswa. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun hasil akhirnya baik, proses pembelajaran sebaiknya tetap disusun secara terstruktur agar siswa lebih siap dan pembelajaran terasa lebih menyenangkan.

    Mohon maaf atas segala kekurangan, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply