silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.

Rusdianto

  1. Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

410 Comments

  1. Nama : PUTRI PRADYA UTAMI
    NIM 856479447
    UPBJJ-Pekanbaru

    1.Siswa Sangat Bersemangat dalam mencoba memainkan alat musik pianika
    2.Pada Permulaan Kelas Guru tidak menyapa dan mengucapkan salam kepada siswa
    3. Pembelajaran yang di berikan mudah di pahami dan dimengerti oleh siswa.
    4. Sangat menarik dan mudah di pahami ketika guru memberikan teknik pencarian dalam memainkan alat musik pianika kepada siswa.
    5.Terdapat Kelemahan gur dalam mencairkan suasana kelas tidak terdapat ice breaking yang dilakukan oleh guru
    5. Hendak nya guru lebih bersemangat dalam mengajar agar dapat memotivasi siswa supaya lebih semangat pula dalam belajar.

  2. Nama : Mesi Maulida Lubis
    Nim : 859868412
    UPBJJ : Medan

    Analisis GPO

    Kelebihan
    1. Materi disusun secara berurutan, dimulai dari pengenalan alat musik, teknik dasar, hingga demonstrasi lagu sederhana.​
    2. Guru memberikan contoh langsung cara memainkan alat musik sederhana, memudahkan siswa memahami teknik dasar.​
    3. Alat musik yang digunakan tersedia di lingkungan sekitar siswa.
    4. Penggunaan Bahasa yang Sederhana dalam penyampaian materi sehingga materi dapat diterima dengan baik.​

    Kekurangan
    1. Bersifat satu arah tanpa melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.​
    2. Fokus hanya pada satu jenis alat musik.
    3. Tidak ada penjelasan mengenai kesalahan yang sering terjadi saat memainkan alat musik dan cara memperbaikinya.​

  3. Nama : Nurhayanti Gulo
    NIM : 859878563
    Dalam video “Memainkan alat musik sederhana” Setelah melihat video nya menurut saya, cukup bagus tapi supaya siswa lebih memaksimalkan dan sempurna untuk memainkan alat musik, pengajar lebih dahulu memperkenalkan bagaimana nada musik yang tinggi dan rendah atau vokalnya kepada siswa, sehingga siswa mudah memainkan alat musik tersebut dengan sempurna. Terimakasih.

  4. Nama : Yuliani lawolo
    Nim :859876172
    Upbjj : Medan
    Pokjar :Idanogawo
    Prodi : PGSD
    Setelah saya melihat video dari atas memiliki kelebihan,anak-anak merasa semangat dengan menggunakan alat musik ,
    Kelemahannya saat memulaikan
    proses mengajar, guru tidak memberikan salam,tidak melakukan absensi ,dan tidak mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya kepara siswa,akan tetapi siswa sangat konsentrsi dan tenang dalam memainkan musik,,guru mengajarkan siswa alat musik dan langsung memprakteknya dengan lagu,bagian penutup pejaran guru tidak memberikan kesimpulan dan memberikan salam penutup.

  5. Nama: Al Fiani
    NIM: 857136555
    Semester 8

    Hasil analisis video di atas yaitu, di awal pembelajaran guru tidak melakukan awal pembelajaran dengan benar seperti memberikan apresiasi. Dalam memberikan materi, guru tersebut sudah baik dan siswa nyaa pun aktif. Para siswa terlihat sangat senang dalam memainkan alat musik dan juga guru tersebut memberikan contoh bagaimana cara bermain musik yang baik serta membimbing siswa dengan sabar. Di akhir pembelajaran guru tersebut tidak memberikan refleks, sehingga guru tidak tau sejauh mana siswa memahami materi yang telah dilakukan tersebut.

  6. saya akan memberikan komentar mengenai video pembelajaran di atas yang sudah saya amati.

    Kelebihan:

    1. Siswa dilibatkan dalam memainkan alat musik sederhana secara langsung, yang merupakan metode belajar aktif dan menyenangkan.

    2. Terlihat siswa bekerja secara berkelompok, yang mendukung pengembangan keterampilan sosial dan kolaborasi.

    3. Materi pembelajaran dekat dengan kehidupan siswa, yaitu menggunakan alat musik sederhana seperti angklung atau alat perkusi dari bahan daur ulang.

    4. Guru tampak membimbing dan memberikan arahan dengan baik, mendampingi siswa saat praktik.

    Kekurangan:

    1. Tidak banyak terlihat penyampaian konsep atau teori tentang musik atau alat musik yang digunakan. Fokus hanya pada praktik.

    2. Tidak terlihat ada sesi refleksi atau evaluasi di akhir kegiatan untuk menilai pemahaman siswa.

    3. Kegiatan cenderung monoton, yaitu hanya memainkan alat musik tanpa adanya variasi seperti diskusi, kuis, atau penjelasan interaktif.

    4. Tidak ada media bantu seperti video pendek, gambar, atau teknologi lain untuk memperkaya pembelajaran.

  7. Nama : Nadira Syanindhita Trasisti
    NIM : 857164959
    Prodi : PGSD / Pokjar

    Dari video tersebut program ini menampilkan seorang guru yang berusaha menarik perhatian siswa saat pelajaran seni musik dengan beberapa metode :
    – guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi bunyi alat musik sederhana
    – guru memberikan penguatan ketika siswa merespon contoh yang diberikan
    – meminta siswa mencari benda lain di sekitar yang bisa menghasilkan bunyi, lalu menceritakan temuannya.

    Dalam refleksi video ini :
    – Guru sebaiknya menjelaskan konsep dasar seperti bertambah dan berkurang dalam konteks soal cerita
    – Media yangdigunakan sudah cukup tepat namun masih sebatas visual
    – Materi sesuai dengan peserta didik dan kurikulum.

  8. NamaPembelajaran seni hari ini sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa. Dengan memainkan pianika lagu Indonesia Raya, siswa dapat memahami dan menghayati lagu kebangsaan dengan lebih baik.

    Mempelajari notasi dan tangga nada dalam pencetan jarinya juga sangat penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik. Dengan memahami notasi dan tangga nada, siswa dapat memainkan lagu dengan lebih akurat dan percaya diri.

    Kemampuan siswa dalam memainkan pianika juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik mereka. Selain itu, memainkan pianika juga dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan ekspresi dan kreativitas mereka.

    Guru telah melakukan pembelajaran yang efektif dengan memadukan teori dan praktik. Siswa dapat memahami konsep notasi dan tangga nada dengan lebih baik melalui pengalaman langsung memainkan pianika.

    Secara keseluruhan, pembelajaran seni hari ini sangat berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik dan menghayati lagu kebangsaan.

  9. Nama : Sylva Susyanti
    NIM : 857137002

    Dari video Pembelajaran seni terse but sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa. Dengan memainkan pianika lagu Indonesia Raya, siswa dapat memahami dan menghayati lagu kebangsaan dengan lebih baik.

    Mempelajari notasi dan tangga nada dalam pencetan jarinya juga sangat penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik. Dengan memahami notasi dan tangga nada, siswa dapat memainkan lagu dengan lebih akurat dan percaya diri.

    Kemampuan siswa dalam memainkan pianika juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik mereka. Selain itu, memainkan pianika juga dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan ekspresi dan kreativitas mereka.

    Guru telah melakukan pembelajaran yang efektif dengan memadukan teori dan praktik. Siswa dapat memahami konsep notasi dan tangga nada dengan lebih baik melalui pengalaman langsung memainkan pianika.

    Secara keseluruhan, pembelajaran seni hari ini sangat berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik dan menghayati lagu kebangsaan.

  10. Setelah melihat video diatas video ini menunjukkan bagaimana seorang guru berusaha menarik perhatian siswa dengan menggunakan alat musik sederhana, seperti pianika. Pendekatan ini dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan, sehingga siswa lebih terlibat dalam proses belajar. Guru juga memberikan tanda notasi angka pada alat musik, yang memudahkan siswa dalam mengingat posisi tangga nada
    Sedangkan untuk kelemahannya meskipun video ini menarik, kemungkinan bahwa penjelasan yang diberikan tidak cukup mendalam untuk siswa yang benar-benar baru dalam musik. Tanpa pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar musik, beberapa siswa mungkin merasa kesulitan untuk mengikuti.
    Mengajarkan musik secara klasikal dengan siswa yang banyak bisa menjadi tantangan guru dalam hal pengelolaan kelas. Jika tidak dikelola dengan baik, bisa terjadi kebisingan atau kurangnya fokus dari siswa, yang dapat mengganggu proses belajar.

Leave a Reply