silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.
Rusdianto
–
–
- Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : Aziz Sidiq Muqtazi
NIM : 856866965
menurut saya dalam video pengembangan pembelajaran yang menayangkan video memainkan alat musik sederhana dalam seri pembelajaran SD pada pembukaan pembelajaran cukup baik dan pembelajaran pun berlangsung dengan ekfektif, siwa-siswi pun mudah untuk menerima pelajaran yang di berikan guru dengan pelajaran yaitu tentang melodi dengan menggunakan alat musik sederhana.
Pada inti pembelajaran siswa-siswi melakukan pembelajaran dengan semangat dan mudah mengerti pembelajaran yang diberikan namun tidak terlepas pada beberapa siswa yang belum mengerti dan guru pun langsung sigap untuk mengajarkan anak secara individu serta pada penutup pembelajaran pun berlangsung normal atau efektif
Pada pembelajaran ini siswa-siswi sangat bersemangat dan dengan mudahnya mengerti memainkan alat musik pianika yang not atau nada nya di ajarkanoleh guru.
Nama: Citra wati Ningsih
Nim. : 859539311
Upbbj : Bandar lampung
Reak peserta didik :
Pada saat proses belajar mengajar siswa sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Anak-anakpun terlihat sangat mahir dan antusias dalam memainkan alat musik.
Kelebihan guru:
Ketika mengajar kelebihan guru yaitu mengajar dengan mengunakan alat peraga secara langsung serta menjadikan anak aktif secara langsung ketika belajar nada musik,dan juga memberikan informasi langsung mengenai nilai dan ketukan nada dan juga mengajak siswa berfikir secara kritis bagimana memainkan alat musik tersebut
Adapun kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran guru tidak menyapa murid dengan memberi salam, mengadakan ice breaking, mengabsen kehadiran anak, dan tidak memberikan apersepsi. Terlihat pula di akhir pembelajaran guru tidak melakukan refleksi kepada siswanya dan kesimpulan dari apa yang sudah dipelajari dan juga tidak mengucapkan salam penutup
Hal unik mengajarkan anak untuk berfikir bagaimana cara memainkan alat musik,peragakannya mengunakan alat secara langsung, tertib dalam mengajar
Untuk meningkatkan kualitas pelajaran tersebut ,guru dapat mengajarkan sesuai modul ajar atau rpp yang di buat,serta merefleksi pembelajaran hari ini agar kedepanya menjadi lebih baik lagi
Nama : Ririn Ulmi Nurmaharani
Nim : 858080889
Studi : PGSD
Pokjar : Mempawah
UPBJJ : Pontianak
1. Dari video Pembelajaran seni tersebut sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa. Dengan memainkan pianika lagu Indonesia Raya, siswa dapat memahami dan menghayati lagu kebangsaan dengan lebih baik.Mempelajari notasi dan tangga nada dalam pencetan jarinya juga sangat penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik. Dengan memahami notasi dan tangga nada, siswa dapat memainkan lagu dengan lebih akurat dan percaya diri.
2. kelemahan dalam video pembelajaran di atas yaitu tidak adanya menyampaikan tujuan pembelajaran,sebaiknya membuka kelas dengan salam dan memulai dengan berdoa bersama.
3. Kelebihan guru dalam pembelajaran di video yaitu pemakaian media sudah tepat, materi sesuai dengan kurikulum.Guru telah melakukan pembelajaran yang efektif dengan memadukan teori dan praktik. Siswa dapat memahami konsep notasi dan tangga nada dengan lebih baik melalui pengalaman langsung memainkan pianika.Secara keseluruhan, pembelajaran seni hari ini sangat berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik dan menghayati lagu kebangsaan
4. keunikan dalam video di atas yaitu terdapat siswa yang cepat dalam memahami konsep notasi dan tangga nada dengan baik dan ada juga yang lambat dalam memahami materi.
5. sebaiknya sebelum memulai pembelajaran terlebihdahulu menyapa dengan ekspresi bahagia,salam sapa,dan berdoa,menyampaikan tujuan pembelajaran ,apresiasi,dan sebaiknya menutup pembelajaran dengan berdoa dan salam.
Dari video diatas yang sudah saya amati terlihat bahwa proses pembelajarannya sangat menyenangkan. Karena Guru menggunakan metode praktek langsung untuk mengenalkan alat musik ritmis dan melodi, yang membuat siswa lebih mudah memahami. Terdapat penggunaan alat musik yang beragam, yang tidak hanya dari jenis konvensional, tetapi juga dari benda sederhana yang bisa menghasilkan bunyi. Guru terkadang menyisipkan gerakan tubuh ringan atau bernyanyi bersama untuk meningkatkan semangat belajar siswa.
namun juga terdapat beberapa kelemahan yaitu :
1. Kurangnya pengelolaan waktu, terutama saat transisi antara penjelasan teori dan praktik bermain alat musik.
2. Instruksi terkadang kurang jelas, sehingga beberapa siswa tampak bingung saat diminta memainkan bagian tertentu.
3. Guru tampak kurang memberi ruang eksplorasi, karena siswa hanya diarahkan memainkan alat musik sesuai instruksi tanpa banyak improvisasi atau kreativitas.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : FAHRI ALFAREZY
NIM. : 859870243
1. Pada saat proses belajar mengajar siswa sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Anak-anakpun terlihat sangat mahir dalam memainkan alat musik.
2. Adapun kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran guru tidak menyapa murid dengan memberi salam, mengadakan icebreaking, mengabsen kehadiran anak, dan tidak memberikan apersepsi. Terlihat pula di akhir pembelajaran guru tidak melakukan refleksi kepada siswanya dan mengambil kesimpulan dari apa yang sudah dipelajari.
3. Guru sudah mengajarkan teknik cara memainkan alat musik. Terlihat pula guru memperhatikan dan membimbing siswa serta siswa pun sangat berkonsentrasi dalam memainkan alat musik. Materi dan alat media sudah sesuai dengan baik (tersedia).
Sekian terimakasih wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menurut saya tentang vedio pembelajaran diatas, harusnya dari awal pembelajaran guru harus menjelaskan terlebih dahulu materi pembelajaran atau menjelaskan terlebih dahulu. Dengan begitu siswa-
Menurut saya tentang vedio pembelajaran diatas, harusnya dari awal pembelajaran guru harus menjelaskan terlebih dahulu materi pembelajaran atau menjelaskan terlebih dahulu. Dengan begitu Siswa-siswa akan mengerti apa yang mereka pelajari saat itu. Guru seharusnya menjelaskan terlebih dahulu jenis-jenis alat musik, terutama alat musik yang mereka gunakan saat ini, sehingga anak-anak mudah membedakan jenis alat musik yang mereka digunakan saat ini.
Nama : Yuniar Latifah
NIM : 857133431
UPBJJ : UT-Jakarta
Kelemahan :
1. Guru tidak memberikan motivasi sebelum belajar
2. Guru tidak memberikan pejelasan materi , sebelum memainkan alat musik
3. Para siswa masih terlihat kebingungan
Kelebihan :
1. Mampu menarik perhatian siswa
2. penjelasan guru tentang pencetan tombol-tombol suara musiknya sudah baik
3. menggunakan alat visual sebagai pembelajaran , sehingga menjadikan siswa menjadi lebih fokus dan bersemangat
Nama : Hasna’ Mu’afa Rofifah Mukarrom
Nim : 857838779
Dari vidio tersebut guru tidak melakukan pendahuluan/pembukaan terlebih dahulu. Guru langsung menuju pembelajaran sehingga tidak ada pertanyaan pemantik mengenai materi pelajaran yang akan disampaikan.
Guru menyampaikan materi dengan baik yaitu dengan mengenalkan secara alat musik tersebut, mengenalkan tangga nada, mengajarkan cara memainkan alat musik tersebut, dan membimbing siswa memainkan alat musik tersebut dengan baik dan benar.
Nama : Ririn Ulmi Nurmaharani
Nim : 858080889
Studi : PGSD
UPBJJ : Pontianak
Dari video Pembelajaran seni terse but sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa. Dengan memainkan pianika lagu Indonesia Raya, siswa dapat memahami dan menghayati lagu kebangsaan dengan lebih baik.
Mempelajari notasi dan tangga nada dalam pencetan jarinya juga sangat penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik. Dengan memahami notasi dan tangga nada, siswa dapat memainkan lagu dengan lebih akurat dan percaya diri.
Kemampuan siswa dalam memainkan pianika juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik mereka. Selain itu, memainkan pianika juga dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan ekspresi dan kreativitas mereka.
Guru telah melakukan pembelajaran yang efektif dengan memadukan teori dan praktik. Siswa dapat memahami konsep notasi dan tangga nada dengan lebih baik melalui pengalaman langsung memainkan pianika.
Secara keseluruhan, pembelajaran seni hari ini sangat berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik dan menghayati lagu kebangsaan.