silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…
Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri. Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
Nama: Debora Mendrofa
NIM: 857156217
Guru memulai pembelajaran dengan memperkenalkan tokoh utama cerita “Timun Mas” dan tokoh antagonis “Raksasa Jahat” menggunakan gambar, yang dapat membantu siswa memahami dan membayangkan cerita dengan lebih baik. Namun, video tidak menunjukkan adanya kegiatan apersepsi atau motivasi awal yang dapat membantu siswa mengaitkan materi dengan pengalaman mereka sendiri dan meningkatkan minat belajar. Guru sebaiknya memulai pembelajaran dengan kegiatan yang mengaitkan materi dengan pengalaman siswa dan memberikan motivasi untuk meningkatkan minat belajar mereka. Penggunaan alat bantu visual atau audio tambahan dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.
Nama : revina ayu mareta
nim : 858947207
Pokjar : salut genteng
Setelah saya melihat video pembelajaran membaca secara bergilir sudah cukup baik karna di sertai dengan gambar supaya anak bisa lebih bisa memahami dan bisa lebih tertarik dengan adanya gambar serta guru juga tegas untuk menberi hukuman membaca ketika ada yang ribut
hanya saja guru tidak memberikan contoh di depan ketika bercerita .
NAMA : Rahmanti
NIM : 856601762
Menurut pendapat saya, Guru memulai pembelajaran dengan memperkenalkan tokoh utama cerita “Timun Mas” dan tokoh antagonis “Raksasa Jahat” menggunakan gambar, yang dapat membantu siswa memahami dan membayangkan cerita dengan lebih baik. Namun, video tidak menunjukkan adanya kegiatan apersepsi atau motivasi awal yang dapat membantu siswa mengaitkan materi dengan pengalaman mereka sendiri dan meningkatkan minat belajar. Guru sebaiknya memulai pembelajaran dengan kegiatan yang mengaitkan materi dengan pengalaman siswa dan memberikan motivasi untuk meningkatkan minat belajar mereka. Penggunaan alat bantu visual atau audio tambahan dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.
Terima kasih
Nama : Rania Salsabela
Nim : 858935764
UPBJJ : Jember
Setelah melalui pengamatan terhadap video pembelajaran membaca cerita secara bergilir, saya menyadari pentingnya peran guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendukung keterampilan literasi siswa . Kegiatan ini memberikan ruang bagi siswa untuk tampil aktif , Namun juga menantang bagi mereka yang masih kurang percaya diri. Sebagai calon guru , saya belajar bahwa dalam proses membaca , perlu adanya keseimbangan antara memberikan kesempatan tampil dan menciptakan kenyamanan bagi semua siswa dalam video ini seharusnya guru membuat kesepakatan kelas yang harus terlaksanakan agar peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan kondusif
Nama : Zakia Ainun
Nim : 859868784
Pokjar : Binjai
Izin saya mengomentari video tersebut. Saya melihat video tersebut ada seorang guru yang ingin mengajak murid untuk membaca sebuah cerita,siswa terlihat sangat senang,tetapi guru bilang kepada siswa bahwa siswa tidak boleh ribut saat guru membacakan cerita tersebut. Jika siswa ribut maka siswa itu akan ditunjuk untuk melanjutkan cerita tersebut. Menurut saya,cara yang dilakukan guru merupakan cara yang tepat, karena dengan cara tersebut siswa akan terlatih untuk disiplin dan tertib saat belajar. Terkadang memang perlu menerapkan cara seperti itu agar siswa terbiasa untuk terbit, disiplin dan menghargai guru saat belajar didalam kelas.
Demikian pendapat dari saya, sekian dan terimakasih 🙏
Nama : Virna Witha Utari
NIM : 859870655
Pokjar : Binjai
Izin menanggapi video diatas, setelah saya lihat video diatas hal yang telah dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat baik. Memberikan penjelasan dengan baik kepada sisaa dengan tidak menghukumnya karena salah adalah cara yang baik yang mebuat siswa tidak kehilangan rasa percaya pada dirinya. Mungkin hal yang harus ditambah guru untuk menarik perhatian siswa menambahkan media pembelajaran yang menarik atau nyata agar para siswa bisa fokus ke media tersebut dan tidak sibuk sendiri dengan mainan atau bercerita dengan temannya sendiri.
Sekian dari saya. Terima Kasih.
Nama: Qonitah Bashirah
NIM: 860242663
Pokjar: Binjai
Izin menanggapi video diatas. Video ini menampilkan proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SD dengan materi membaca cerita secara bergilir menggunakan cerita rakyat “Timun Mas”. Guru memulai pembelajaran dengan memperkenalkan tokoh utama dan lawan cerita menggunakan gambar, serta mengajak siswa membaca secara bergilir. Video “Membaca Cerita Secara Bergilir” menampilkan pembelajaran yang menarik dengan penggunaan media visual dan cerita rakyat yang relevan. Strategi membaca bergilir efektif melibatkan siswa, namun masih ada tantangan dalam menjaga fokus mereka. Guru perlu menerapkan pendekatan yang lebih positif untuk mengelola kelas, seperti pemberian pujian dan aktivitas interaktif. Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh praktik pembelajaran yang baik namun masih dapat ditingkatkan.
Nama : Indah Ramadani
NIM : 859878524
Matkul/Kelas : PKM (PDGK4209.120032)
UPBJJ-UT : 12/Medan
Pokjar : Binjai
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Mohon izin untuk memberikan tanggapan atau komentar pada video tentang “Membaca Cerita Secara Bergilir”. Berdasarkan video yang telah Saya simak dan lihat, pada video tersebut berisikan tentang seorang guru Bahasa Indonesia yang sedang menggambarkan seorang anak bernama timun mas dan raksasa. Terlihat bahwa siswa yang asik sendiri saat guru menjelaskan, bahkan ada yang bermain yoyo sehingga harus disita oleh guru agar tidak lagi ribut. Sangat disayangkan, waktu guru untuk menerangkan pembelajaran tersita banyak pada mengkondisikan kelas agar kondusif sehingga belum ada satu siswa pun yang maju kedepan atau untuk membaca cerita tersebut secara bergilir, bel jam istirahat berbunyi.
Sekian dari Saya kurang lebih mohon maaf dan terimakasih semuanya 🙏🏻.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
nama : dea sri dewi br perangin angin
nim:859872222
pokjar : binjai
menanggapi vidio diatas saya melihat apa yang dilakukan guru tersebut sangat baik karna memberikan penjelasan yang baik dengan tidak menghukumnya meskipun mereka salah tetapi guru memberikan cara yang baik agar mereka tidak kehilangan rasa percaya dirinya dan melakukan kegiatan yang menarik dalam pembelajaran agar siswa tetap fokus dalam pembelajaran .terimakasih..
Nama : Sri Sundari
Nim : 878369315
Menurut saya, dari video yang sudah saya lihat, guru memulai pembelajaran dengan memperkenalkan tokoh utama cerita “Timun Mas” dan tokoh antagonis “Raksasa Jahat” menggunakan gambar, yang dapat membantu siswa memahami dan membayangkan cerita dengan lebih baik. dari video pembelajaran membaca secara bergilir sudah cukup baik karna di sertai dengan gambar supaya anak bisa lebih bisa memahami dan bisa lebih tertarik dengan adanya gambar serta guru juga tegas untuk memberi hukuman membaca ketika ada yang ribut hanya saja guru tidak memberikan contoh di depan ketika bercerita dan guru tidak melakukan kegiatan apersepsi.