silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak.
Vera Maya Santi, M.Si.
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep perkalian dengan alat peraga gambar ayam.
Guru dalam memberikan pemahaman tentang perkalian sudah benar, yaitu bahwa perkalian adalah merupakan penjumlahan berulang tetapi belum dihubungkan dengan alat peraga yang ada.
Guru dalam memberikan contoh perkalian bilangan 3 x 1 = 1 + 1 + 1 = 3 dan 3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6 tidak mengkaitkan dengan alat peraga. Alat peraga hanya dipajang di papan tulis dan tidak difungsikan bagaimana proses perkalian tersebut sehingga menjadi penjumlahan berulang.
Selanjutnya guru dalam menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.
Pada saat siswa disuruh meragakan perkalian bilangan 4 x 3 = …. dengan peraga yang ada juga tidak dilakukan oleh siswa.
Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa diharapkan akan lebih mudah memahami konsep perkalian, namun belum nampak.
Drs. Suparman, M.Pd.
Pakar Guru
Cara membuka, mengisi, dan menutup sudah jelas, sudah sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, Materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.
Nama : Febrina NA
NIM : 858862616
Dalam video pembelajaran ini terdapat kelemahan dan juga kelebihan yang nampak dalam video. Untuk kelemahan di sini seperti belum adanya pendahuluan dari guru seperti menyampaikan salam, berdoa, presensi, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan apersepsi. Guru juga bisa memberikan waktu jeda sebentar agar siswa siap dalam pembelajaran mata pelajaran berikutnya. Dalam video ini dapat terlihat siswa yang belum fokus saat pembelajaran dimulai. Guru juga bisa menyampaikan materi terlebih dahulu tentang perkalian sebelum membagi kelompok. Guru dapat juga memberikan LKPD untuk penilaian kerja dari masing-masing siswa setelah pembelajaran bentuk kelompok. Guru dapat memberikan apresiasi setelah siswa menyelesaikan soal dengan jawaban yang benar dan juga berani maju. Untuk kelebihan di sini guru sudah baik untuk kreativitas dalam penggunaan alat peraga yang akan digunakan untuk guru dan juga siswa. Dalam penyampaian kesimpulan bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang itu juga sudah baik.
Nama : Angel Amalia
NIM : 877636636
Analisis saya mengenai video tersebut yakni :
Pendahuluan
1. Guru tidak mengawali dengan memberikan salam
2. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan doa
3. Guru tidak mengecek jumlah kehadiran siswa
4. Guru tidak memberikan kalimat pemantik guna awal materi yang akan diberikan (Apersepsi)
5. Guru tidak menjelaskan tujuan materi tersebut diajarkan
Kegiatan inti
1. Guru langsung membagikan siswa ke dalam beberapa kelompok tanpa memberi gambaran materi sebelumnya
2. Guru memberikan penjelasan secara singkat, hanya 1 contoh saja
3. Saat mengajar guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi
4. Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk maju ke depan dan mencoba menjawab soal yang ada akan tetapi guru tersebut membantu jawab dengan suara kecil sehingga hal tersebut akan mengakibatkan kurangnya rasa percaya diri siswa dan ketika siswa berhasil menjawab guru tidak memberikan apresiasi.
Penutup
1. Guru tidak memberikan refleksi atau evaluasi pembelajaran
2. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar lebih rajin
3. Guru tidak menyimpulkan kembali materi yang telah diajarkan
Nama : LAILA RAHMADINI
NIM : 856617685
Setelah menganalis Vidio “Membelajarkan konsep perkalian dengan mudah di kelas rendah” saya melihat guru tersebut sebelum memulai pelajaran tidak diawali dengan berdoa dan mengabsen siswa, menurut saya itu sudah dilakukan sebelum mata pelajaran matematika. Sebelum ganti jam mata pelajaran sebaiknya guru melakukan ice breaking sejenak untuk mengembalikan konsentrasi dan semangat siswa.
Nama : Rinetis zai
Nim : 859885189
setelah saya menonton video di atas tentang konsep perkalian dengan mudah dikelas rendah
dalam penyampaian materi oleh guru tersebut sudah bagus karena menggunakan alat peraga
akan tetapi keaktifan siswa belum sepenuhnya, sebaiknya terlebih dahulu guru menjelaskan dan memberikesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Nama : Hadistia Fatiha
Nim : 856761258.
Dari video tersebut kita melihat seorang guru mengajakan materi matematika tentang perkalian menggunakan media yang ada dipapan tulis, pada saat itu guru langsung memberitahu inti pembelajaran dan langsung memberikan soal
Kelemahan dalam video tersebut
Guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran, tidak memberikan contoh yang banyakdan juga guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa. Penjelasan materi yang terlalu singkat dan terlalu cepat memberikan soal utnuk di kerjakan. Guru juga tidak mengucapkan salam serta absensi siswa
Kelebihan dalam video
Bahwa materi sudah sesuai dengan tingkat siswa, media yang digunakan sudah cukup menarik perhatian ,
NAMA : OKTAVIANA LATIFHA PUTRI
NIM : 858921229
POKJAR : GIRI
Pada bagian pendahuluan guru membangun suasana yang akrab dan positif dengan siswa sejak awal dengan menyapa siswa dan memberi stimulus awal yang relevan dengan pelajaran. Guru juga membangkitkan minat siswa dengan memberikan pertanyaan pemantik sederhana dan konteks yang dekat dengan kehidupan mereka. Namun, guru belum secara jelas menyampaikan tujuan dari pembelajaran hari itu kepada siswa dan tidak terlihat adanya kegiatan awal seperti apersepsi yang menghubungkan pelajaran sebelumnya secara jelas. Pada kegiatan inti, guru menggunakan pendekatan konkret dalam mengenalkan konsep perkalian dengan mengajak anak untuk memahami perkalian bukan sebagai sesuatu yang abstrak, namun melalui pengelompokan benda nyata. Siswa diberikan kesempatan untuk mengamati, mencoba, dan menjawab sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran walaupun tidak semua siswa yang terlibat. Pada akhir pembelajaran, guru telah memberi penguatan dan pujian kepada siswa atas keterlibatan mereka namun penutup tidak melibatkan refleksi atau rangkuman materi bersama siswa.
Nama : Anggun Fazzari Lubis (856021668)
dalam video pembelajaran diatas
guru tidak memulai pembelajaran dengan kegiatan pembuka yg lengkap, seperti tidak adanya salam dan sapaan kepada siswa dan juga tidak ada pengecekan kehadiran.
Dalam sistem pembelajaran menggunakan alat peraga sudah cukup baik akan tetapi sistem berkelompok menurut saya kurang begitu efektif karena beberapa siswa terlihat hanya diam saja bahkan ada yang mengobrol.
seharusnya semua siswa di beri kesempatan untuk menjawab pertanyaan di depan ( menulis dipapan tulis ) agar tau mana yang benar benar sudah mengerti dan mana yang belum mengerti.
Nama : Moh Beni Amin
NIM : 857631388
Setelah saya amati pada pembelajaran matematika di video tersebut, terdapat kelebihan dan kekurangan antara lain :
Kelebihanya : guru sudah tepat menggunakan alat peraga untuk menerapkan dan menuntun pembelajaran matematika pada kelas rendah sehingga anak anak bisa langsung mempraktekan langsung sampai anak anak paham apa itu perkalian dan cara menghitungnya
kekurangnya : diawal pembelajaran tidak diawali dengan salam dan sapaan kepada siswa, pembelajaran tidak diawali dengan berdo’a, tidak ada pengecekan kehadiran siswa, guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, guru langsung membagi kelompok tanpa menjelaskan materi perkalian terlebih dahulu
Nama : Irnawati
NIM : 857366272
– Reaksi siswa pada video bervariasi, ada yang terlihat semangat, namun ada juga yang kurang antusias terhadap pembelajaran yang dilakukan guru
– Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru tidak memulai dengan salam dan sapaan
Guru tidak memberikan pertanyaan pemantik untuk memotivasi siswa
– Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran : Guru cukup kreatif menggunakan alat peraga yang menarik dan sesuai dengan tema yang diajarkan
– Hal untuk pada video: Guru membagi kelompok agar siswa dapat bekerja sama, namun banyak siswa yang kurang aktif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran
– Saran : Guru sebaiknya memberikan LKPD kepada siswa supaya adanya tugas yang terstruktur dari guru untuk siswa
Guru juga sebaiknya memberi kesempatan bertanya pada siswa yang mungkin belum paham terhadap materi yang dipelajari
Nama : Revy Nur Halizah
NIM : 858945543
Dari video diatas dapat saya simpulkan dalam video bagian pendahuluan terdapat kekurangan atau kelemahan yaitu tidak adanya salam atau sapaan kepada siswa, tidak ada doa dan apersepsi sebelum pembelajaran. Dalam bagian inti video tidak ada penjelasan materi terlebih dahulu agar siswa paham, namun dalam video diatas guru langsung membagi kelompok, dalam penyampaian materi juga kurang bisa dipahami untuk siswa, selain itu tidak ada apresiasi dari guru ketika ada siswa yang berani maju dan menjawab benar agar anak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Dalam bagian Penutup sendiri kekurangannya tidak ada kesimpulan pembelajaran yang sudah didapat pada pembelajaran tersebut, tidak ada doa penutup pembelajaran, siswa kurang aktif dalam pembelajaran.
keunikan atau kelebihan dalam video tersebut yaitu alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran kreatif dan sesuai dengan tema pembelajaran.